Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
TEMATIK TERPADU
KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :     SDN 1 Srati
Kelas / Semester          :     IV (Empat) / 1
Tema 1                            :     Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1                   :     KeberagamanBudayaBangsaku
Pembelajaran                :     4
Waktu                              :    Senin 23 Juli 2018
Alokasi Waktu               :     1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca.
4.1.1 Menyusun gagasan pokok dan gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan.

PPKn
1.   Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
1.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.   Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.


Indikator:
3.4.2 Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
4.4.2 Menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Setelah membaca teks, siswa bisa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.
2.    Setelah membaca teks, siswa bisa menyusun gagasan pokok dan gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi kerangka goresan pena dengan sistematis.
3.    Setelah melaksanakan demontrasi, siswa bisa menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.
4.    Setelah berdiskusi, siswa bisa menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan dengan benar.


v   Karakter siswa yang diperlukan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn  :  Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
§  Guru memperlihatkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing.Religius
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan menilik kerapihan pakaian, posisi dan daerah duduk diadaptasi dengan aktivitas pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu perihal ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas
§  Guru memberikan tahapan aktivitas yang mencakup aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Guru membawa kain-kain tradisional yang memiliki pola segi banyak. Jika tidak ada, guru bisa membawa gambar-gambar kain tradisional. Guru memberikan bahwa Indonesia kaya akan budaya termasuk kain-kain tradisional. Kekayaan budaya tersebut yakni identitas bangsa.Setiap warga negara harus besar hati dengan keberagaman yang ada. Sebagai generasi penerus, siswa harus meneruskan budaya yang ada.Communication
§  Siswa mengamati gambar kain tradisional yang ada di buku siswa. Siswa mengidentifikasi bentuk segi banyak yang ada di buku siswa. Siswa menuliskan kesannya di kolom yang disediakan di buku siswa. (Mengamati)
§  Siswa membaca teks Tari Kipas Pakarena yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks tersebut dengan membaca senyap. (Mengamati)Literasi
§  Setelah membaca siswa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks. Guru memperlihatkan bimbingan kepada siswa untuk membaca teks dengan berlahan. Guru bisamemberikan pertanyaan-pertanyaan berikut utuk membantu membimbing siswa. (Menanya)
-       Apa yang dibicarakan di paragraf 1?
-       Apa inti dari paragraf 1?
§  Siswa mengisi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari diagram yangada di buku siswa.Mandiri
§  Setelah selesai, siswa saling menukarjawaban dengan temannya.
§  Salah satu siswa maju ke depan untukmenjawab gagasan pokok dan gagasan pendung tiap paragraf.
§  Setelah siswa selesai, guru membahas dan memastikan bahwa setiapsiswa paham.
§  Siswa membaca teks dan melaksanakan simulasi perihal makna persatuan dan kesatuan pada buku siswa. (Mengamati)Literasi
§  Guru membawa sapu lidi ke dalam kelas untuk membantu siswa memahami konsep makna bersatu dengan mengacu pada buku siswa.Communication
§  Guru meminta siswa mengamati apa yang terjadi.Selanjutnya, guru meminta siswa menyapu sampah kertas tersebut memakai sapu lidi, kemudian bertanya kepada siswa, apa perbedaan yang kalian lihat?(Mengamati)
§  Guru memandu siswa untuk menyimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memberi manfaat sebagai berikut. (Mengkomunikasikan)
§  Bersatu menciptakan sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi kuat.
§  Bersatu dan bekerja sama sanggup memudahkan dan mempercepat pekerjaan.
§  Secara individu siswa mengidentifikasi sikap-sikap yang memperlihatkan persatuan dan kesatuan. Siswa menuliskan kesannya pada tabel.Integritas


150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Sapu lidi.

Mengetahui
Kepala SDN 1 Srati



__________________________                        
         
            Srati, 23 Juli 2018
Guru Kelas IV



________________________ 


















F.      MATERI
§   Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks
§   Mendemostrasikan pentingnya persatuan dan kesatuan

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

MATERI
BAHASA INDONESIA
Tari Kipas Pakarena
 menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya RPP Kurikulum 2013 KELAS 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 4
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dariGowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalanganmasyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negerikhayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon,sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepadapenghuni Lino cara menjalani hidup, menyerupai bercocok tanam, beternak,dan berburu.
Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari KipasPakarena, menyerupai gerakan berputar searah jarum jam, melambangkansiklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan rodakehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Caramenari yang lembut mencerminkan abjad wanita Gowa yangsopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari inimengungkapkan rasa syukur.

PKN
Diskusikan hasilmu dengan dengan temanmu.
Seperti yang telah kau ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengankeberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Disekolah, kau memiliki teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu
mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yangada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabiladilandasi oleh persatuan dan kesatuan.
 menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya RPP Kurikulum 2013 KELAS 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 4Apa bahu-membahu makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan aktivitas berikut.
•• Ambil sebuah sapu lidi.
•• Cabut sebuah lidi dari sapu tersebut dan patahkan.
•• Ambil seluruh lidi pada sapu tersebut danpatahkan
pada ketika bersamaan

H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
JUNIASTI EKA P












2
M. SANI JAUFA LAILAN












3
MUHAMMAD ABDUL F












4
YAHYA TSANI












5
AGRA SOLEH S












6
AHMAD IRFAN KH












7
ATIQOH UMMU  S












8
KHOERUL MANKHOFA












9
LATIFATUM MARDIANA












10
MINDIA APRILIANI












11
NAUFAL AHNAF ZAKI












12
NUR DEWI PUTRI ANDINI












13
SFA KHANIFATUN N












14
TEFA ARLIZA












15
YOGI FERDIANSYAH













Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. Bahasa Indonesia: Gagasan Pokok
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mengidentifi kasi
gagasan pokok
Mengidentifikasi
gagasan pokok
dari 4 paragraf
dengan benar.
Mengidentifikasi
gagasan pokok
dari 3 paragraf
dengan benar.
Mengidentifikasi
gagasan pokok
dari 2 paragraf
dengan benar.

Mengidentifikasi
gagasan pokok
dari 1 paragraf
dengan benar.
Mengidentifikasi
Gagasan
Pendukung
Mengidentifikasi
gagasan
pendukung dari 4
paragraf dengan
benar.
Mengidentifikasi
gagasan
pendukung dari 3
paragraf dengan
benar.
Mengidentifikasi
gagasan
pendukung dari 2
paragraf dengan
benar.

Mengidentifikasi
gagasan
pendukung dari 1
paragraf dengan
benar.
Mengkomuni
kasikan
Menuliskan
secara sistematis,
mudah
dipahami, dan
menggunakan
bahasa baku.
Memenuhi 2 dari
3 kriteria yang
diharapkan.
Memenuhi 1 dari
3 kriteria yang
diharapkan.
Belum memenuhi
kriteria yang
diharapkan.


2. PPKn
Kriteria
ya
tidak
Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam
keberagaman.


Menemukan 3 pola sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
di lingkungan.



3. Diskusi: Pada ketika diskusi persatuan dan kesatuan
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara, namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, dan
perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun terkadang
merespon kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.




Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 4"

Posting Komentar