√ Tunjukkan Rasa Gembira Pada Anak, Ini Manfaatnya

Menunjukan rasa besar hati dan apresiasi yaitu hal yang wajib dilakukan ketika anak melaksanakan sesuatu yang baik. Anak sangat membutuhkan perhatian orang tuanya.

Anak yang kurang percaya diri biasanya akhir tidak diperhatikan orangtuanya. Saat anak melaksanakan sesuatu yang bagus, tapi orangtuanya tidak pernah memperlihatkan apresiasi.

 Menunjukan rasa besar hati dan apresiasi yaitu hal yang wajib dilakukan ketika anak melakuka √ Tunjukkan Rasa Bangga pada Anak, Ini Manfaatnya
Photo credit: Shutterstock.com | By Zurijeta

Rasa besar hati yang ditunjukkan pada anak akan berdampak positif. Anak akan merasa disayangi orang tuanya dan juga merasa dihargai usahanya.

Kedekatan relasi orangtua dan anak sangatlah penting, sebab berdampak eksklusif terhadap perkembangan emsional, mental dan kepercayaan diri anak.

Daniel Wong, spesialis perenting, dalam bukunya 16 Keys To Motivating Your Teenger mengatakan ada sebuah kalimat yang sangat ingin didengar anak dari orangtuanya yaitu “I’m proud of you”.

Jangan Malas Menunjukan Rasa Bangga
Banyak orang bau tanah yang semangat memarahi anak ketika anak melaksanakan kesalahan, tapi ketika anak melaksanakan sesuatu yang baik tidak pernah diberikan apresiasi.

Contohnya: Saat anak malas belajar, orang bau tanah habis-habisan mengomeli anak selama 30 menit. Namun ketika anak berinisiatif sendiri belajar, orang bau tanah menganggap hal itu memang sewajarnya dan tidak mengapresiasi inisiatif elok anak.

Orang bau tanah yang malas untuk pertanda rasa besar hati pada anak, ini sangat berbahaya sebab nantinya anak merasa kurang diperhatikan orang tuanya sehingga berdampak jelek pada perkembangan kejiwaan anak.

Saat anak bekerja keras untuk mencapai sesuatu maka pujilah perjuangan kerasnya itu, terlepas dari karenanya yang memuaskan atau tidak.

Selain dengan ucapan, rasa besar hati juga bisa ditunjukan dengan senyuman hangat yang disertai pelukan.

Ingat, dalam memuji anak Anda, jangan merendahkan anak lain, tunjukan rasa besar hati sewajarnya dan dengan cara yang benar.

Rasa besar hati pada anak bisa dalam bentuk pujian, ucapan selamat, ucapan terimakasih dan ungkapan kebanggaan.

Manfaat mengapresiasi dan memperlihatkan rasa besar hati pada anak:
  • Anak merasa senang dan puas. Kebahagiaan dan keceriaan merupakan faktor terpenting untuk tumbuh kembang anak.
  • Anak menjadi lebih bersemangat untuk berprestasi dan melaksanakan hal-hal yang baik.
  • Anak sanggup lebih tercegah dari sikap negatif/buruk.
  • Hubungan orangtua dan anak semakin erat. Anak semakin sayang pada orangtuanya.
  • Menumbuhkan tenggang rasa dan rasa peduli dalam diri anak. Anak akan bisa menghargai orang lain, hal ini menciptakan anak nantinya disenangi lingkungannya.

Kesalahan Lain dari Orang Tua
Banyak orang bau tanah yang melaksanakan hal konyol, yaitu membangga-banggakan anaknya di hadapan orang-orang, tapi si anak sendiri tidak pernah memperoleh apresiasi dari orangtuanya.

Kaprikornus kasihan sekali si anak.

Justru orangtua seharusnya mengungkapkan kebanggaannya eksklusif kepada anak sehingga anak merasa dihargai. Adapun ‘memamerkan’ segudang prestasi anak ke tetangga-tetangga dan orang lain yaitu hal yang tidak perlu.

Penutup
Tentunya rasa besar hati dilakukan dengan apa adanya, tidak perlu berlebihan, yang penting anak menyadari bahwa dirinya diperhatikan dan disayangi orangtuanya.

Dalam mengapresiasi, beritahu juga perilaku/tindakan baik anak yang menciptakan besar hati orangtuanya, sehingga anak akan lebih termotivasi untuk mempertahankan hal baik tersebut.

Berikut 31 kalimat aktual yang hendaknya diucapkan orang bau tanah pada anak.

Sumber http://www.freshbugar.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Tunjukkan Rasa Gembira Pada Anak, Ini Manfaatnya"

Posting Komentar