Potret Miris Pelajar Di Banyak Sekali Negara Yang Mempertaruhkan Nyawa Demi Menimba Ilmu

Di kota besar, pelajar rasanya tidak perlu bersusah payah untuk tiba ke sekolah. Begitu banyak pilihan akomodasi, mulai dari kendaraan pribadi, angkutan umum, atau bis gratis. Akan tetapi, bagaimana dengan teman-teman pelajar yang tinggal di kota-kota terpencil? Infrastuktur yang tidak memadai menciptakan para pelajar ini harus menempuh jalur-jalur berbahaya dan mengancam nyawa mereka demi menimba ilmu. Berikut beberapa potret pilu usaha pelajar di daerah terpencil:

1. Desa Sanghiang Tanjung

Tiap hari, para pelajar harus menyeberangi Sungai Ciberang berarus deras melalui jembatan gantung yang terbuat dari kayu rusak. Coba bayangkan, kalau sedikt saja salah menginjak atau memegang, mereka sanggup jatuh dan karam ke dalam sungai besar, juga dalam.

Sebenarnya, ada jembatan alternatif yang lebih aman. Namun, memakan waktu lebih usang sampai 30 menit dengan menempuh perjalanan kaki. Untuk menghindari terlambat, mereka lebih menentukan memakai jembatan gantung ringkih tanpa perangkat keselamatan.

Demi Menimba Ilmu - lebak indonesia

Melihat kondisi yang cukup memprihatinkan ini, PT Krakatau Steel dan beberapa NGO membangun sebuah jembatan gres untuk mereka.

2. Singkil Utara, Aceh

Demi Menimba Ilmu - Kampung Baru, Singkil Utara, Aceh

Jembatan kayu di Singkil Utara ini sudah roboh beberapa tahun sebelumnya. Akan tetapi, dikarenakan belum diperbaiki dan merupakan satu-satunya jalur yang sanggup ditempuh, beginilah usaha siswa-siswi Aceh untuk sekolah.

3. Kampung Langgai, Sumatera Barat

Kampung Langgai masuk dalam wilayah Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantiah (Gamus), Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini, merupakan daerah yang sangat terpencil. Tidak ada listrik, sinyal HP, dan jauh dari pasar.

Demi Menimba Ilmu - Sumatera Barat

Para pelajar di sana harus melewati "Titian Benang Sehelai", titian jembatan dari seutas kawat baja sepanjang 50 meter. Sebelumnya pun mereka harus melalui persawahan yang cukup jauh sebelum hingga ke sekolah.

4. Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan

Puluhan siswa SD Inpres 675 Hulo, Desa Hulo, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone,  Sulawesi Selatan sangatlah pemberani. Mereka  harus menyeberangi sungai dengan meniti dan bergelantungan pada sebuah kawat sepanjang 30 meter yang berfungsi sebagai jembatan. Di bawah jembatan tersebut terdapat sungai yang dalamnya 3 meter. Jika hujan, tidak ada satupun siswa termasuk warga yang berani melintasi diatas sungai ini karena licin. Para siswa pun terpaksa membolos sekolah.

Demi Menimba Ilmu - Sumatera Barat

Pasalnya, kawat ini adalah satu-satunya susukan menuju sekolah. Sejumlah orang bau tanah pun terpaksa memberhentikan anaknya untuk bersekolah, karena menghindari risiko kehilangan nyawa anaknya.

5. Desa Praibakul, Sumba

Sekolah berada di balik bukit. Sebelum menyeberangi sungai, pelajar di Desa Praibakul, Sumba Timur harus mendaki bukit terjal terlebih dulu. Lebih mengerikannya lagi, bukit ini sanggup saja longsor sewaktu-waktu. Jangan harap mereka sanggup memakai sepatu atau sendal gunung sebagai pelindung kaki. Dua barang tersebut sangat langka di sana.

Demi Menimba Ilmu - Desa Praibakul, Haharu, Sumba Timur

Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri juga terjadi hal sama di daerah-daerah terpencil. Simak kelanjutannya, yuk!

1. Gulu, Tiongkok

Satu-satunya sekolah yang ada di daerah Gulu adalah seebuah sekolah dasar yang letaknya berdekatan dengan tebing curam ini. Oleh alasannya ialah itu, para murid harus melalui jalur zigzag berbahaya di sepanjang tebing yang menjorok tersebut untuk sanggup hingga di sekolah. Lebar jalan setapaknya saja tidak sampai satu meter.

