√ 19 Cara Menghilangkan Stres Dengan Cepat & Efektif

Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas 100% dari yang namanya stres.

Berbagai perasaan campur aduk pernah dirasakan ibarat marah, frustrasi, kesepian, gelisah, pikiran tidak tenang, dan semacamnya.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Ilustrasi Stres | Photo credit: Pixnio.com

Berbagai tekanan dalam hidup bisa menimbulkan stres. Bahkan sebuah fenomena yang aneh, terlalu serius bermain game juga bisa menimbulkan stres (karena putus asa kalah terus pada permainan).

Tentunya stres kronis harus berusaha dihindari, lantaran kondisi stres sanggup membahayakan dari sisi kesehatan maupun psikologis.

Langsung saja, berikut di bawah ini banyak sekali cara menghilangkan stres:

1. Cari Tahu Apa Saja yang Membuat Anda Stres

Anda perlu merenungkan atau mencari tahu hal-hal yang memicu timbulnya stres pada diri Anda. Tuliskan hal-hal yang memicu rasa stres Anda, mulai dari hal terbesar ke terkecil.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Chek List | Photo credit: Flickr.com by Animated Heaven

Dengan begitu, Anda telah memetakan banyak sekali hal yang mengganggu psikologis Anda, yang nantinya data tersebut sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi stres.

Gunakan data / catatan tersebut dalam mengambil langkah apa saja yang dibutuhkan untuk menghindari dan melawan stres.

Letakan catatan “khusus” tersebut pada kawasan yang gampang Anda jangkau.

Secara umum orang yang dalam kondisi stress merasa sangat tidak nyaman dan mempunyai gangguan pikiran tertentu.

Beberapa hal yang umum menimbulkan stres yaitu tekanan pekerjaan yang menumpuk, persoalan ekonomi, kekerabatan keluarga yang tidak harmonis, dan banyak lagi.

2. Segera Istirahat Jika Stres Karena Lelah

Kondisi stres menimbulkan emosi dan fisik seseorang menjadi tidak stabil, sehingga jangan memaksakan bekerja ketika dalam kondisi demikian.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Tidur di Rumput Hijau | Photo credit: Freegreatpicture.com

Dengan beristirahat (walaupun hanya sejenak), memperlihatkan manfaat setidaknya untuk meredakan stres. Hal ini sangat penting, biar Anda terhindar dari kondisi stres dengan tingkat parah.

Istirahat sangat penting lantaran memberi imbas pada mood seseorang. Manfaat istirahat sangat terasa ketika seseorang melaksanakan acara yang sangat melelahkan.

Dengan begitu, istirahat pada waktu yang dibutuhkan sangat penting, tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga.

Adapun memaksakan diri bekerja tanpa beristirahat yang cukup, akan menimbulkan seseorang gampang marah, sulit konsentrasi, tidak sabaran, hingga balasannya memicu stres yang parah.


3. Curhat dan Keluarkan Semua Unek-Unek

Jika Anda mengalami suatu permasalahan yang berat, maka usahakan untuk tidak memendam perasaan.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Ilustrasi Curhat kepada Teman | Photo credit: Shutterstock.com by wavebreakmedia

Hendaknya Anda mengeluarkan semua unek-unek Anda, carilah orang yang sempurna dan bisa memperlihatkan solusi dari persoalan yang dihadapi.

Ingat! Pastikan Anda curhat pada orang yang bisa dipercaya, yaitu orang yang tidak berbagi privasi belakang layar Anda.

Beritahukan pada sobat curhat Anda ihwal perasaan yang mengganggu Anda, hal ini sangat penting biar bisa menciptakan Anda lega, dan Anda bisa lebih terhindar dari stres.

Selain itu, di zaman kini sudah sangat berkembang dunia digital, Anda bisa memanfaatkannya. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengekspresikan diri melalui goresan pena sanggup membantu seseorang mengatasi situasi stres yang dihadapinya.

Penelitian juga menemukan bahwa mengungkapkan perasaan pada selembar kertas (juga termasuk goresan pena secara digital) bisa mendinginkan otak dan membantu meredakan stres secara efektif.

Dengan begitu, jikalau Anda tidak menemukan orang yang cocok untuk diajak curat, setidaknya Anda mengekspresikan kondisi yang sedang Anda hadapi pada lembaran kertas ataupun di Microsoft Word.

