√ 14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Dampak Sampingnya)

Buah nanas memilki rasa yang yummy yang kaya akan vitamin, enzim dan antioksidan. Terdapat bermacam-macam kandungan bermanfaat di dalamnya.

Nanas termasuk buah tropis. Manfaatnya menyerupai menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, membantu mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi peradangan atau pembengkakan, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 Buah nanas memilki rasa yang yummy yang kaya akan vitamin √ 14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Efek Sampingnya)
Photo credit: Pxhere.com

Hal bagus lainnya yaitu nanas mempunyai kalori rendah walaupun rasanya manis. Satu cangkir potongan nanas hanya mengandung 82 kalori. Selain itu, nanas bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah sodium.

Laura Flores, spesialis gizi San Diego, menyampaikan bahwa nanas mengandung banyak vitamin C dan mangan, serta mengandung serat kuliner penting, bromelain (enzim), antioksidan, thiamin dan vitamin B.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut FDA, nanas mengandung vitamin C yang tinggi, yang memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan.

 Buah nanas memilki rasa yang yummy yang kaya akan vitamin √ 14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Efek Sampingnya)
Photo credit: Pixabay.com

Peran vitamin C sangat penting sebagai antioksidan utama yang larut dalam air untuk mencegah dan memperbaiki problem kerusakan sel. Hal ini menyerupai yang dijelaskan oleh ilmuwan dari Linus Pauling Institute di Oregon State University.

Disana juga dijelaskan, bahwa vitamin C dalam jumlah kecil sanggup melindungi molekul penting di dalam tubuh yang sangat diharapkan (seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat -DNA dan RNA- ) dari kerusakan akhir paparan radikal bebas.

Nanas mengandung bromelain yang merupakan enzim penting yang berfungsi sebagai anti-peradangan, anti-pembekuan darah, anti-kanker, obat pencernaan alami, hingga memperkuat daya tahan tubuh.

Nanas juga kaya akan vitamin C dan mengandung mineral mangan, keduanya mempunyai tugas penting untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Disarankan mengonsumsi nanas dalam keadaan segar daripada dijadikan jus.

2. Untuk Kesehatan Mata

Khasiat nanas sangat baik untuk kesehatan mata, menyerupai untuk mencegah penyakit degenerasi makula, itu merupakan sebuah penyakit mata yang menimbulkan penglihatan kabur, hingga bisa menimbulkan seseorang kehilangan penglihatan.

 Buah nanas memilki rasa yang yummy yang kaya akan vitamin √ 14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Efek Sampingnya)
Photo credit: Pxhere.com

Penyakit degenerasi makula terjadi alasannya yakni faktor usia, dengan kata lain umumnya dialami oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut.

Nanas berguna penting untuk mata alasannya yakni mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Nanas juga menjadi sumber beta karoten yang baik, yang penting untuk kesehatan mata.

3. Membantu Menyembuhkan Peradangan (Inflamasi)

Laura Flores menyampaikan bahwa nanas mengandung bromelain yang berguna untuk membantu meredakan problem peradangan yang parah, bahkan  juga bisa mengurangi atau menghambat pertumbuhan tumor.

Penelitian telah menyampaikan bahwa bromelain sanggup membantu dalam menyembuhkan penyakit osteoartritis, walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Inflamasi atau peradangan bergotong-royong yakni cara alami tubuh untuk melindungi diri dari infeksi mikroorganisme luar (seperti bakteri, virus, dll).

Ketika prosedur ini terjadi, sel-sel darah putih bekerja keras untuk melawan dan melindungi tubuh dari serangan luar.

Selain itu, peradangan juga bisa terjadi akhir trauma fisik dan materi iritan. Hal yang dikhawatirkan, terdapat beberapa bencana munculnya problem peradangan yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh justru menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi sanggup membantu melawan problem peradangan, menyerupai buah nanas, buah apel, ceri, dan buah beri (seperti stroberi, dll).

Nanas menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi ketika seseorang terkena penyakit radang tenggorokan. Nanas kaya akan vitamin C sehingga sanggup mempercepat penyembuhan radang tenggorokan, buah nanas juga menciptakan daya tahan tubuh lebih kuat.

