Cara Melihat Konfigurasi Iptables Firewall Di Ubuntu Server


Jika sebelumnya saya telah melaksanakan satu konfigurasi firewall dengan iptables, maka bagaimana saya melihat seluruh konfigurasi yang telah saya lakukan. Saya cukup menjalankan perintah berikut:

 sudo iptables -L

maka dari perintah tersebut akan tertampil konfigurasi firewall iptables dari tabel FILTER. Tabel iptables ada berapa sih? Secara default, tabel firewall iptables ada 3 buah adalah tabel:
  • Filter
  • NAT
  • Mangle

sedangkan untuk melaksanakan konfigurasi firewall biasanya saya memakai tabel filter yang berkhasiat untuk menyaring trafik-trafik yang masuk dan keluar atau melewati firewall.

Hasil dari perintah:

 sudo iptables -L

menyerupai berikut tampilannya:


dari situ anda dapat di dalam tabel FILTER ada beberapa tabel adalah tabel INPUT, tabel FORWARD dan tabel OUTPUT.


Konfigurasi untuk mengeblok ping dari alamat 192.168.0.1 terlihat disana (di tabel INPUT) yang saya tulis dari artikel sebelumnya.

Kemudian saya coba menambahkan konfigurasi firewall lagi untuk mengeblok komunikasi ping dari alamat IP 192.168.0.10, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo iptables -A INPUT -p ICMP -s 192.168.0.10 -j DROP

kalau dilihat di tabel FILTER dengan perintah:

 sudo iptables -L

maka akibatnya menyerupai berikut:


terlihat bukan penambahankonfigurasi firewall di tabel filter bab INPUT?

Nha kalau cara untuk melihat konfigurasi firewall di tabel nat dan tabel mangle bagaimana? Anda tinggal menjalankan perintah:

 sudo iptables -L -t nat

untuk melihat konfigurasi firewall table NAT, berikut hasilnya:


dan untuk melihat tabel mangle saya cukup menjalankan perintah:

 sudo iptables -L -t nat

maka akibatnya menyerupai berikut:


Praktis bukan, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung



Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melihat Konfigurasi Iptables Firewall Di Ubuntu Server"

Posting Komentar