4. Mandi atau Berendam di Air Hangat

Selain untuk membersihkan tubuh, mandi sangat ampuh sebagai terapi penenangan diri. Walaupun mandi telah dilakukan secara rutin, namun pada dikala tertentu (dimana stres muncul secara mendadak) maka Anda bisa segera mandi, sehingga nantinya stres segera mereda.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Kamar Mandi | Photo credit: Pixabay.com

Oleh lantaran itu, ketika pikiran sedang sumpek maka jangan malas untuk segera mandi. Dengan mandi, dijamin kondisi Anda akan membaik, Insya Allah.

Mandi sanggup menghilangkan sisa debu, kotoran dan keringat yang melekat pada tubuh, selain itu juga akan menyegarkan pikiran.

Saat badan terasa panas, gerah dan semacamnya maka akan memicu perasaan ingin marah-marah. Nah, mandi menjadi cara alami terbaik untuk meredakan perasaan negatif di dalam diri.

Selain itu, mandi air hangat di bathub juga menjadi pilihan yang cantik untuk merilekskan diri dan meredakan stres.

Anda bisa sesekali mandi berendam di air hangat ketika stres mendera. Tidak perlu lama-lama, sekitar 10 menit saja sudah cukup baik.

Tekanan pekerjaan dan padatnya agenda di kantor menimbulkan timbulnya stres. Kondisi semakin diperparah dengan kemacetan dan polusi yang ditemukan setiap hari.

Jika kondisi tesebut menimbulkan timbulnya stres yang berat maka jangan ragu untuk segera mandi berendam di air hangat sehabis pulang bekerja.

Berendam di air hangat akan merilekskan tubuh, dan pikiran akan terasa lebih segar. Selain itu, diharapkan dengan berendam di air hangat sanggup mengatasi persoalan insomnia.

Dimana tak bisa tidur (susah tidur) berkaitan dengan stres. Orang yang susah tidur maka pada siang harinya akan beresiko tinggi terkena stres.

Sehingga ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mandi air hangat.

5. Hindari Sifat Boros

Tidak jarang orang-orang terjatuh dalam kesalahan berupa mengikuti tren gaya hidup terkini secara membabi buta, sehingga menjadi sangat boros dalam membelanjakan keuangannya.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Ilustrasi Boros Uang | Photo credit: Shutterstock.com

Salah satu misalnya ialah membeli barang yang bekerjsama tidak diperlukan. Orang yang mempunyai sifat boros umumnya juga mempunyai sifat tidak pernah merasa cukup dan kurang bersyukur.

Rasa kurang bersyukur dengan apa yang telah dicapai inilah yang menimbulkan seseorang sering terkena stres. Yang seharusnya stres ini tidak perlu terjadi.

Terus-terusan merasa kurang seringkali menjadi lantaran seseorang terkena stres. Dimana Ia akan putus asa ketika tujuannya tidak tercapai.

Uang yang dimilikinya telah habis, sementara masih banyak keinginannya yang belum terwujud.

Selain itu orang-orang juga sering menjadi stres dan putus asa akhir berhutang lantaran prilakunya yang boros. Pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pemasukan bisa menjadi penyebab stres.

Hal lainnya, orang yang boros akan terlalu sibuk mencari harta bahan untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Berlebihan dalam bekerja juga akan memicu rasa stres.

Orang boros juga cenderung mempunyai banyak sekali sifat negatif ibarat sombong, iri hati, kikir, dan dengki, yang membuatnya semakin menderita lantaran sifat-sifat negatif tersebut.

loading...

6. Miliki Setidaknya Satu Kegiatan yang Anda Sukai

Coba merenung sebentar untuk mengingat-ingat ihwal acara yang Anda paling tertarik dengannya. Kalau sudah sanggup maka ingat terus, catat saja jikalau khawatir lupa.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Bermain Futsal Menjadi Pilihan Bagus Untuk Meredakan Stres | Photo credit: Jogosescolares.pr.gov.br

Melakukan hal yang dicintai atau disukai bisa sangat membantu dalam menghilangkan stres. Kalau bisa, acara Anda tersebut sanggup menciptakan badan dan pikiran rileks, dan lebih cantik lagi jikalau bermanfaat besar bagi kehidupan Anda.