Anda bisa mengonsumsi buah nanas secara langsung, atau mengonsumsinya dengan cara dijus. Setelah itu Anda perlu tidur atau istirahat selama 1-2 jam supaya manfaat kandungan dalam buah nanas bisa diperoleh secara maksimal.

4. Untuk Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Konsumsi buah nanas ternyata sanggup membantu tubuh untuk lebih kuat, dimana nanas mengandung mineral mangan yang tinggi, yang bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang yang baik. hal ini menurut klarifikasi dari Linus Pauling Institute.

 Buah nanas memilki rasa yang yummy yang kaya akan vitamin √ 14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Efek Sampingnya)
Photo credit: Pxhere.com

Sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition tahun 1994 menyampaikan bahwa mineral mangan bersama dengan mineral lainnya bermanfaat dalam pencegahan penyakit osteoporosis pada perempuan pasca-menopause.

Memakan buah nanas berguna untuk menyehatkan dan menciptakan tulang semakin kuat.

Vitamin D mempunyai tugas penting dalam membantu peresapan kalsium di dalam tubuh. Walaupun memang vitamin D juga bisa diperoleh dari paparan sinar matahari pagi yang sehat, tapi hendaknya seseorang juga mengonsumsi asupan kuliner yang mengandung vitamin D.

Nanas mengandung vitamin D, penelitian telah membuktikan bahwa nanas mempunyai manfaat penting dalam membantu peresapan kalsium di dalam tubuh, sehingga tulang lebih padat, berpengaruh dan sehat.

Mengonsumsi nanas berguna untuk mencegah tulang keropos. Anda bisa mengonsumsi buah nanas begitu saja, bisa juga dijadikan jus, atau mengonsumsinya dalam bentuk lain.

5. Mengatasi Masalah Pembekuan Darah

Sindrom darah kental ternyata bisa mengakibatkan problem serius, yang pada perempuan hamil bisa menimbulkan keguguran.

Terjadinya pengentalan darah umumnya akhir tubuh kekurangan trombosit, yang risikonya sel darah saling melekat dan mengental.

Untuk mengatasi problem darah mengental, membeku atau semacamnya, supaya darah bisa lebih encer, maka salah satu caranya yang alami yaitu mengkonsumsi buah-buahan.

Ada beberapa jenis buah yang membantu mengatasi problem pengentalan darah, menyerupai nanas. Buah nanas juga berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi, mencegah pembentukan plak pada arteri, dan menurunkan risiko pembekuan darah yang tidak wajar.

Untuk cara mengolahnya, sediakan 1 buah nanas dan kupas, kemudian potong-potong. Setelah itu blender hingga halus. Tambahkan sedikit air sesudah dituang ke dalam gelas. Minum satu kali dalam sehari untuk membantu mengatasi problem pembekuan darah.

Buah lainnya yang juga membantu mengobati pembekuan darah yaitu tomat, mangga, kiwi, manggis, anggur, jeruk bali, delima, dan pisang

Laura Flores, andal gizi San Diego, menjelaskan bahwa kandungan bromelain di dalam nanas membantu mengurangi koagulasi darah yang berlebihan. Ini menjadikan nanas sebagai kudapan yang baik untuk membantu mengatasi problem pembekuan darah.

6. Untuk Kesehatan Pencernaan

Konsumsi nanas sanggup menyehatkan dan memperlancar pencernaan, mengatasi sembelit, memperlancar haid, memperlancar dahak, melunakkan kuliner di dalam lambung, mengatasi peradangan kulit, sebagai pembersih darah di dalam tubuh, hingga menurunkan resiko kanker.

 Buah nanas memilki rasa yang yummy yang kaya akan vitamin √ 14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Efek Sampingnya)
Pencernaan Tubuh | Photo credit: Shutterstock.com / By Magic mine

Seperti umumnya buah dan sayuran, nanas mengandung serat yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi usus, hal ini menyerupai yang dijelaskan Mayo Clinic. Manfaat kandungan serat juga untuk mencegah atau membantu menyembuhkan penyakit sembelit.

