√ Mencar Ilmu Past Tense Jadi Praktis Asalkan Tahu 8 Tips Ini

                              Belajar Past Tense sangat praktis dilakukan dengan 8 tips berikut. Kamu hanya perlu mengerti konsep dasar dari materi bahasa Inggris ini. Siapa sih nggak kenal Past Tense? Kalau udah urusan mikirin masa lalu, kadang bikin bimbang-bimbang ragu… Kenapa? Karena untuk bikin kalimat bahasa Inggris dengan pola ini kamu harus tahu perubahan kata kerja alias Verb yaitu dari Verb1, Verb2, dan Verb3.
Jenis tenses ini ternyata nggak hanya menyangkut perubahan kata kerja saja lho. Penggunaan To Be juga mesti kau perhatikan. Selain itu, keterangan waktu juga akan menciptakan kalimatmu semakin komplit. Semuanya akan dibahas di sini dengan lebih gurih dan renyah sampai kau dapat nyantap abis.
Sekarang ini kau lagi beruntung alasannya akan segera tahu 8 tips dahsyat bagaimana berguru Past Tense. Kalo udah paham, ya menciptakan kalimat juga nggak bakal bikin pening. Yuk kita lihat menyerupai apa.

1. Belajar Past Tense nggak melulu berguru wacana kemarin, seminggu atau setahun lalu. Sejam yang telah berlalu juga termasuk Past Tense, lho.

Belajar Past Tense sangat praktis dilakukan dengan  √  Belajar Past Tense Kaprikornus Gampang Asalkan Tahu 8 Tips Ini
Jika disuruh bikin kalimat dengan pola Past Tense, tentu banyak yang mikir masa lampau nun jauh di sana. Embel-embel yesterday lebih banyak mewarnai kalimat tersebut. Mungkin alasannya mikir masa lampau yakni hal-hal yang telah terjadi kemarin, seminggu, setahun lalu, bahkan lebih lawas dari itu.
Padahal, sejam atau pagi yang telah berlalu juga termasuk masa lampau. Karena mikir kalamaan bahkan mengingat-ingat hal yang telah jauh berlalu, jadinya malah mengkhayal, bukannya bikin kalimat.
Jangan mikir terlalu jauh wacana masa kemudian ketika berguru Past Tense. Cukup pikirkan hal yang telah selesai kau lakukan (completed action) sejam atau 2 jam lalu. Misalnya:
  • I learned Math two hours ago.
  • I ate my breakfast at 6 o’clock. (sekarang pukul 8.00 pagi)
  • I watched a movie before school. (sekarang ia sudah di sekolah)
Jadi, nggak perlu mikir terlalu jauh untuk bikin satu kalimat saja, terutama dengan pola Simple Past. Pikirin ajah kegiatan yang sudah selesai dilakukan beberapa jam lalu. Kemudian susun kalimatnya deh. Praktis kan?

2. Biar nggak kehujanan, 4 tenses ini berlindung di bawah payung Past. Siapakah mereka? Yuk berguru Past Tense dari 4 tenses lain.

Belajar Past Tense sangat praktis dilakukan dengan  √  Belajar Past Tense Kaprikornus Gampang Asalkan Tahu 8 Tips Ini
Seperti halnya Present Tense mempunyai empat “anak” tenses, Past Tense pun mempunyai 4 tenses selalu berlindung di bawah payungnya. Belajar Past Tense nggak akan lengkap tanpa berkenalan dengan anak-anaknya. Mereka adalah:
  1. Simple
  2. Continuous
  3. Perfect
  4. Perfect Continuous.

SIMPLE PAST
Semua tenses di atas menyatakan kegiatan di masa lampau. Simple Past Tense dipakai untuk menyatakan kegiatan yang telah terjadi di masa lalu. Contoh: Tom and Jeri played tennis yesterday.

