Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen Rpp


Berikut ini kami sajikan petunjuk penyusunan setiap komponen RPP Kurikulum 2013 yang telah melalui revisi tahun 2017/2018. Diharapkan memulai tahun pelajaran gres 2018/2019 semua Guru telah menyusun RPP sesuai pedoman ini dengan memperhatikan KOMPONEN RPP, KETERAMPILAN ABAD 21 (komunikasi, kreatif, kolaboratif, berfikir kritis), PENGUATAN KARAKTER, dan INTEGRASI LITERASI . 


Berikut Petunjuk setiap komponen RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                  : … (Misal: Sekolah Menengah Pertama )
Mata Pelajaran                      : ... (Misal: IPA)
Kelas/Semester                    : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok                        : ... (Misal: Pengukuran)
Alokasi Waktu                     : … (Misal: 6 Pertemuan (15 JP))

A.    Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.

CONTOH
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah ajaib sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
      Petunjuk:
1.    Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2.    Indikator merupakan jabaran dari KD.
3.    Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) sikap yang sanggup diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4.    Indikator KD dari KI-3 meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH
KD
Indikator
KD dari KI-1 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-2 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-3
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
KD dari KI-4
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.

C.    Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1.        Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2.        Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat specific dan tidak sanggup diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3.        Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih sanggup dirinci lagi, indikator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4.        Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5.        Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.

CONTOH

Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran (tuliskan kegiatan pembelajaran secara spesifik) penerima didik dapat:
1.      ...
2.      ...
3.      ...
Dst.

Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran (tuliskan kegiatan pembelajaran secara spesifikpeserta didik dapat:
1.      ...
2.      ...
3.      ...
Dst.

Pertemuan ketiga
Dst.



Fokus penguatan karakter:

(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara berkala ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini. Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud yaitu nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan. Nilai-nilai yang dijadikan fokus dipilih menurut kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yangdibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan. Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).

Contoh: kejujuran, kedisiplinan

D.    Materi Pembelajaran

Petunjuk:
1.      Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2.      Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD

CONTOH
1.      Materi pembelajaran reguler
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi   sebagaimana dicakup oleh KD).

2.      Materi pembelajaran pengayaan
… (Tulis sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler).

3.      Materi pembelajaran remedial
… (Tulis sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh penerima didik).

E.     Metode Pembelajaran

Petunjuk:
1.      Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2.      Metode pembelajaran yang dipilih yaitu pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi penerima didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan kurun 21.

CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah

F.      Media dan Bahan
Petunjuk:
1.      Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.).
CONTOH 
a.      Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b.      Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c.       Model: Nama model yang dimaksud
d.     Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e.      Realia: Nama benda yang dimaksud

2.      Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua materi yang diperlukan.

G.    Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber mencar ilmu (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb).

CONTOH
1.      Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2.      Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3.      Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
4.      Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5.      Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6.      Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7.      Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
8.      Lainnya (sesuai dengan hukum yang berlaku)

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Petunjuk:
1.        Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2.        Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan kegiatan penerima didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3.        Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan kegiatan penerima didik YANG DAPAT  dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah.
4.        Langkah-langkah dan acara pembelajaran pada KEGIATAN INTI menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip mencar ilmu dari metode yang diterapkan.
5.        Tulis jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

CONTOH
1.        Pertemuan Pertama: 2 JP
a.    Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)    Guru … untuk mengondisikan suasana mencar ilmu yang menyenangkan.
2)    Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4)    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5)    Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….

b.   Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH DENGAN METODE SAINTIFIK:
  Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan penanggulangan meletusnya gunung Merapi; menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Catatan:
Fenomena yang diamati oleh penerima didik sanggup berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.

  Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan perihal hal-hal yang belum diketahui terkait dengan penanggulangan tragedi gunung Merapi atau pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …

  Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)

Peserta didik mewawancarai jago vulkanologi dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan gejala gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian penerima didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan penerima didik.

c.       Kegiatan Penutup (12 menit)

   Guru memfasilitasi peserta didik menciptakan butir-butir simpulan mengenai ….
   Guru bantu-membantu peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan balasan dengan cara ….
   Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
   Guru memberikan kegiatan mencar ilmu yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
   Guru memberitahukan kegiatan mencar ilmu yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….

2.      Pertemuan Kedua: 2 JP

a.      Kegiatan Pendahuluan (8 menit)

CONTOH
1)         Guru mengondisikan suasana mencar ilmu yang menyenangkan dengan ….
2)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)         Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….

b.      Kegiatan Inti (60 menit)

CONTOH (LANJUTAN DENGAN METODE SAINTIFIK):
   Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA untuk pertanyaan 4 dan 5)
   Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA untuk pertanyaan 6)
·                                    Dst.

c.       Kegiatan Penutup (12 menit)
   Guru memfasilitasi peserta didik (a) menciptakan butir-butir simpulan mengenai ….
   Guru bersama dengan penerima didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan balasan dengan cara ….
   Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
   Guru melaksanakan melakukan penilaian dengan teknik ….
   Guru memberikan kegiatan mencar ilmu yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
   Guru memberitahukan kegiatan mencar ilmu yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….

3.      Pertemuan Ketiga: 2 JP

a.      Kegiatan Pendahuluan (8 menit)

CONTOH
1)         Guru mengondisikan suasana mencar ilmu yang menyenangkan dengan ….
2)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)         Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….

b.      Kegiatan Inti (60 menit)

CONTOH (DENGAN METODE SAINTIFIK):
   Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA untuk pertanyaan 7 dan 8)
·           
·            Mencipta
Misal: Peserta didik menciptakan petunjuk tindakan penanggulangan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api atau merumuskan gagasan pembudidayaan tumbuhan yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya.

c.       Kegiatan Penutup (12 menit)
   Guru bantu-membantu peserta didik menciptakan butir-butir simpulan terkait ….
   Guru bantu-membantu penerima didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan balasan dengan cara …; serta mencipta …
   Guru melaksanakan penilaian dengan teknik ….
   Guru memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
   Guru memberitahukan pembelajaran acara pengayaan, yaitu …
   Guru memberitahukan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….

I.       Penilaian
1.    Teknik penilaian

a.      Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.

CONTOH
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observa si
Jurnal
Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian diri

Lihat Lampiran ...



Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)


3
Penilaian antar teman

Lihat Lampiran ...



Setelah pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

b.      Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.

CONTOH
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observa si
Jurnal
Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian diri

Lihat Lampiran ...




Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian antar teman

Lihat Lampiran ...




Setelah pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)







c.       Pengetahuan

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan balasan terbuka
Lihat Lampiran ...

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
2
Penugasan
Pertanyaan dan/atau kiprah tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
Lihat Lampiran ...




Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Tertulis
Pertanyaan dan/atau kiprah tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
Lihat Lampiran ...




Setelah pembelajaran usai
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
4
Portofolio
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis



Saat pembelajaran usai
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning)



d.     Keterampilan

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (keterampilan)
Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau sesudah usai
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
2
Produk
Tugas (keterampilan)
Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau sesudah usai
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
3
Proyek
Tugas besar
Lihat Lampiran ...
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
4
Portofolio
Sampel produk terbaik dari kiprah atau proyek

Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

2.    Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
    pembelajaran ulang
    bimbingan perorangan
    belajar kelompok
    pemanfaatan tutor sebaya
bagi penerima didik yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu sesuai hasil analisis penilaian.

3.    Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, penerima didik yang sudah mencapai ketuntasan mencar ilmu diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk ekspansi dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku rujukan dan mewawancarai narasumber.



                                                                                ..............., ................
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP____________


_____________________                                ___________________
NIP. ...                                                            NIP. ....


Sumber http://virtualpendampingan.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen Rpp"

Posting Komentar