Enzim bertanggung jawab dalam proses metabolisme di dalam tubuh. Tubuh membutuhkan sekitar 3000 enzim, singkatnya bahwa kalau tubuh tidak terdapat enzim, maka komponen-komponen di dalam tubuh tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sayangnya, tubuh cukup rentan dengan problem kekurangan asupan enzim yang berasal dari makanan, selain itu kesalahan pada cara memasak kuliner bisa menimbulkan enzim penting hilang atau berkurang, sehingga tubuh akan kekurangan komponen utama untuk kehidupan.

Konsumsi buah-buahan menyerupai nanas dan pepaya bisa Anda lakukan untuk memperoleh asupan enzim penting bagi tubuh.

Nanas mengandung puluhan komponen penting, diantaranya yaitu enzim protein pencernaan (proteinase sistein).

Penelitian telah menemukan bahwa enzim ini mempunyai bantuan untuk kesehatan pencernaan tubuh. Adapun pepaya kaya akan enzim proteolitik menyerupai papain yang juga bermanfaat dalam proses pencernaan.

7. Mencegah Kanker

Nanas secara pribadi berkaitan dengan pencegahan kanker mulut, tenggorokan, dan payudara. Hal itu alasannya yakni nanas mengandung tinggi antioksidan, termasuk flavonoid, beta-karoten, bromelain, mangan dan vitamin A.

 Buah nanas memilki rasa yang yummy yang kaya akan vitamin √ 14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Efek Sampingnya)
MRI Scan | Photo credit: Wikipedia.org

Banyak andal kesehatan menyatakan bahwa nanas mengandung enzim-enzim penting, yang keuntungannya khususnya untuk kesehatan pencernaan.

Pada nanas terdapat sebuah molekul yang bekerja untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan atau membasmi sel-sel kanker berbahaya.

Molekul lainnya mempunyai fungsi untuk menghambat pertumbuhan protein sekitar 30 persen dalam aneka macam kasus penyakit kanker (seperti kanker paru-paru, usus, payudara dan ovarium).

Penelitian lab menandakan bahwa molekul-molekul dari bonggol nanas tersebut tidak mempunyai imbas samping, atau tidak menimbulkan keracunan.

Dari laman sebuah penelitian, orang-orang yang mengonsumsi 4.069 miligram kalium per hari mempunyai 49% risiko lebih rendah terkena penyakit jantung iskemik yang menimbulkan maut dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi sedikit kalium (sekitar 1.000 miligram per hari).

Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis kedokteran di Vanderbilt Medical School dan administrator Hypertension Institute di St Thomas Hospital di Tennessee, menyampaikan bahwa dengan meningkatkan asupan kalium pada tingkat yang direkomendasikan, maka hipertensi di kalangan orang cukup umur sanggup dikurangi hingga 10%.

Selain itu, Mark Houston menganjurkan untuk mengonsumsi asupan kalium sebanyak 5.000 mg / hari.

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa risiko stroke bisa menurun dengan asupan kalium yang lebih tinggi. Peningkatan asupan kalium 1.000 mg lebih banyak sanggup menurunkan risiko stroke iskemik sebesar 11%.

Pada temuan lainnya diketahui bahwa asupan kalium mempunyai manfaat preventif (pencegahan) dari problem kardiovaskular, serta menghindari resiko hipertensi.

Mark Houston menjelaskan bahwa hal yang penting dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular selain peningkatan asupan kalium, yaitu mengurangi asupan natrium (jika berlebihan), dan menjaga berat tubuh yang normal.

Nanas mengandung kalium yang bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke, melindungi tubuh dari problem hilangnya massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, dan menurunkan resiko penyakit kerikil ginjal.

10. Melancarkan Sirkulasi Darah

Selain mengandung kalium, nanas juga mengandung tembaga yang merupakan mineral penting, mineral ini berfungsi pada beberapa reaksi enzimatik dan senyawa di dalam tubuh.

Mineral tembaga merupakan elemen penting dalam proses pembentukan sel darah merah yang sehat. Dengan tercukupinya jumlah sel darah merah maka melancarkan proses oksigenasi ke organ-organ tubuh, sehingga organ tubuh sanggup berfungsi dengan baik.