PAST CONTINUOUS
Past Continuous yakni kegiatan yang sedang terjadi di masa lampau. Kalau bahas satu ini perlu ilustrasi. Kaprikornus ceritanya, Tom dan Jeri main tenis kemarin. Mereka mulai bermain tenis pukul 10.00 kemudian selesai pada pukul 11.00.
Pertanyaannya: pukul 10.30 mereka ngapain? Jawabannya dalam bahasa Inggris: At 10.30, Tom and Jeri were playing tennis. Jadi, dipakai untuk menyatakan sesuatu yang sedang terjadi di masa lampau, dengan To Be (were) dan Verb-ing (playing).

PAST PERFECT
Selanjutnya, Past Perfect dipakai untuk menyatakan kegiatan yang telah selesai dilakukan sebelum kegiatan lain di masa lampau dimulai. Kaprikornus Past Perfect selesai dilakukan sebelum Past Tense dimulai. Ribet ya? Oke deh, kita pake gambaran lagi ya.
Sebelum main tenis, Tom dan Jeri ngajak si Miki serta si Mini ikut main tenis bareng. Tapi sayang, mereka menolak alasannya udah selesai main tenis. Miki dan Mini main tenis pukul 07.00-09.00. Pertanyaannya praktis banget: Mengapa Miki dan Mini menolak? Miki and Mini had already played tennis when Tom and Jeri asked them.

PAST PERFECT CONTINUOUS
Sedangkan Past Perfect Continuous dipakai untuk menyatakan kegiatan terjadi di masa yang lebih lawas tapi masih ada hubungannya dengan tragedi di masa lalu. Ngilustrasi lagi yuk. Jadi, ketika diajakin main tenis bareng, Miki dan Mini lagi istirahat. Mereka kelelahan. Pertanyaannya: Mengapa mereka lelah? Miki and Mini was tired because they had been playing tennis for two hours.
Kenalan yuk sama 16 tenses lainnya. Kamu perlu tahu: 5 Fakta Menarik dan Mengejutkan wacana 16 Tenses Bahasa Inggris.

3. Belajar Past Tense berarti berguru Verb. Setiap kata kerja mempunyai 3 bentuk. Apa saja bentuk mereka? Lingkaran, persegi atau apa ya?

Belajar Past Tense sangat praktis dilakukan dengan  √  Belajar Past Tense Kaprikornus Gampang Asalkan Tahu 8 Tips Ini
Kalau di Present Tense, perlu ingat si Dewi_Aiyu dan si Shiithi itu suka es atau enggak. Nah, bila di sini kita berguru bentuk-bentuk kata kerja. Tenang, bentuk Verb nggak banyak koq: cuma ada 3. Ketiga bentuk ini biasanya dikenal dengan istilah simpel: Verb1 Verb2 Verb3.
Verb 1 disebut juga Infinitive, biasanya dipakai untuk membentuk kalimat Present dan Future. Misalnya: I usually walk to school. She will walk to school tomorrow.
Verb 2 disebut juga Past Tense, menyatakan acara dalam kalimat masa lampau. Misalnya: They walked to school yesterday.
Verb 3 disebut juga Past Participle, dipakai dalam kalimat Perfect Tense. Misalnya: We have walked to school together.
Perhatikan pola berikut:
Verb1 – Verb2 – Verb3
  • Close – Closed – Closed
  • Clean – Cleaned – Cleaned
  • Jump – Jumped – Jumped
  • Laugh – Laughed – Laughed
  • Listen – Listened – Listened
  • Like – Liked – Liked
  • Love – Loved – Loved
  • Talk – Talked – Talked
  • Walk – Walked – Walked
  • Watch – Watched – Watched
Jika dilihat dari semua pola di atas, merubah V1 menjadi V2 dan V3 itu gampaaaang banget. Tinggal menambahkan satu atau 2 abjad -ed/d pada selesai Verb maka jadi deh. Praktis banget ya?
Eits, tapi tunggu dulu. Nggak semua Verb dapat kau perlakukan sama. Ada satu kelompok nggak mau diatur kayak gitu. Misalnya go, think, bring, come, eat nggak dapat kau ubah dengan pola di atas. Mereka nggak mau ngikutin aturan. Trus gimana? Sabar, kita akan berguru sehabis ini.
Mau kenal dengan 2 tokoh utama: si Dewi_Aiyu juga si Shiithi dalam Present Tense? Kamu dapat telusuri di sini: 7 Rahasia Tersembunyi dari Kesederhanaan Kalimat Present Tense yang Bikin Kamu Makin Paham.

