| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMATIK TERPADU |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk
4.3.2 Mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator:
3.2.4 Menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan
4.2.4 Menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru , siswa bisa menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
2. Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru, siswa bisa mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
3. Dengan memakai gambar yang dibentuk sendiri, siswa bisa menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4. Dengan memakai gambar yang dibentuk sendiri, siswa bisa menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø IPS : Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Guru mengajukan pertanyaan: § Apakah kau masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa yang telahkamu pelajari sebelumnya? § Siswa diajak berdiskusi wacana gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka wacana keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya.( Mengamati ) § Siswa memperagakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut.(Mengekplorasi) § Setelah cukup menguasai gerakan, siswa diajak berlatih secara berkelompok dengan iringan musik.Gotong Royong § Setelah selesai berlatih tari, guru menawarkan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan sikap peduli dan menghargai keragaman budaya.Integritas § Setelah berlatih menari, siswa diajak untuk merenungkan bahwa Tuhan membuat budaya yang berbeda biar kita saling mengenal dan saling menghargai. Kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan membuat keselarasan di tengah-tengah perbedaan.(Menganalisa) § Siswa diminta membuat gambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama yang pernah mereka ikuti atau yang pernah mereka saksikan.Mandiri § Siswa menceritakan secara tertulis wacana perayaan hari besar keagamaan yang pernah mereka ikuti atau yang pernah kau lihat di lingkungan tempat tinggalmu berdasarkan gambar yang telah mereka buat. (Mengekplorasi) § Siswa mempresentasikan dan mendiskusikan secara berkelompok dongeng yang telah mereka tulis.Collaboration § Siswa diminta mencari tahu lebih lanjut dan menggali dari aneka macam sumber warta wacana keragaman umat beragama di lingkungan provinsi mereka masing-masing dan bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan. (Mengumpulkan data) § Siswa diminta menuliskan warta yang mereka peroleh pada kertas HVS. § Siswa mempresentasikan warta yang mereka peroleh dalam kelompok. (Mempresentasikan) | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Gambar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa
¡ Lagu Bungong Jeumpa untuk mengiringi tari
¡ Gambar wacana perayaan hari besar keagamaan yang digambar siswa
¡ Kertas HVS
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala (Wawan Setiawan, S.Pd.) NIP. ....................................... | …………, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV (Nadya Nursalma, S.Pd.) NIP. ....................................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menceritakan perayaan hari besar agama
§ Menari tarian tempat Bungong Jeumpa
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | | | | | | | | | | | | |
2 | ................... | | | | | | | | | | | | |
3 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
4 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
5 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Dst | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. IPS
Tulisan dan presentasi wacana keragaman sosial dan budaya (agama) di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Struktur Presentasi | Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut. | Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasik an secara runtut. | Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut. | Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja. |
Tema | Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. | Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. | Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. | Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema. |
Fakta Pendukung | Seluruh fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. | Sebagian besar fakta tentang keragaman agama yang te sanggup di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. | Sebagian kecil fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. | Fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing tidak benar. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1
2. SBdP
Proses pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan
anekdot.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajran 5"
Posting Komentar