Sirkulasi darah yang lancar di dalam tubuh akan meningkatkan kemampuan kognitif, menjaga kesehatan dan fungsi saraf, serta mencegah penyakit alzheimer dan demensia.

11. Melarutkan Batu Ginjal

Buah banas kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk untuk kesehatan ginjal. Nanas mengandung enzim bromelain yang berkontribusi dalam proses pencernaan protein.

Selain itu bermanfaat untuk melawan peradangan, melawan infeksi, mencegah pembekuan darah dan berkontribusi dalam membasmi sel kanker.

Buah nanas juga bersifat diuretic atau mendorong produksi urin, serta membersihkan ginjal. Konsumsi nanas bermanfaat untuk kesehatan ginjal, yang mencegah terjadinya penumpukan racun di dalam tubuh.

Dari artikel berjudul Is Pineapple Good For Kidney Stones? (Stylecraze.com), nanas sanggup dijadikan obat alami untuk mencegah kerikil ginjal. Bahkan, nanas merupakan salah satu kuliner yang paling direkomendasikan untuk pencegahan kerikil ginjal.

Nanas termasuk ke dalam kategori "superfood" alasannya yakni kaya akan nutrisi penting, menyerupai vitamin C, kalsium, vitamin A, vitamin B6, mangan, beta karoten, folat, magnesium, fosfor, fluorida, antioksidan dan bromelain.

Pada dasarnya nanas tidak untuk menyembuhkan kerikil ginjal, tapi untuk melarutkannya. Selain itu, enzim bromelain sangat efektif dalam menjaga fungsi pencernaan tubuh dan mengurangi pembekuan darah, yang pada gilirannya berkontribusi untuk mencegah pembentukan kerikil ginjal.

Konsumsi jus nanas berguna untuk mengurangi ukuran kerikil ginjal, sehingga nantinya bisa dikeluarkan lebih gampang dari dalam tubuh.

Hal-hal penting lainnya untuk menghindari problem kerikil ginjal yaitu meminum banyak cairan (khususnya air putih), tugas air sangat penting untuk membersihkan ginjal dan membuang racun keluar dari tubuh. Selain itu Anda harus membatasi asupan garam.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka 

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas berguna untuk membantu penyembuhan luka dan cedera supaya lebih cepat, serta melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Vitamin C juga mempunyai bantuan penting penting dalam pembentukan kolagen di dalam tubuh. [Lihat The New York Academy of Sciences]

Kolagen merupakan basis protein penting pada dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Nanas mempunyai kandungan bermanfaat yang penting untuk penyembuhan kulit.

13. Untuk Perawatan Kulit

Vitamin C di dalam nanas merupakan antioksidan super yang bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit. Bahkan khasiat dari mengonsumsi nanas yaitu sanggup mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit, membersihkan jerawat, hingga mencegah penuaan dini.

Penuaan pada kulit biasanya ditandai dengan munculnya keriput. Peran kolagen sangat penting supaya kulit sehat, indah dan abadi muda. Vitamin C bekerja di dalam tubuh untuk mendorong pembentukan kolagen pada kulit.

Dari artikel berjudul The Beauty Benefits of Pineapple (Livestrong.com), nanas mengandung vitamin C dan bromelain yang tinggi, yang menjadikannya sebagai perawatan jerawat yang efektif.

Bromelain yakni enzim yang mempunyai manfaat untuk melembutkan kulit, serta telah usang dipakai untuk mengatasi problem peradangan dan pembengkakan.

Minum jus nanas membantu tubuh mensintesis kolagen yang bermanfaat untuk kulit, menyerupai supaya kulit tetap kencang dan fleksibel. Adapun kandungan vitamin C dan asam amino berkontribusi dalam perbaikan sel dan jaringan.

Anda bisa mengonsumsi jus nanas. Selain itu, Anda bisa menyiapkan setengah potong buah nanas, kemudian gosok kepingan dalam kulit nanas secara lembut ke wajah, hindari area mata.

Setelah beberapa menit, maka bersihkan wajah kembali memakai air hangat. Anda bisa melaksanakan perawatan ini lagi tiga hari kemudian.

