Fungsi Constraint Foreign Key Di Database Mysql



Meneruskan beberapa tutorial sebelumnya yang membahas ihwal constraint di MySQL:

kali ini aku akan membahas fungsi constraint FOREIGN KEY di MySQL. constraint ini berfungsi untuk menghubungkan data antara tabel. Sehingga tabel yang dibentuk tidak terlalu besar jadinya. Pemisahan tabel yang besar menjadi beberapa tabel kecil-kecil yang saling terhubung disebut normalisasi. Tapi disini aku tidak akan membahas ihwal normalisasi. Untuk lebih jelasnya ihwal constraint FOREIGN KEY akan aku jelaskan melalui ilustrasi di bawah:

Misalnya aku punya tabel yang berisi data film beserta lokasi rak penyimpanan dan kategorinya ibarat berikut: 

kemudian sehabis di normalisasi maka akan menjadi 3 tabel yang terlihat ibarat berikut:


bila dihubungkan dengan FOREIGN KEY maka akan terlihat ibarat berikut:

memakai tumpuan FOREIGN KEY maka data yang disimpan di dalam tabel film tersebut akan dihubungkan ke tabel rak dan tabel kategori. Salah satu fungsi FOREIGN KEY ini juga untuk mencegah tabel film tersebut diisi data di luar tumpuan data diluar data yang tersimpan di dalam tabel kategori dan tabel rak.

Sudah lebih terang dengan fungsi constraint FOREIGN KEY ? Pada tutorial selanjutnya akan aku bahas bagaimana mengaplikasikannya ke dalam database MySQL. Terima kasih telah berkunjung.

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Constraint Foreign Key Di Database Mysql"

Posting Komentar