Demi Menimba Ilmu - gulu tiongkok

Mereka melaksanakan perjalanan di jalur khas para peziarah Hindu maupun Buddha di Asia Tengah tanpa memakai pengaman sama sekali.

2. Desa Zhang Jiawan, Tiongkok Selatan

Zhang Jiawan adalah sebuah desa terpencil yang berada di daerah gunung Badagong. Butuh waktu empat jam berjalan kaki untuk mencapai satu-satunya sekolah yang terdapat di desa ini.

Demi Menimba Ilmu - jiawan, china

Demi mengenyam pendidikan, para siswa harus memanjat tebing dengan tangga bambu. Dengan ini, mereka sanggup saja jatuh kapan pun, kan? Satu sama lain saling dengan sabar antre menanti giliran untuk menaiki tangga menuju sekolah.

3. Meghalaya, India

Penduduk lokal di Desa Mawsynram, India, memanfaatkan akar pohon karet yang tumbuh menjalar menjadi jembatan alami. Cara ini sudah mereka lakukan selama bertahun-tahun. Nah, jembatan yang disebut sebagai "jembatan hidup" ini diseberangi para pelajar untuk menuju sekolah setiap hari.

Demi Menimba Ilmu - meghalaya india

4. Kolombia

Di Kolombia, pelajar menempuh perjalanan layaknya sedang bermain flying fox. Mereka harus melewati kabel baja yang terpasang untuk menghubungkan satu lembah dengan lainnya. Kabel ini dipakai untuk menyeberangi Sungai Rio Negro menuju sekolah. Dengan pengaman seadanya, mereka mengerahkan segala keberanian untuk meluncur di kabel sepanjang 800 meter di atas ketinggian 400 meter dari sungai tersebut. Ekstrem sekali, ya?

Demi Menimba Ilmu - kolombia

5. Zanskar, Himalaya India

Pelajar yang tinggal di kaki gunung Himalaya harus menempuh perjalanan melewati lapisan es untuk bisa tiba di sekolah. Dinginnya suhu air es hingga menusuk jantung tentu menjadi marabahaya bagi mereka jika salah melangkah. Bahkan, terkadang lapisan es tersebut ada yang tipis sehingga berisiko tinggi, yaitu menenggelamkan pelajar di bawah air es kalau kurang berhati-hati. 

Demi Menimba Ilmu - himalaya

6. Pili, Tiongkok

Perjuangan para pelajar di tempat ini sangat ektrem dan berbahaya.  Lihatlah pada foto ini mereka harus melewati tebing curam tanpa memakai pengaman sama sekali.

Jika salah melangkah maka nyawa para penduduk di daerah ini akan terancam bahkan hingga meninggal dunia kalau terjatuh dari atas tebing.

Demi Menimba Ilmu - pili, china

7. New Delhi, India

Setelah Tiongkok, India menempati posisi kedua dengan tingginya jumlah penduduk. Negeri yang mempunyai ciri khas kain Saree ini menjadi negara yang padat dan masih banyak warganya yang hidup di garis kemiskinan.

Demi Menimba Ilmu - new delhi, india

Terlihat terperinci pada gambar berikut yang mengatakan sejumlah pelajar naik andong dengan muatan berlebihan. Keselamatan dalam berkendara pun mereka kesampingkan demi menjangkau sekolah.

Demikianlah beberapa potret pelajar yang berjuang keras demi meraih pendidikan. Meskipun dengan segala keterbatasan, semangat mereka tidak padam untuk menyambut masa depan gemilang. Rasa cemas dan takut mereka sirna, karena dipudarkan rasa berani untuk menimba ilmu. Dengan keyakinan tinggi dan harapan kuat, mereka yakin bahwa Tuhan akan membantu mereka menjadi generasi bangsa yang maju.

Bagaimana dengan kalian? Sudah dikelilingi fasilitas dan kecanggihan teknologi yang menciptakan #BelajarJadiMudah, yakin masih mau malas-malasan? Malu dong. (TN)

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potret Miris Pelajar Di Banyak Sekali Negara Yang Mempertaruhkan Nyawa Demi Menimba Ilmu"

Posting Komentar