Anda juga bisa mengaplikasikan nanas pada seluruh kepingan kulit. Saat Anda mandi, gosokan potongan nanas pada seluruh tubuh. Setelah itu diikuti dengan sabun pembersih dan bilas menyeluruh.

Salah satu materi dasar produk perawatan kecantikan yang dipakai yaitu nanas. Nanas kaya akan kandungan vitamin C. Nanas mengandung zat aktif yang berfungsi untuk membantu produksi kolagen, serta sanggup memperbaiki lapisan kulit.

Nanas berguna dalam melawan pembengkakan, peradangan, problem jerawat, menyehatkan kulit, serta menciptakan kulit lebih lembut, kenyal dan bersinar. Untuk memperoleh manfaat nanas ini, pertama-tama siapkan 100 gram nanas dan 1 sdm madu. Lalu:
  1. Haluskan nanas, kemudian campurkan dengan madu dalam sebuah wadah
  2. Setelah kedua materi alami tersebut tercampur rata, maka aplikasikan (oleskan) pada wajah.
  3. Lalu diamkan saja selama 10 menit.
  4. Lalu bilas wajah dengan air hangat.
  5. Terakhir, kompres wajah dengan es kerikil selama 1-2 menit (jangan terlalu lama).

14. Manfaat Lainnya

Dari laman Food.ndtv.com, nanas menjadi buah absurd untuk membantu proses pencernaan alami, kandungan serat berperan penting dalam proses pencernaan.

Enzim bromelain berkontribusi dalam proses pemecahan protein. Konsumsi nanas atau jus nanas sebagai obat alami pencuci perut dan menyembuhkan sembelit.

Dr. Anju Sood, spesialis gizi yang berbasis di Bangalore, menyampaikan bahwa nanas bermanfaat untuk mengontrol rasa lapar, serta mempunyai bantuan dalam proses metabolisme dan pembakaran kalori di dalam tubuh.

Nanas juga berguna untuk mengatur tekanan darah dan mencegah hipertensi. Penelitian medis telah menemukan bahwa secangkir nanas mengandung jumlah rendah sodium dan jumlah tinggi kalium, yang hal ini penting untuk menurunkan tekanan darah ke tingkat normal.

Kalium merupakan mineral penting yang menjaga tekanan darah supaya tidak terlalu tinggi. Nanas kaya akan nutrisi luar biasa berupa vitamin A, C, E, dan K, potasium, kalsium, dan karoten.

Manfaat nanas sangat banyak menyerupai sebagai anti-oksidan untuk melawan radikal bebas, mencegah kerusakan sel tubuh, menjaga kesehatan kulit, serta mencegah banyak jenis penyakit (seperti penyakit jantung, aterosklerosis, radang sendi dan kanker).

Beberapa Pertanyaan Tentang Buah Nanas

Apa imbas samping buah nanas?
Nanas hendaknya tidak dikonsumsi berlebihan alasannya yakni bisa mengakibatkan imbas samping berupa diare, mual, muntah, pembengkakan verbal dan pipi, ruam kulit, sakit kepala, dan pengecap terasa gatal (sensasi berduri).

Wanita hamil jangan mengonsumsi terlalu banyak nanas untuk mencegah resiko keguguran.

Batasi konsumsi nanas kalau Anda sedang memakai obat beta-blocker.

Bagaimana caranya supaya pengecap tak lagi gatal usai makan nanas?
Dari laman Food.Detik.com, penyebab pengecap gatal sesudah makan nanas dikarenakan nanas mengandung enzim proatase (bromelain).

Untuk mencegah pengecap gatal ini ternyata sangat mudah, yaitu dengan merendam buah nanas utuh yang gres saja dikupas kulitnya ke dalam air garam.

Setelah itu barulah buah nanas dipotong dan dimakan. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir pada pengecap gatal ini alasannya yakni hanya berlangsung sementara, dimana sel-sel yang rusak akan cepat teregenerasi kembali.

Referensi Lainnya:

Sumber http://www.freshbugar.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ 14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Dampak Sampingnya)"

Posting Komentar