Cara Menghapus Tabel Database Hasil Migrasi Di Laravel 5.3


Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, fungsi fitur migration database yaitu sebagai control version system tabel database di Laravel dan untuk mengelola tabel database. Makara selain sanggup dipakai untuk menciptakan bagan tabel database, maka kita sanggup gunakan untuk menghapus tabel database yang telah di buat. 

Setiap database yang telah kita migrasikan akan tercatat di dalam tabel migrations di dalam database yang sama. Jika kita lihat isi-nya (tabel migrations milik saya) maka akan terlihat ibarat di bawah ini:


dari gambar di atas anda sanggup melihat bahwa melalui fitur migrasi, saya telah menciptakan 7 tabel database (dari nomer id) dengan 5 langkah migrasi (dari kolom batch). 

bila saya melihat memakai perintah query:

 show tables;

maka di dalam database yang saya gunakan akan terlihat ibarat berikut hasilnya:


Selain itu kita juga sanggup melihat hasil migrasi tersebut  dengan dari internal aplikasi laravel ibarat berikut:

 php artisan migrate:status

kesudahannya ibarat yang ditunjukkan di bawah:


perlu anda ketahui bahwa perintah di atas hanya sanggup dijalankan di dalam root folder aplikasi laravel. Hasil perintah tersebut ibarat kan dengan  isi tabel migrations?  

Nha sesuai dengan fungsinya untuk mengelola tabel database, fitur migrasi selain sanggup dipakai untuk memuat dan mengaplikasikan tabel database, juga sanggup berfungsi untuk menghapus hasil migrasi tabel database yang telah diimplementasikan.

Untuk menghapus migrasi terakhir (tabel bendera) saya tinggal menjalankan perintah:

 php artisan migrate:rollback

maka tabel bendera (dengan id 7) akan dihapus dari database ibarat yang terlihat di bawah ini:



itu alasannya yaitu perintah migrate rollback tersebut akan menghapus hasil migrasi terakhir yang saya lakukan. Kalau dilihat di dalam tabel migrations pada database:

bila dilihat dari perintah query SHOW TABLES MySQL, maka tabel bendera akan tidak terlihat lagi:



Selain itu, perintah rollback ini juga sanggup dipakai untuk menghapus beberapa tabel database yang telah dibentuk sekaligus memakai opsi --step sesuai kolom batch, contohnya saya ingin menghapus tabel yang dibentuk 3 kali migrasi sebelumnya, maka saya akan menjalankan perintah:

 php artisan migrate:rollback --step=3


maka kesudahannya tabel bahasa (batch migrasi 4), tabel matauang (batch migrasi 3) dan tabel ibukota (batch migrasi 2). Karena perintah di atas dipakai untuk menghapus 3 langkah terakhir migrasi yang telah dilakukan. Jika saya jalankan lagi perintah:

 php artisan migrate:status

maka kesudahannya ibarat berikut:


bila saya ingin menghapus seluruh tabel yang telah dibentuk dengan fungsi migrasi, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 php artisan migrate:reset

maka seluruh tabel yang telah dimigrasikan akan dihapus dari awal hingga akhir. Berikut hasil perintah tersebut:


dari hasil diatas hanya 3 tabel yang dihapus, itu alasannya yaitu hanya tabel tersebut yang tersisa alasannya yaitu sebelumnya saya telah menghapus tabel tabel yang telah dibentuk di tutorial di atas :-P

Praktis bukan memakai menghapus tabel database dengan fitur migrate rollback di laravel, selamat mencoba ya :-)








Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghapus Tabel Database Hasil Migrasi Di Laravel 5.3"

Posting Komentar