Tapi jikalau acara Anda hanya sebatas hobi juga tidak mengapa. Melakukan hobi sudah cukup untuk bisa mendapatakan suatu kesenangan dan menjadi hiburan tersendiri bagi jiwa dan pikiran.

Melakukan hobi menciptakan seseorang menjadi lebih bersemangat. Jika Anda suka bermain sepak bola, futsal, basket, voli, menunggang kuda, atau lainnya, maka itu sudah sangat bagus.

Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu membaca buku pengetahuan, mencar ilmu bahasa asing, mencar ilmu seni, mencar ilmu programming, fotografi, vlogger, melukis, menjahit dan banyak lagi.

7. Jalan-Jalan Sejenak Melihat Pemandangan Sekitar Sembari Menghirup Udara Segar

Apabila Anda mengalami stres akhir pikiran yang sumpek dan jenuh, maka terapinya bisa dengan cara pergi keluar rumah (usahakan mencari kawasan hijau) sembari menikmati udara di luar ruangan.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Jalan-Jalan Pagi | Photo credit: Greeners.co/Danny Kosasih

Hal ini akan sanggup secara cepat untuk menghilangkan rasa sumpek. Pergilah ke kawasan dengan udara yang segar, lebih cantik lagi jikalau kawasan tersebut mempunyai pemandangan indah yang menenangkan jiwa.

Hal yang juga cantik ialah berjalan-jalan di pagi hari yang sejuk, namun terdapat sinar matahari pagi. Jika Anda mempunyai waktu luang hedaknya melaksanakan hal ini, lantaran keuntungannya akan lebih menenangkan jiwa.

8. Olahraga Pagi

Poin ke-8 ini masih bekerjasama dengan poin sebelumnya. Olahraga hendaknya dilakukan pada pagi hari lantaran sinar matahari pagi sangat menyehatkan tubuh.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Olahraga Pagi | Photo credit: Merdeka.com, seorang peneliti berjulukan Tara Kraft dari University of Kansas menjelaskan bahwa senyum merupakan indikator kebahagiaan seseorang. Senyum sangat ampuh sebagai “obat alami” untuk stres, yang menciptakan seseorang tetap senang.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Photo credit: Pexels.com

Penelitian oleh Kraft dan timnya tersebut diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, yang menyimpulkan bahwa senyum bisa meredakan stres.

"Jadi, jikalau Anda terjebak macet atau stres lantaran hal lainnya, cobalah menahan senyum beberapa dikala saja," demikian saran salah satu tim peneliti, Sarah Pressman.

Secara umum, tersenyum akan sanggup memperbaiki kondisi suasana hati dan menciptakan seseorang lebih tenang dan damai.

14. Jangan Menunda-Nunda Tugas atau Pekerjaan

Tidak jarang stres muncul akhir suka menunda-nunda pekerjaan yang balasannya menumpuk. Jika Anda ingin selalu dalam keadaan tenang maka jangan hingga terjadi penumpukan pada kiprah Anda.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Ilustrasi Suka Menunda Pekerjaan | Photo credit: Mediabakery.com by CAIA IMAGES / PAUL BRADBURY

Sifat suka menunda-nunda ini sangat berbahaya, pekerjaan yang menumpuk sehingga menimbulkan pekerjaan akan terasa memberatkan dan sulit, maka hasil pekerjaan pun menjadi tidak memuaskan. Hal-hal ibarat inilah yang bisa memicu stres.

Mengerjakan pekerjaan dengan terburu-buru bisa memunculkan stres, disamping itu hasil pekerjaan yang tidak memuaskan akan semakin memperparah stres yang dialami.

Hendaknya setiap Anda mempunyai kesempatan untuk mengerjakan suatu tugas, maka jangan menunda-tunda. Mengerjakan kiprah di awal akan memuaskan hati, dan mencegah munculnya stres.

15. Minumlah Air Putih

Pada artikel berjudul Saat Stres Melanda, Perbanyak Minum Air Putih (Liputan6.com) menjelaskan ihwal manfaat air putih yang penting sekali, dimana apabila Anda terjangkit stres maka hendaknya memperbanyak minum air putih.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Air Putih | Photo credit: Pexels.com

Stres menimbulkan gangguan pada produksi beberapa hormon, termasuk hormon aldesterone yang berfungsi dalam pengaturan kadar cairan dalam tubuh.