4. Yuk kenalan dengan 2 kelompok kata kerja: Si Teratur dan Si Acak_Kadoel, supaya berguru Past Tense jadi lebih mudah!

Belajar Past Tense sangat praktis dilakukan dengan  √  Belajar Past Tense Kaprikornus Gampang Asalkan Tahu 8 Tips Ini
Nah, ini ia balasan untuk kebimbangan di atas. Sejumlah kata kerja emang nggak suka ngikutin hukum yaitu menambah akhiran ed/d sebagai ekor. Kita berguru kelompok Verb yang tak mau ikut aturan, disebut Irregular Verbs alias si Acak_Kadoel. Kelompok ini emang lebih suka ngacak-ngacak berserakan daripada keteraturan. Tak menyerupai Regular Verbs alias si Teratur.
Pada poin ketiga, kau udah kenalan sama si Teratur (Regular Verbs). Itu lho kelompok yang ngubahnya gampaaaaang banget. Tinggal kasi akhiran –ed atau –d. Nah, saatnya kini berjabat tangan sama si Acak_Kadoel.
Namanya ajah Acak_Kadoel, ya nggak ada pola spesifik untuk mengubah V1 menjadi V2 serta V3. Aturannya hanya satu ajah yaitu: semau gueh atau suka-suka. So, kau harus berguru ngingetin perubahan mereka menyerupai apa.
Contoh:
Verb1 – Verb2 – Verb3
  • Come – Came – Come
  • Cut – Cut – Cut
  • Do – Did – Done
  • Eat – Ate – Eaten
  • Find – Found – Found
  • Get – Got – Gotten
  • Go – Went – Gone
  • Give – Gave – Given
  • Send – Sent – Sent
  • Think – Thought – Thought
  • Understand – Understood – Understood
Itu ia beberapa pola si Acak_Kadoel. Trus kalo udah tau perubahannya, mau diapain? Ya bikin kalimat Past Tense. Ingat, memakai kata kerja Verb 2 dan Verb 3 saja ya. Verb 2 itu untuk Simple Past sedangkan Verb 3 dipakai dalam Past Perfect.

5. Belajar Past Tense harus tahu WAS atau WERE. Kalo Subyeknya berame-rame pilih kata yang lebih panjang ya, supaya lebih buanyak.

Belajar Past Tense sangat praktis dilakukan dengan  √  Belajar Past Tense Kaprikornus Gampang Asalkan Tahu 8 Tips Ini
Adakah yang masih galau penggunaan Was – Were? Biasanya To Be ini dipakai dalam Simple Past atau Past Continuous. Kalau dalam Present Tense kau berkenalan dengan gengnya si Dewi_Aiyu dan si Shithi, tapi di sini hanya perlu inget satu hal. Kalo subyeknya berame-rame, ya pilih kata yang lebih panjang.
Coba kita lanjut ke pola ya:
I … her boyfriend last year.
We … at Yuna’s house yesterday.

Untuk melengkapi 2 kalimat tersebut kau perlu menambahkan was atau were. Bisakah kau melengkapinya? Yap, kalimat pertama itu Was sedangkan yang kedua dilengkapi dengan to be Were.
Jadi, penggunaan WAS untuk subyek berjumlah satu orang atau sendiri. Misalnya: She, It, He, I, Anita, Rosi, Hery, dll. Pokoknya hanya satu orang deh.
Sedangkan to be WERE diperuntukkan bagi subyek berjumlah lebih dari satu. Misalnya: They, We, You, Anita-Rosi-Hery, Tom-Jeri, dll. Untuk subyek You, sendiri ataupun berbanyak tetep pake WERE.
Gampang kan? Jika kau paham penggunaan to be Was dan Were, berguru Past Tense bukanlah kiprah sulit.

