√ Hati-Hati! Sukses Jangkiti Android, Sekarang Exodus Spyware Rambah Ios

 mulai merambah perangkat iOS sesudah sukses menjangkiti perangkat Android √ Hati-hati! Sukses Jangkiti Android, Kini Exodus Spyware Rambah iOS
Foto: asia.nikkei.com

Teknologi.id – Exodus Spyware mulai merambah perangkat iOS sesudah sukses menjangkiti perangkat Android.


Menurut lembaga penelitian keamanan (security) Lookout, mereka menemukan sejumlah situs phishing dari jenis Spyware Android berbahaya yang didesain khusus untuk menipu konsumen dari sejumlah operator seluler di Italia dan Turkmenistan.


Dari inovasi tersebut, kalau Exodus Spyware diinstal pada perangkat, Exodus sanggup mencuri foto, kontak, video, rekaman audio, isu GPS, dan data lokasi perangkat. Si penyerang juga bisa memakai aplikasi untuk melaksanakan rekaman audio secara real time. 


Baca Juga: Fitur Android Q Ini Bisa Ubah Ponselmu Serasa iOS


Meskipun tidak ada data untuk mengatakan siapa yang mungkin menjadi target, para peneliti mencatat bahwa aplikasi jahat dilayani dari situs palsu yang mengaku sebagai operator seluler di Italia dan Turkmenistan.


Si penyerang pun bisa memerintahkan exodus untuk mencuri data secara real time. Kesamaan dengan fitur Androidnya Exodus untuk iOS bisa mengunggah data curiannya ke server yang sama.


Selain itu, Exodus bisa menyebar ke iOS kalau pengguna menginstal aplikasi dari situs selain App Store. Mereka menyalahgunakan akta enterprise yang sudah menerima izin dari Apple untuk mengambil data yang telah menyelinap ke perangkat iOS melalui celah bisnis – sentris.


Baca juga: Indonesia Makara Pengunduh Terbanyak Aplikasi Android Berbahaya 


Tetapi, sekarang Apple sudah menarik kembali akta izin tersebut, sehingga seharusnya Exodus Spyware ini tidak bisa beroperasi lagi.


“Dalam hal kemampuan di sisi iOS, mereka melaksanakan hampir semua yang saya tahu sanggup Anda lakukan melalui Apple APIs yang didokumentasikan, tetapi mereka menyalahgunakan mereka untuk melaksanakan acara jenis pengawasan,” kata Adam Bauer, seorang insinyur intelijen keamanan staf senior di Lookout.


Perlu diingat bahwa perangkat iOS tidak kebal terhadap serangan. Yang terbaik yakni tetap memakai App Store resmi Apple untuk menghindari korban Exodus Spyware.


(FM)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Hati-Hati! Sukses Jangkiti Android, Sekarang Exodus Spyware Rambah Ios"

Posting Komentar