Minimnya produksi hormon aldesterone menimbulkan resiko kehilangan cairan tubuh pada tubuh, yang dampaknya meningkatkan kadar kortisol pemicu stres.

Tingginya kadar kortisol juga memicu depresi dan gangguan mental lainnya. Dengan banyak minum air putih diharapkan sanggup meredakan stres secara cepat, dan juga menghindari dehidrasi.

16. Mengunyah Permen Karet

Dari goresan pena berjudul Kebiasaan Kunyah Permen Karet Bisa Hilangkan Stres (Liputan6.com), bahwa mengunyah permen karet kini tidak hanya untuk gaya-gayaan saja, dimana terdapat keuntungannya yang cukup penting.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Permen Karet | Photo credit: Wikimedia.org

Mengunyah permen karet sanggup membantu menghilangkan rasa stres dan cemas. Dimana pada sebuah penelitian menemukan bahwa mengunyah permen karet setiap hari secara rutin selama dua ahad bisa menurunkan resiko kecemasan secara signifikan.

Tingkat kecemasan dan perasaan negatif lainnya hampir semua hilang secara sedikit demi sedikit hanya dengan mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet juga sanggup meningkatkan mood dan menjadikan Anda lebih gampang tersenyum.

Selain itu, salah satu manfaat penting dari mengunyah permen karet yaitu sanggup menurunkan kadar kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres.

Studi menemukan bahwa kadar kortisol sanggup berkurang dikala air liur keluar bersamaan mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet juga sanggup memperlancar anutan darah pada otak. Bahkan studi menemukan bahwa orang-orang yang secara rutin mengunyah permen karet mengalami peningkatan kemampuan daya ingat pada informasi.

Walaupun permen karet mempunyai banyak manfaat, tapi ingat bahwa hindari terlalu sering mengunyah permen karet lantaran mengandung gula dan kurang baik bagi kesehatan rongga mulut.

17. Buatlah Secara Teratur Jadwal Harian

Pekerjaan menumpuk dan agenda kerja yang acak-acakan menjadikan stres akan datang. Oleh lantaran itu, sangat penting untuk bisa mengatur acara harian Anda dengan sebaik mungkin.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Chek List | Photo credit: Flickr.com by Animated Heaven

Kalau bisa tulislah agenda acara harian yang terpenting sehingga Anda tercegah dari melalaikannya. Pastikan Anda bisa mengatur waktu biar segala kiprah penting bisa terselesaikan dengan sempurna waktu.

Selain itu, hindari kesibukan berlebih yang dampaknya meningkatkan resiko stres. Pertimbangkan dengan matang mengenai pekerjaan-perkejaan yang bisa diselesaikan sesuai dengan kemampuan Anda.

18. Mencuci Piring

Dari laman Vemale.com menyebutkan bahwa mengerjakan pekerjaan rumah ibarat mencuci piring, menyapu, mengepel, ataupun mengelap beling memperlihatkan manfaat bagi kesehatan.

 Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini bekerjsama tidak bisa lepas  √ 19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif
Mencuci Piring | Photo credit: Flickr.com by peapod labs

Para mahir menjelaskan bahwa mencuci piring dengan hati tenang dan senang bisa meredakan rasa stres dan kecemasan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Florida State University menemukan bahwa rutinitas mencuci piring bisa mengurangi stres.

Beberapa mahir juga menjelaskan bahwa dengan mencuci piring maka seseorang sanggup memperoleh wangsit atau berpikir lebih fokus.

Namun, dijelaskan bahwa jiwa seseorang ingin memperoleh manfaat menghilangkan stres, maka harus melaksanakan mencuci piring dengan ikhlas atau tanpa beban.

Dengan kata lain, hendaknya Anda mencuci piring dengan suasana yang sesantai mungkin. Agar lebih menyenangkan, maka gunakan sabun basuh piring aroma jeruk atau lemon yang wangi.

19. Jaga diri Anda dari Hal-Hal Buruk

Agar terhindar sejauh mungkin dari persoalan stres, maka pastikan Anda tidur yang cukup dan mengutamakan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Hindari banyak sekali hal jelek ibarat merokok, makanan instan atau junk food, minuman beralkohol, hingga yang terburuk yaitu obat-obatan terlarang.

Sumber http://www.freshbugar.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ 19 Cara Menghilangkan Stres Dengan Cepat & Efektif"

Posting Komentar