Mau Mencicipi Pengalaman Pertukaran Pelajar? Coba Ikuti 7 Aktivitas Ini!

Mau mencicipi serunya merantau? Konon, dari pengalaman merantau kau bisa mendapat banyak sekali pelajaran berharga. Kamu juga akan menjalani kegiatan seru yang berbeda dari kegiatan ketika ini. Nah, ada banyak sekali macam acara pertukaran pelajar yang memungkinkan kau untuk keluar dari zona nyaman dan mencicipi kehidupan yang baru. Persyaratan untuk berpartisipasi dalam acara tersebut berbeda satu sama lainnya. Kalau kau rajin browsing dan mencari informasi, bukan mustahil kamu menemukan acara yang sempurna untukmu. Simak selengkapnya di sini!

YFU Indonesia Intercultural Exchange Programs

pertukaran pelajar Peserta acara YFU. (Sumber: kawankumagz.com)

YFU merupakan kependekan dari Youth For Understanding. Organisasi YFU telah bangkit semenjak tahun 1951. Program yang ditawarkan oleh organisasi ini ada tiga macam. Pertama, yaitu Program Year (PY) yang dikhususkan untuk sampaumur berusia 15-17 tahun. Durasi dari PY ialah satu tahun. Jadi, selama satu tahun kau akan tinggal di negara lain dan menjalani kehidupan selayaknya penduduk lokal.

Lalu, acara keduanya berjulukan Community College Program (CCP). Program ini cocok untuk kau yang gres saja lulus Sekolah Menengan Atas dan ingin mencicipi kuliah di luar negeri. Pasalnya, kau akan berkuliah di sebuah Community College di Amerika Serikat selama dua tahun. Terakhir, ada Summer Program yang berlangsung selama empat minggu. Kamu akan tinggal di rumah penduduk lokal dan mengikuti kegiatan sehari-hari mereka selama trend panas. Seru, kan?

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

pertukaran pelajar Peserta acara PPAN. (Sumber: makassar.tribunnews.com)

Program PPAN diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Terdapat enam destinasi berbeda yang bisa kau pilih, yaitu Australia, Malaysia, Korea Selatan, Tiongkok, India, dan Jepang. Untuk bisa mengikuti acara ini, setidaknya kau duduk di dingklik SMA. Selain itu, persyaratan lainnya ialah kau harus pernah berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan masyarakat. Dengan mengikuti acara ini, kau dibutuhkan bisa mempelajari budaya negara lain dan memperluas persahabatanmu.

AFS Intercultural Program

pertukaran pelajar Program AFS. (Sumber: buildingpeace.org)

Program pertukaran pelajar selama satu tahun ini diperuntukkan khusus bagi siswa kelas 1 SMA. Kamu bisa menentukan ke negara mana kau ingin ditempatkan. Proses registrasi dan seleksi untuk acara AFS dimulai di sekitar bulan Maret setiap tahunnya. Pastinya banyak pengalaman menarik yang akan kau dapatkan kalau berhasil lolos seleksi dan berangkat sekolah ke luar negeri. Di sana kau akan tinggal di rumah penduduk lokal dan mereka akan menjadi keluarga barumu. Najwa Shihab dan Anies Baswedan merupakan alumni dari acara ini, lho.

Rotary Youth Exchange

pertukaran pelajar Peserta acara Rotary International. (Sumber: youthexchange.net.au)

Sebelum mengikuti acara Rotary International, kau sebelumnya harus bergabung dulu menjadi anggota organisasi tersebut. Rotary Youth Exchange diperuntukkan bagi sampaumur berusia 15-19 tahun. Akan ada seleksi berupa wawancara untuk bisa mengikuti acara ini. Selain acara yang berdurasi beberapa hari atau beberapa minggu, ada juga acara yang berlangsung selama satu tahun.

Sabang Merauke

pertukaran pelajar Adik dan kakak asuh Sabang Merauke. (Sumber: republika.co.id)

Berbeda dari acara lainnya, Sabang Merauke memperlihatkan acara pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia. Siswa yang sanggup berpartisipasi dalam acara ini harus masih duduk di dingklik Sekolah Menengah Pertama kelas VIII dan IX. Aktivitas ini akan berlangsung ketika liburan sekolah. Jadi, dijamin kegiatan akademik siswa tidak akan terganggu. Dengan mengikuti acara ini, kau bisa semakin mengenal budaya Indonesia dan menambah teman. Bagi kau yang sudah menjadi mahasiswa, kau bisa mendaftar acara ini sebagai relawan dan mentor.

AMINEF Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD)

pertukaran pelajar Program AMINEF. (Sumber: indonesiamengglobal.com)

Pada acara ini, mahasiswa di Indonesia sanggup berkuliah selama satu semester di Amerika Serikat. Kamu harus berusia 18 tahun atau lebih sebagai salah satu persyaratannya. Kamu juga harus sudah mempunyai nilai TOEFL ITP minimal 500. Nantinya, kau akan tinggal di fasilitas kampus bersama dengan mahasiswa lainnya. Kamu juga diwajibkan untuk mengikuti acara kemasyarakatan selama 20 jam. Saat ini acara Global UGRAD sedang membuka pendaftarannya, lho, hingga tanggal 31 Desember nanti. Jika kau berminat, ayo segera mendaftar!

KL-YES Program

pertukaran pelajar Program KL-YES. (Sumber: yes.abroad.org)

Program KL-YES dikhususkan bagi siswa Sekolah Menengan Atas yang ingin mencicipi tinggal di Amerika Serikat dan bersekolah di sana selama satu tahun. Tujuan dari acara Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study ini ialah menjembatani pemahaman antara masyarakat dari negara dengan populasi muslim yang mayoritas dengan masyarakat Amerika Serikat. Hal yang menarik dari acara ini ialah diberikannya kesempatan bagi siswa difabel (tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, dan tuna daksa) untuk turut berpartisipasi. Keren banget, kan?

Bagi kau yang berminat untuk mengikuti acara pertukaran pelajar, jangan lupa persiapkan dirimu sebaik-baiknya ya. Buat alasan yang besar lengan berkuasa kenapa kau ingin berpartisipasi dan kenapa kau layak untuk diterima dalam acara tersebut. Selain itu, ada beberapa kriteria yang harus kau penuhi supaya sanggup lolos seleksi acara pertukaran pelajar. Di antaranya ialah percaya diri dan kemampuan memimpin. Kamu juga harus memperlihatkan bahwa kau ialah sampaumur yang sanggup bangkit diatas kaki sendiri ya, RG Squad. Apa sih yang menciptakan kau ingin mengikuti acara pertukaran pelajar? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu. Semangat! 

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Mencicipi Pengalaman Pertukaran Pelajar? Coba Ikuti 7 Aktivitas Ini!"

Posting Komentar