Cara Melihat Lokasi Harddisk Gres Yang Ditambahkan Di Ubuntu Server


Kita semua pernah menambahkan atau device gres bukan? Ini pengalaman aku baru-baru ini. Suatu kali aku mencoba menambahkan harddisk gres di dalam Ubuntu Server. 

Kemudian aku bertanya-tanya perihal cara mendeteksi harddisk yang gres aku pasang tersebut di system apakah berada di /dev/sda, dev/sdb atau /dev/sdc? 

Fungsinya ialah supaya aku sanggup melaksanakan mounting atau menciptakan partisi gres di harddisk tersebut sesuai lokasinya. 

Setelah aku browsing-browsing, ternyata caranya sangatlah mudah, aku cukup menjalankan perintah di bawah ini:

 sudo lshw -C disk

berikut tampilannya dikala aku menjalankan perintah tersebut sebelum harddisk gres aku pasang:


disitu anda melihat bahwa hanya ada satu harddisk yang berlokasi di /dev/sda dengan besaran 500GB. 

Untuk menambah harddisk gres langkah selanjutnya ialah server aku matikan kemudian aku pasang harddisk baru, server dihidupkan lagi kemudian aku menjalankan perintah yang sama:

 sudo lshw -C disk

ternyata balasannya sedikit berbeda dengan sebelumnya dikala harddisk gres terdeteksi oleh system, menyerupai yang terlihat di gambar bawah ini:


Jika diperhatikan dari gambar di atas terlihat bahwa telah terdeteksi dua buah harddisk yang berlokasi di /dev/sda sebesar 14TB (harddisk baru) dan yang berlokasi di /dev/sdb sebesar 500GB (harddisk lama). Dengan mengetahui harddisk mana yang akan aku kelola (format, delete, create), aku meminimalisir salah sanksi dikala melaksanakan format pada harddisk yang akan dikelola.

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melihat Lokasi Harddisk Gres Yang Ditambahkan Di Ubuntu Server"

Posting Komentar