Pomodoro: Cara Mencar Ilmu Efektif Tanpa Terdistraksi

Apa kabar, RG Squad? Masih sibuk menghadapi banyak sekali ujian? Ingin fokus belajar, tapi ada saja yang memecah konsentrasi kamu? Tak mau ketinggalan perkembangan isu di lini waktu (timeline), harus membalas pesan dari teman, bahkan ingin cepat-cepat melihat saluran video kesayangan. Di satu sisi ingin sanggup menemukan fokus belajar, sementara di sisi lain tanganmu gatal ingin memainkan ponsel. Adakah teknik yang sanggup dilakukan untuk menciptakan mencar ilmu lebih efektif?

cara mencar ilmu efektif - Kitchen timer berbentuk tomat

Kitchen timer berbentuk tomat. (Sumber: attheco.com)Inilah Pomodoro, teknik pengaturan waktu yang diperkenalkan oleh Fransisco Cirillo pada simpulan 1980-an. Sebenarnya nama Pomodoro sendiri berasal dari Bahasa Spanyol yang berarti tomat. Ini berawal saat Cirillo masih mahasiswa, ia memakai kitchen timer berbentuk buah tomat sebagai pengatur waktunya dalam belajar.

cara efektif mencar ilmu - Tumpukan pekerjaan yang harus kau tuntaskan Tumpukan pekerjaan yang harus kau tuntaskan. (Sumber: startupremarkable.com)

Pada dasarnya, kau harus fokus dalam selang waktu tertentu, sebagai teladan 25 menit. Setelah waktu habis, kau diharuskan beristirahat, sekitar 5 menit. Lakukan cara ini sebanyak 4 babak. Setelah 4 babak tersebut diselesaikan, Squad dapat mengambil rehat lebih lama, contohnya 15 hingga 30 menit. Selang waktu yang dipakai ini sanggup diubahsuaikan dengan ritme kau masing-masing tentunya. Asal jangan hingga waktu istirahat kau lebih panjang dari pada waktu fokus ya.

Kamu  tipe orang yang tidak betah berkonsentrasi usang untuk belajar? Coba praktikkan teknik ini. Di istirahat 5 menit itu, kau sanggup berjalan-jalan sebentar melemaskan otot.

Squad juga sanggup memakai teknik ini untuk meningkatkan produktivitas lho. Ini semacam pembatasan waktu pada ujian. Kamu sanggup menantang diri untuk menuntaskan pekerjaan sesuai sasaran waktu tertentu. Setelahnya, beri rewards pada diri sendiri dengan melaksanakan kegiatan yang disenangi.

Bagaimana cara menerapkan teknik Pomodoro ini?

1. Jauhkan diri dari segala macam distraksi. Matikan notifikasi e-mail, tutup browser yang tidak diperlukan, dan senyapkan HP.

2. Siapkan pekerjaan yang harus diselesaikan. Dapat berupa modul yang harus kau selesaikan atau bahkan lembar goresan pena yang mesti dituntaskan.

3. Tentukan waktu. Kamu sanggup memakai kitchen set, dukungan alarm hp, bahkan jam pasir.

cara mencar ilmu efektif - Jam pasir sanggup menjadi alarm kamu Jam pasir sanggup menjadi alarm kamu. (Sumber: kompasiana.com)

4. Fokus beraktivitas.

5. Setelah waktu habis, lakukan kegiatan menyenangkan. Seperti melaksanakan peregangan ringan atau mengambil air minum.

6. Ulangi teknik di atas hingga 4 kali siklus kerja-istirahat atau belajar-istirahat, kemudian ambil rehat selama 15-30 menit.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Squad sanggup menyesuaikan waktu fokus sesuai ritme kau sendiri. Jangan mengalah bagi kau yang belum tahu niscaya mengenai ritme bekerja diri sendiri. Fransisco Cirillo biasa memakai waktu 25 menit. Sebagai awalan, kau sanggup mencoba menyerupai cara Cirillo. Selanjutnya terapkan trial and error untuk menemukan waktu yang sesuai. Perlahan, kau niscaya menemukan cara paling cocok dalam pengaturan waktu.

Bagaimana, RG Squad? Siap mencoba teknik Pomodoro ini? Ruangguru tunggu dongeng pengalaman kau mengenai cara mencar ilmu efektif ya. Selamat belajar! (NM/TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pomodoro: Cara Mencar Ilmu Efektif Tanpa Terdistraksi"

Posting Komentar