Siapa Bilang Bidang Teknologi Info Hanya Digeluti Kaum Adam?

Banyak yang berpikir bahwa teknologi adalah bidang yang biasanya hanya menarik untuk digeluti kaum adam. Benarkah begitu? Jangan salah lho, perempuan juga banyak yang nyemplung di bidang ini. Kali ini, Ruangguru.com akan membahas salah seorang perempuan inspiratif di bidang Teknologi Informasi. Siapa gerangan?

Aulia Halimatussadiah atau yang biasa dikenal dengan Ollie, Chief Marketing Officer nulisbuku.com pertanda bahwa seorang perempuan juga sanggup berkecimpung di dunia teknologi. Nggak percaya? Kira-kira apa saja keseruan dan tantangan yang akan dihadapi perempuan saat memasuki dunia teknologi ya? Yuk kita simak!

teknologi gosip hanya digeluti kaum adam

 

teknologi gosip hanya digeluti kaum adam

Sejak remaja, Ollie memang telah mempunyai ketertarikan di dunia teknologi. Semua bermula dikala ia memakai salah satu aktivitas chatting, yaitu mIRC. Di sanalah Ollie bertemu dengan orang-orang dari banyak sekali macam negara. Ternyata pada dikala itu, orang-orang yang tinggal di luar negeri telah mempunyai website sendiri. Di dalam benaknya, Ollie berpikir bagaimana jika ia mempunyai website sendiri? Pasti akan sangat keren untuk anak seusianya waktu itu.

Setelahnya, perempuan yang menerima penghargaan Top 8 Enterprising Asian Entrepreneurs Under 40 dari Global Insider ini belajar membuat website. Berbagai cara ia coba untuk membuat website yang menarik. Ollie belajar semuanya secara otodidak. Saat itu belum ada Google yang sanggup mempermudah pencarian segala hal lho! Untuk mengakses teknologi pun belum semudah sekarang. Melihat ketertarikan Ollie yang besar di bidang teknologi, orangtuanya menyarankan untuk mengambil kuliah jurusan Teknik Informasi.

 

teknologi gosip hanya digeluti kaum adam

Awal mula memasuki kuliah Teknologi Informasi, Ollie sempat mengalami kesulitan. Sebelum masuk kuliah, ia berekspektasi besar bahwa akan pribadi berguru bagaimana cara membuat website yang menarik. Namun pada kenyataannya, dunia teknologi tidak hanya bekerjasama dengan membuat website saja. Di jurusan ini, Ollie dituntut untuk mempelajari konsep bahasa pemrograman terlebih dahulu. Jika telah mempunyai konsep yang kuat, maka segala bahasa pemrograman akan lebih gampang untuk dipelajari.

Ollie juga dituntut untuk menghasilkan output dalam bentuk faktual sehingga logika pun sangat diperlukan. Untuk mengasah logika tersebut, di jurusan Teknologi Informasi akan dipelajari banyak sekali mata kuliah matematika. Diantaranya matematika dasar, kalkulus, aljabar, matematika diskrit, dan lain-lain. 

teknologi gosip hanya digeluti kaum adam Foto: pexels.com

Ketika peminatan, Ollie memilih Sistem Informasi. Pada peminatan ini, mata kuliah matematika yang dipelajari tidak sebanyak yang dipelajari di peminatan Ilmu Komputer. Sistem Informasi akan lebih mempelajari bagaimana cara membuat dan menerapkan teknologi gosip di bidang bisnis. Sehingga, bisnis tersebut sanggup mencapai tujuannya secara efektif. Selain itu, juga banyak mempelajari wacana database dan manajemen. Apa ada coding? Tentu, tapi tidak sedalam yang dipelajari di peminatan Ilmu Komputer.

 

teknologi gosip hanya digeluti kaum adam 

teknologi gosip hanya digeluti kaum adam Foto: pexels.com

Dulu, kelas Ollie berisi sekitar 100 orang dan jumlah anak perempuan di dalam kelas itu hanya 20 orang. Dikarenakan minim perempuan, jadinya 20 orang tersebut yang membentuk grup yang isinya hanya perempuan saja. Kebanyakan sobat perempuan yang sekelas dengan Ollie hanya mempelajari bahan kuliah dari buku. Padahal menurutnya, pelajaran yang ada di jurusan Teknik Informasi akan lebih efektif kalau dipraktikkan secara langsung. Ia menyebarkan tips untuk perempuan yang ingin kuliah bidang Teknologi Informasi. Sebaiknya pandai-pandai berbaur dengan anak laki-laki. Hal ini bertujuan agar mereka sanggup sama-sama mempelajari ilmu yang mereka dapatkan secara praktikal. Mereka juga sanggup saling menyebarkan ilmu satu sama lain, bukan?

 

teknologi gosip hanya digeluti kaum adam

teknologi gosip hanya digeluti kaum adam Foto: pexels.com

Lulusan Teknologi Informasi tidak melulu harus menjadi seorang programmer atau web developer. Mereka sanggup mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari di banyak sekali macam bidang. Contohnya Ollie, yang selain teknologi juga suka menulis. Ia mengolaborasikan keduanya dan meluncurkan sebuah platform yang mempunyai kegunaan bagi banyak orang menyerupai nulisbuku.com.

 

*Artikel ini ditulis berdasarkan hasil bincang-bincang dengan Natali Ardianto, Aulia Halimatussadiah, dan Ikhsan Rahardian pada aktivitas Ask Me Anything episode Teknologi Informasi yang telah diselenggarakan oleh Ruangguru.com pada Rabu, 1 Juni pukul 20.00.

[embed]https://www.facebook.com/ruanggurucom/videos/988723051224390/[/embed]

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapa Bilang Bidang Teknologi Info Hanya Digeluti Kaum Adam?"

Posting Komentar