6. HAD bukan tipe yang suka menentukan subyek. Ia bahkan mau dipasangkan sama siapa ajah. Wah wah…

Belajar Past Tense sangat praktis dilakukan dengan  √  Belajar Past Tense Kaprikornus Gampang Asalkan Tahu 8 Tips Ini
Tak menyerupai Was – Were yang suka milih subyek, Had bukan tipe pemilih. Ia dapat akur dengan subyek apapun, entah Subyeknya suka ngumpul berame-rame ataupun sendiri.  Had biasanya ditemui dalam kalimat Past Perfect dan Past Perfect Continuous.
Misalnya:
  1. She had had her lunch so she wasn’t hungry.
  2. They had already gone when I arrived.
  3. It had been raining all night so the ground was wet.
Intinya, Had milik semua subyek, tak peduli mereka berjumlah satu orang atau lebih.

7. Tapi untuk urusan kata kerja, Had hanya setia pada Verb3 lho. Ogah sama yang lain, gitu katanya.

Belajar Past Tense sangat praktis dilakukan dengan  √  Belajar Past Tense Kaprikornus Gampang Asalkan Tahu 8 Tips Ini
Untuk urusan subyek, mungkin si Had ini bukan tipe pemilih. Tapi hati-hati ya! Had punya kriteria khusus lho untuk kata kerja yang mengikutinya. Nggak peduli subyeknya apa, tapi untuk masalah Verb, ya harus dan mesti Past Participle alias Verb3.
Masih ingat dengan Verb 3? Cek poin 3 serta poin 4 lagi deh. Nah, untuk menciptakan kalimat Past Perfect Tense, kau harus memasangkan Had dengan Verb3. Kalo nggak, ya tau sendiri akibatnya. Mereka nggak bakal akur dan ngacak-acak keterampilan tata bahasa Inggrismu. Mau?

8. Kreatif! Belajar Past Tense dengan menggabungkan 2 jenis tenses untuk menciptakan sebuah kalimat.

Belajar Past Tense sangat praktis dilakukan dengan  √  Belajar Past Tense Kaprikornus Gampang Asalkan Tahu 8 Tips Ini
Nah, tips selanjutnya yakni menjadi kreatif. Caranya? Menggabungkan 2 tenses menjadi satu kalimat komplit. Untuk berguru menggabungkan 2 kalimat, perlu kata penghubung menyerupai when, before, after, but, because, dsb. Yuk kita berguru Past Tense lebih dalam melalui pola berikut…
  1. I was walking home when I met Susan.
  2. I had been cooking when my brother arrived.
  3. Lucy didn’t want to go to the cinema because she had already watched the movie.
  4. Yorgan had written to Luna many times but she never replied.
  5. Before he met her parents, he had announced the marriage to public.
Untuk menggabungkan 2 tenses sampai membentuk sebuah kalimat Past Tense, kau harus berguru dan paham dulu penggunaan masing-masing tenses. Coba perhatikan pola di atas serta pahami maknanya ya. Kalau masih sulit, coba baca lagi poin ke-2.
Jika ingin dapat lancar bicara bahasa Inggris, jangan lewatkan: 5 Langkah Termudah Belajar Speaking Bahasa Inggris Tanpa Kursus.
***
Belajar Past Tense nggak harus hapalin semua kata kerja (V1 V2 V3), nggak perlu juga mengingat semua rumus atau pola tenses tersebut. Kamu hanya perlu duduk bagus kemudian coba memahami penggunaannya. Kemudian latihan menciptakan kalimat. Perbanyak latihan akan menciptakan pemahamanmu semakin sempurna.
           


Sumber http://penulissnazzily.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Mencar Ilmu Past Tense Jadi Praktis Asalkan Tahu 8 Tips Ini"

Posting Komentar