Penyebab Dan Menanggulangi Cacat Mata Presbiopi (Mata Tua)

Jika cacat mata miopi (rabun jauh) dan hipermetropi (rabun dekat) sanggup ditolong dengan memakai kacamata yang mempunyai lensa cekung (lensa negatif) dan lensa cembung (lensa positif), bagaimana cara menanggulangi kalau campuran dari kedua cacat mata tersebut?

Cacat mata yang merupakan campuran dari cacat mata rabun jauh dan rabun erat dikenal dengan isitilah presbiopi. Presbiopi ini juga sering dikenal dengan istilah mata tua, lantaran cacat mata ini diderita oleh orang yang sudah bau tanah atau lanjut usia. Presbiopi atau mata bau tanah disebabkan lantaran daya akomodasi lensa mata tak bekerja dengan baik, karenanya lensa mata tidak sanggup menfokuskan cahaya ke retina mata dengan tepat.

Pada dikala melihat objek yang dekat, lensa mata tidak bisa mencembung sehingga bayangan objek jatuh di depan retina sehingga objek akan terlihat buram. Sedangkan pada dikala melihat benda jauh tak hingga, lensa mata tidak bisa memipih (mendatar) selayaknya mata normal, sehingga bayangan objek akan jatuh di belakang retina dan karenanya benda jauh akan terlihat buram.  

Presbiopi merupakan potongan alami dari penuaan mata, dimana makin berkurangnya kemampuan fasilitas mata sesuai dengan makin meningkatnya umur dan biasanya terjadi diatas usia 40 tahun. Cacat mata presbiopi sanggup ditanggulangi dengan memakai kacamata yang mempunyai lensa rangkap (bifokal). Di mana kacamata lensa rangkap terdiri dari dua lensa yaitu lensa cembung dan lensa cekung. Pada dikala melihat benda dekat, penderita presbiopi sanggup memakai lensa cembung dan terletak pada potongan bawah kacamata. Sedangkan pada dikala melihat benda jauh, sanggup memakai lensa cekung dan terletak pada potongan atas kacamata. Berikut gambar kacamata berlensa rangkap (bifokal).
 sanggup ditolong dengan memakai kacamata yang mempunyai  Penyebab dan Menanggulangi Cacat Mata Presbiopi (Mata Tua)
Kacamata bifokal
Modofikasi dari Wikipedia dan BSE

Untuk memantapkan pemahaman Anda wacana bagaimana cara menanggulangi cacat mata presbiopi, silahkan simak teladan soal di bawah ini.

Contoh Soal
Seorang nenek menderita presbiopi mempunyai titik erat 50 cm dan titik jauh 400 cm. Agar ia sanggup melihat benda yang erat dan benda jauh (seperti mata normal), berapakah kekuatan lensa yang harus dipakai oleh nenek tersebut?

Penyelesaian:
Untuk melihat jauh, s = ∞ dan s’ = - 400 cm, maka:
1/f = 1/s + 1/s’
1/f = 1/∞ + 1/– 400
1/f = – 1/400
f = – 400 cm = – 4 m
Kekuatan lensa:
P = 1/f
P = 1/– 4 m
P = – ¼ dioptri

Untuk melihat dekat, s = 25 cm dan s’ = - 50 cm, maka:
1/f = 1/s + 1/s’
1/f = 1/25 + 1/– 50
1/f = 2/50 – 1/50
1/f = 1/50
f = 50 cm = ½ m
Kekuatan lensa:
P = 1/½ m
P = 2 dioptri
Jadi, semoga nenek tersebut bisa melihat benda jauh maka kekuatan lensa yang harus dipakai sebesar – ¼ dioptri, sedangkan untuk melihat benda erat maka kekuatan lensa yang harus dipakai sebesar 2 dioptri.

Demikian uraian singkat dari Mafia Online wacana penyebab dan cara menanggulangi cacat mata presbiopi atau mata tua. Mohon maaf kalau ada kata-kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Dan Menanggulangi Cacat Mata Presbiopi (Mata Tua)"

Posting Komentar