Sedih Besok Senin? Mending Maksimalkan Harimu Di Hari Minggu!

Besok hari Senin? Teringat segala rutinitas yang akan dijalani seminggu kedepan? Mulai dari sekolah, kuliah, mengajar, atau bahkan kegiatan embel-embel menyerupai ekskul, organisasi atau bahkan les. Huft, membayangkannya saja sudah bikin kita lelah duluan. Ini menciptakan kita pribadi patah semangat, meski gres hari Minggu dan belum memulai semua kegiatan itu.

Ini sering menciptakan kita merasa tidak pernah cukup dengan weekend, terutama hari Minggu. Well, bila kita merasa selalu kurang waktunya. Sebaiknya kita harus dapat menikmati waktu yang dimiliki semaksimal mungkin! Bagaimana caranya? Yuk, coba deh terapkan cara-cara berikut ini:

 

1. Jangan berfokus pada hari esok, be present! 

Hiduplah di ketika ini Hiduplah di ketika ini

Seringkali yang menciptakan kita kurang menikmati hari yaitu pikiran kita sendiri. Kenapa? Karena dapat saja di hari Minggu ini kita sedang berkumpul bersama sobat atau keluarga, tetapi pikiran kita fokusnya ke hari esok. Apapun yang sedang dilakukan kita jadi tidak dapat menikmati momen sepenuhnya, alasannya yaitu pikiran kita berada di waktu yang lain.

Ini semua alasannya yaitu kita terlalu khawatir dengan apa yang akan terjadi, daripada apa yang sedang terjadi. Coba deh, kontrol pikiran kita untuk berfokus dengan apa yang ada di depan mata. Hilangkan semua pikiran mengganggu, biarkan semua itu dipikirkan sesuai jadwalnya masing-masing ya. Dan acara hari Minggu yaitu saatnya untuk bersenang-senang!

Kalau misalkan kau tidak berfokus hari ini maupun esok, apa pikiranmu terlalu fokus pada masa lalu? Hati-hati, jangan hingga terjebak nostalgia ya! Hihi. Ayo move on! :)

 

2. Lakukan hal yang ingin kau lakukan, hari ini! 

Now Jangan ditunda, lakukan lah sekarang!

Mungkin ada saja hal yang ingin kita lakukan dari dulu tapi tidak terealisasi juga. Dan, kita selalu beralasan “tidak punya waktu”. Yaah.. mungkin ada benarnya waktu luang yang kita miliki jadi terbatas alasannya yaitu banyaknya kegiatan yang harus dilakukan. Tapi ketahuilah, setiap orang di dunia ini mempunyai jatah waktu yang sama setiap harinya. Jadi, permasalahan utama bukanlah di jumlah waktunya, melainkan bagaimana kita memanfaatkan waktu.

Untuk weekdays, mungkin kegiatan kita sudah penuh dengan rutinitas atau contohnya hari Sabtu sudah sibuk dengan nongkrong bersama teman, maka hari Minggu yaitu waktu yang sempurna untuk melakukannya! Coba luangkan waktu untuk membaca buku yang sudah menunggu untuk dibaca, movie marathon, atau bahkan sekedar berolahraga. Sekecil apapun perubahan yang dibuat, lakukanlah! Percaya deh lama-kelamaan kita akan merasa lebih senang di hari Minggu.

 

3. Jangan biasakan tunda kiprah atau kerjaan di final pekan 

Sunday Work Jangan pikirkan kiprah maupun kerja

Kadang, yang menciptakan kita sulit untuk menikmati hari Minggu alasannya yaitu ada pikiran mengenai kiprah maupun kerjaan yang belum terselesaikan. Jangan dibiasakan ya! Ini dampaknya akan jelek untuk diri kita, alasannya yaitu di mana pun dan apapun yang kita lakukan masih ada beban pikiran untuk menuntaskan kewajiban tersebut.

Nah, cara untuk menghindarinya kita harus maksimalkan kerjaan kita di weekdays saja ya! Supaya di final minggu, kita tidak akan terus-terusan terbebani pikiran problem kiprah dan kerjaan. Kan, bila semuanya sudah beres kita dapat lebih hening bukan menjalani hari? So, finish your tasks on weekdays!

 

4. Meski libur, tetaplah berdiri di pagi hari! 

Wake Up Mulai hari lebih awal!

Meski godaan untuk berdiri siang di hari libur itu besar, tetapi usahakanlah untuk tetap berdiri pagi ya! Dengan berdiri dari pagi, secara psikologis dapat menawarkan efek perasaan bahwa hari berjalan lebih usang dibanding berdiri siang. Alasannya, alasannya yaitu kita dapat mulai banyak sekali kegiatan lebih awal dan dapat lebih fleksibel untuk melaksanakan hal yang ingin dilakukan.

Coba misalkan bila kita berdiri siang, belum sempat melaksanakan apa-apa, tiba-tiba hari sudah mau gelap saja. Lalu bila sudah gelap, dipikiran kita akan segera berganti hari Senin dan harus cepat istirahat untuk memulai beraktivitas kembali esoknya. Kalau sudah menyerupai ini, malah tidak jadi melaksanakan kegiatan apapun bukan? Jadi, ayo berdiri pagi!

 

5. Treat yourself 

Treat Yourself Beri apresiasi ke diri sendiri

Di weekdays, mungkin kita sudah bekerja keras untuk mencapai cita-cita. Belum lagi menjalankan banyak sekali kewajiban sebagai murid maupun sebagai anak dan berbakti kepada orang tua. Sadarkah bila kita terkadang suka lupa untuk mengapresiasi kerja keras sendiri? Maka dari itu, di hari Minggu ini yuk beri apresiasi diri kita dengan melaksanakan hal yang kita sukai!

Caranya sederhana kok, dapat dengan ‘mentraktir’ diri kita sendiri dengan makanan kesukaan kita atau bila ada tabungan lebih, boleh juga dengan membeli barang yang kita inginkan selama ini. Untuk yang perempuan, mungkin dapat coba sesekali ke salon untuk menyenangkan diri. So, be nice to yourself!

 

Yup, itulah hal-hal yang dapat dilakukan untuk dapat menikmati hari Minggu lebih baik lagi. Kalau kita berhasil menerapkannya, bahkan di hari lainnya pun akan terasa lebih baik pula. Jadi, masihkah kau bersedih besok hari Senin?

Enjoy today, cause it’s Sunday. Be happy! :D

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sedih Besok Senin? Mending Maksimalkan Harimu Di Hari Minggu!"

Posting Komentar