Cara Melihat Hak Kanal User Database Di Mysql


Tahukah anda bahwa setiap user yang dapat masuk ke dalam server MySQL mempunyai hak akses? Hak jalan masuk apa? hak jalan masuk terhadap database menyerupai hak jalan masuk menciptakan database baru, hak jalan masuk melaksanakan perubahan, pembatalan dan lain-lain. Untuk list macam-macam hak akses, anda dapat lihat di tutorial sebelumnya. Lalu bagaimana jikalau aku ingin melihat hak jalan masuk user yang aku gunakan? Berikut langkahnya:

Pertama anda harus masuk dulu ke dalam MySQL dengan perintah di bawah pada terminal di Ubuntu Server, disini aku masuk sebagai root:

 mysql -u root -p

lalu anda dapat menjalankan perintah:

 SHOW GRANTS;

berikut hasilnya:


dari situ anda dapat melihat jikalau aku sebagai user root mempunyai semua hak jalan masuk (GRANT ALL PRIVILEGES IN *.*) ke seluruh database dan GRANT PROXY (saya belum tau apa itu GRANT PROXY).

Oke aku keluar dulu dari user root lalu masuk lagi memakai user paijo dengan menjalankan perintah berkut:

 mysql -u paijo -p

aku jalankan lagi perintah untuk melihat hak akses:

 SHOW GRANTS;

kesudahannya ialah menyerupai berikut:


ternyata user paijo hanya mempunyai hak jalan masuk SELECT (melihat isi database) saja. Praktis bukan melihat hak jalan masuk user di MySQL, silahkan lihat hak jalan masuk user mu sendiri ya :-)
Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melihat Hak Kanal User Database Di Mysql"

Posting Komentar