Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( RPP )
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)


Satuan Pendidikan       :     SDN 1 srati
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 1                             :     Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1                    :     Keberagaman BudayaBangsaku
Pembelajaran                 :     3
Alokasi Waktu                :     1 Hari  ( sabtu, 21 Juli 2018 )


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.

Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.


IPA
3.6 Memahami sifat-sifat suara dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan wacana sifat-sifat bunyi.

Indikator:
3.6.2 Menjelaskan sifat-sifat suara merambat
4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan wacana sifat-sifat suara merambat.

C.     TUJUAN PEMBALAJARAN
1.    Setelah percobaan, siswa bisa menjelaskan sifat-sifat suara merambat dengan lengkap.
2.    Setelah percobaan, siswa bisa menyajikan laporan wacana sifat-sifat suara merambat dengan sistematis.
3.    Setelah membaca teks wacana “Membantu Sesama”, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4.    Setelah membaca teks wacana “Membantu Sesama”, siswa bisa menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

v   Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan IPA  :  Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.
¡   Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.Integritas

10 menit
Inti
§  Siswa diingatkan kembali wacana Keragaman Budaya Indonesia, salah satunya yaitu keragaman permainan tradisional.Communication
§  Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan wacana jenis permainan tradisional yang mereka ketahui kepada sobat disebelahnya. (Mengekplorasi)Gotong Royong
§  Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.Collaboration
§  Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya wacana keragaman alat musik tradisional Indonesia.
§  Guru mengajukan pertanyaan sebagi aktivitas pembuka. (Menanya)
-       Bagaimana suara sanggup hingga ke indera pendengaran kita?
§  Siswa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan 3 jenis alat musik tradisional tempat yang mereka sukai. Setiap kelompok akan melaksanakan 3 jenispercobaan yang berbeda wacana sifatbunyi merambat.Collaboration
§  Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi menciptakan pertanyaan wacana sifat suara merambat. (Mengkomunikasikan)Critical Thinking and Problem Solving
§  Setiap kelompok memberikan pertanyaan hasil diskusi di depan kelas.
§  Siswa dalam kelompok kemudian melaksanakan tiga jenis percobaan secara bergantian wacana sifat suara merambat berdasarkan isyarat yang adadi buku.Creativity and Innovation
§  Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil percobaan.
§  Siswa masih dalam kelompok yang sama berdiskusi menjawab pertanyaanyang ada di buku berdasarkan hasil percobaan.
§  Guru memperlihatkan penguatan wacana sifat suara merambat.
§  Siswa diingatkan kembali wacana gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
§  Siswa membaca kembali teks berjudul “Sigap Membantu Sesama” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati)
§  Siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia.
§  Siswa mendiskusikan peta pikiran bersama sobat dan guru.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Untuk percobaan IPA
- Selang plastik, gelas plastik, benang kasur, paku
- Ember besar, Air, Batu kora, Corong kecil


Mengetahui
Kepala SDN 5 Rajamandala




)
NIP. .......................................
…………, 17 Juli 2018
Guru Kelas IV





NIP. .......................................








Lampiran 1
F.      MATERI
  • Hasil percobaan wacana sifat-sifat suara merambat
  • Menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
IPA
Sifat Bunyi Merambat
Bunyi merupakan gelombang yang perambatan arahnya sejajar dengan arah getarnya. Bunyi sanggup terdengar kalau memenuhi syarat berikut.
1. Ada sumber bunyi
2. Ada media penghantar
3. Ada pendengar
Bunyi yang berasal dari sumber suara hingga kepada pendengar dengan cara merambat. Bunyi sanggup merambat melalui media perantara: udara, zat cair, dan benda padat. Bunyi tidak sanggup merambat tanpa adanya media perantara.
Bunyi yang merambat melalui benda padat dan zat cair akan terdengar lebih terperinci dibandingkan suara yang merambat melalui udara.






















Lampiran 2
H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. IPA
a. Laporan hasil percobaan wacana sifat-sifat suara merambat dinilai
menggunakan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Sifat-sifat bunyi
Merambat
Menjelaskan
semua sifat
bunyi merambat
berdasarkan
hasil percobaan
dengan benar.
Menjelaskan
sebagian besar
sifat bunyi
merambat
berdasarkan
hasil percobaan
dengan benar.
Menjelaskan
sebagian kecil
sifat bunyi
merambat
berdasarkan
hasil percobaan
dengan benar.

Belum dapat
menjelaskan
sifat-sifat bunyi
merambat.
Laporan
pengamatan
tentang sifat
bunyi merambat
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang sifat
bunyi merambat
berdasarkan
hasil percobaan
dengan
sistematis.
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang sebagian
besar sifat
bunyi merambat
berdasarkan hasil
percobaan cukup
sistematis.

Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang sebagian
kecil sifat bunyi
merambat
berdasarkan hasil
percobaan kurang
sistematis.
Belum dapat
menyajikan
laporan
pengamatan
tentang sifat
bunyi merambat
berdasarkan hasil
percobaan.
Sikap Rasa Ingin
Tahu dan Berfikir
Kritis
Tampak antusias
dan mengajukan
banyak inspirasi dan
pertanyaan
selama kegiatan.
Tampak cukup
antusias dan
terkadang
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan.
Tampak kurang
antusias
dan tidak
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan.
Tidak tampak
antusias
dan perlu
dimotivasi untuk
mengajukan ide
dan pertanyaan.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.

b. Percobaan IPA dinilai memakai rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
yang sedang
dipelajari
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman inti
dari konsep tidak
jelas.
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman inti
dari konsep yang
dipelajari.
Komunikasi
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas,
obyektif dengan
didukung data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas,
namun hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa
data penunjang.
Prosedur dan
Strategi
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis dan
strategi yang
digunakan
membuat
percobaan
berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis,
namun masih
membutuhkan
bimbingan dalam
menemukan
strategi agar
percobaan
berhasi.
Sebagian besar
data dicatat,
langkah kegiatan
dan strategi
dilakukan secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru.
Sebagian kecil
data dicatat,
langkah kegiatan
tidak sistematis
dan strategi
yang dipilih tidak
tepat.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
3. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap
paragraf dinilai memakai rubrik
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Gagasan pokok
Menemukan
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Menemukan
sebagian besar
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Menemukan
sebagian kecil
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Belum dapat
menemukan
gagsan pokok.
Gagasan
Pendukung
Menemukan
gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar.
Menemukan
sebagian
besar gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar.
Menemukan
sebagian
kecil gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar.
Belum dapat
menemukan
gagsan
pendukung.
Penyajian
gagasan pokok
dan gagasan
pendukukung
dalam peta
pikiran.
Menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Menyajikan
sebagian besar
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Menyajikan
sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Belum dapat
menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran.
Sikap: Mandiri
Tugas
diselesaikan
dengan sanggup bangun diatas kaki sendiri .
Sebagian
besar tugas
diselesaikan
dengan mandiri.
Tugas
diselesaikan
dengan motivasi
dan bimbingan
guru.
Belum dapat
menyelesaikan
tugas meski
telah diberikan
motivasi dan
bimbingan.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.

Pengayaan
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup memainkan ansambel suara yang telah
mereka kreasikan pada pembelajaran sebelumnya, kepada kelas lain.
Remedial
• Siswa yang belum memahami sifat suara merambat akan mengulang percobaan dengan pendampingan. Siswa sanggup dibantu oleh siswa lain yang telah menguasai konsep tersebut.





Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 3"

Posting Komentar