Tips Perawatan Dan Masakan Burung Robin

Makanan Burung Robin – Bagi pecinta burung yang belum terlalu usang berkecimpung dalam dunia kicau, burung Robin mungkin terdengar agak sedikit absurd di telinga. Tapi untuk para pecinta burung di tahun 1990’an, burung ini menjadi primadona alasannya ialah di tahun-tahun tersebutlah kepopuleran burung Robin berada.

Meski tak setenar dulu, burung ini tetap layak jadi koleksi peliharaan alasannya ialah mempunyai bulu anggun dan bunyi yang tidak mengecewakan merdu. Dari segi perawatan dan kuliner burung Robin yang diperlukan, burung ini cukup gampang dan ramah pemula.

Burung yang mempunyai asal dari Tiongkok ini bisa menyebar ke banyak sekali negara, salah satunya Indonesia melalui perdagangan. Banyak masyarakat Tionghoa yang menganggap bila burung satu ini bisa membawa hoki bagi pemiliknya.

Anggapan menyerupai itulah yang menciptakan banyak orang Tionghoa yang merantau turut membawa burungnya ikut serta atau mebelinya lagi di perantauan.

Burung yang gampang dipelihara ini memang mempunyai kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan gres tidak mengecewakan cepat dan baik, sehingga bisa dikembangbiakkan di Indonesia. tak ada perawatan khusus yang ribet selain rutin memandikannya dengan sprayer di pagi dan sore, serta melaksanakan penjemuran di bawah matahari ketika pagi hari.

Latihan yang sedikit demi sedikit juga perlu dilakukan semoga burung bisa ngoceh dengan lantang dan bervariasi. Meski dari segi abjad burung ini tak terlalu mempunyai variasi yang banyak, namun tidak mengecewakan merdu dan bisa jadi pahlawan kicau anda.

 Bagi pecinta burung yang belum terlalu usang berkecimpung dalam dunia kicau Tips Perawatan dan Makanan Burung Robin
Makanan Burung Robin via Burungperkicau

Jenis Makanan Burung Robin

Sementara untuk pemenuhan dari segi nutrisi dan vitamin yang sehat dan seimbang, ada beberapa jenis kuliner burung Robin yang perlu diberikan dengan kombinasi yang tepat. Untuk lebih jelasnya, simak pakannya berikut ini:

Buah-buahan Masak dan Segar

Burung Robin sendiri dikenal sebagai burung omnivora alias pemakan segala. Saat hidup di alam bebas, pakan yang biasa dikonsumsi burung ini ialah bermacam-macam jenis buah-buahan yang telah masak. Beberapa jenis buah yang cocok untuk dijadikan kuliner burung Robin diantaranya buah pisang, apel, dan juga buah pepaya.

Jika anda mendapat buah dengan cara membeli dari kios ataupun pasar, sebaiknya lakukan dulu pembilasan pada kulit buah dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi banyak sekali zat kimia yang kemungkinan melekat pada kulit sehingga berakibat kurang baik bagi kesehatan ataupun perkembangan burung.

Pemberian buah-buahan yang kaya nutrisi, vitamin, dan seratnya ini ditujukan semoga kesehatan burung tetap dalam keadaan prima, terhindar dari gangguan pencernaan, dan juga menciptakan bulu-bulu anggun pada burung bertubuh mungil ini tetap terjaga.

Serangga

Selain vitamin, tentu burung Robin juga membutuhkan asupan nutrisi lain menyerupai protein. Untuk memenuhinya, anda bisa memperlihatkan pakan banyak sekali macam serangga kecil sebagai kuliner tambahan atau ekstra fooding. Beberapa jenis serangga yang jadi kegemaran burung Robin diantaranya jangkrik, ulat hongkong, belalang, kroto dan banyak sekali jenis serangga lain.

Pemberian pakan yang kaya asupan protein ini bisa diberikan secara kombinasi misal jangkrik plus ulat hongkong yang diberikan secara bersamaan pada pagi dan sore hari dengan perbandingan 4:5 atau tergantung kebutuhan pakannya. Hal yang perlu diingat untuk pinjaman serangga berkaki kasar menyerupai jangkrik, orong-orong, dan belalang perlu dipotong dahulu kaki belakang kasarnya semoga tak menciptakan tenggorokan burung terluka dan gampang ditelan.

Sekedar isu saja, selain pinjaman kuliner burung Robing tersebut, penempatan sangkar burung Robin jangan hingga diletakkan bersahabat burung yang mempunyai bunyi keras dengan abjad membentak, hal ini bisa menciptakan burung Robin anda jatuh mentalnya untuk bisa berkicau.

Karakter Burung Robin

Untuk bisa memelihara burung ini dengan baik, sebaiknya kau memahami abjad burung ini. Perlu anda ketahui bahwa burung robin ini termasuk burung yang bisa bersosial dengan baik, anda bisa menyatukan burung dengan burung lain dalam satu sarang.

Kamu bisa memakai sangkar aviary yang berisi adonan beberapa jenis burung lainnya menyerupai finch dan kenari.

Jika kita hendak memasterkan burung robin ini, burung robin muda mencar ilmu bernyanyi dengan bunyi burung sejenis. Makara burung ini tidak bisa dimaster dengan bunyi burung yang berbeda jenis.

Meskipun burung robin hanya bisa dimasterkan dengan burung sejenis, namun burung ini sanggup vokal berbeda yang digunakannya untuk mempertahankan wilayah, mencari pasangan, atau mengancam musuhnya.

Kicau burung robin ini juga menjadi salah satu cara untuk memikat burung robin betina. Pada waktu isu terkini kawin tiba, burung robin akan bersifat lebih berangasan sehingga bisa menyerang burung lain yang mendekati sarangnya.

Tips Perawatan Burung Robin

Sebagai burung pemakan buah, burung robin ini di alam liar biasanya hidup berdampingan pada malam hari dan akan berpisah pada siang hari dan sembunyi di semak belukar.

Untuk pakan tambahan (extra fooding) burung ini ialah serangga, menyerupai yang sudah dijelaskan di atas. Anda bisa memperlihatkan buah di dalam sangkar burung robin secara bervariasi semoga burung tidak bosan. Selain memperlihatkan buah saja, anda juga bisa mengkombinasikan buah dan serangga sekaligus.

Selain pinjaman pakan, sebaiknya anda juga bisa memperlihatkan BirdVit agar burung mempunyai daya tahan badan lebih kuat, apalagi pada masa pancaroba.

Cara Menjinakkan Robin

Jika anda gres saja membeli burung robin, maka anda perlu melaksanakan treatment khusus semoga burung robin anda bisa jinak. Berikut ini beberapa tips menjinakkan burung robin yang mesti anda lakukan:

Memandikan Burung Robin Secara Rutin

Cara menjinakkan burung robin yang pertama ialah dengan cara memandikannya. Anda bisa memandikan burung robin dengan cara memasukkannya ke dalam karamba untuk waktu yang agak lama.

Jika burung ini tidak mau mandi sendiri, maka anda bisa memakai sprayer untuk menciptakan burung lembap kuyup. Biasanya ketika burung ini dimandikan dengan semprotan akan terbang sana-sini, hal ini lumrah dan hal yang wajar.

Jika burung robin masih giras maka terus aja semprotkan hingga lembap kuyup semoga tidak kelabakan lagi. Selanjutnya, biarkan saja burung tersebut di karamba, hingga bulunya kering.

Silahkan mandikan burung pada pagi dan sore hari, terutama untuk anda yang mempunyai waktu luang.

Aktivitas memandikan burung robin hingga lembap kuyup ini bertujuan semoga burung cepat lapar sehingga selanjutnya anda bisa memperlihatkan pakan sehingga burung akan bergantung kepada kita.

Nah, kita akan sangat berjasa bagi burung robin alasannya ialah kita sudah berjasa memperlihatkan mereka makan.

Menggantung Sangkar Robin di Tempat Ramai

Selain memandikan, menggantungkan burung robin di daerah yang ramai juga bisa menjadi treatment untuk menjinakkan burung ini. Usahakan untuk menempatkan pada area yang banyak orang berlalu lalang.

Penggunaan Ukuran Sangkar Robin

Tips menjinakkan burung robin selanjutnya ialah dengan memperlihatkan sangkar burung yang kecil pada tahap awal. Karena bila sangkar besar akan menciptakan burung selalu aktif sehingga sulit untuk dijinakkan.

Tangkringan / Tenggeran Burung Robin

Oh ya sahabat breeder, tangkringan burung robin juga mesti anda perhatikan lo, jangan memperlihatkan tangkringan lebih dari 1 pada tahap awal, alasannya ialah bila terlalu banyak tangkringan justru akan menciptakan burung semakin lincah geraknya.

Waktu Penjemuran Robin yang Ideal

Burung robin sebaiknya juga anda jemur secara rutin, tapi dihentikan terlalu usang ya. Anda cukup menjemur burung robin ini 30 menit atau 1 jam saja, terutama sehabis mandi.

Perhatikan Karakter Robin dengan Baik

Sama menyerupai manusia, burung robin juga butuh kasih sayang dan kelembutan dari breeder. Usahakan untuk mengembun-embunkan sambil diangin-anginkan pada pagi hari.

Dengan treatment terakhir ini mudah-mudahan bisa memancing burung robin untuk berbunyi dan gampang jinak. Karena di hutan burung biasanya burung akan aktif gacor dan berbunyi pada ketika subuh hingga menjelang matahari terbit.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis kuliner burung robin dan tipe perawatan yang mesti anda lakukan. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Robin Terbaru Lengkap


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Perawatan Dan Masakan Burung Robin"

Posting Komentar