Cara Blok Ping Dari Alamat Ip Dengan Iptables Di Ubuntu Server


Apakah anda tahu, bahwa secara default server-server linux sudah mempunyai aplikasi firewall yang terinstall secara default di dalamnya. Aplikasi itu berjulukan iptables. Pada tutorial ini, aku ingin melaksanakan konfigurasi sederhana dari iptables yang akan aku manfaatkan untuk mengeblok komunikasi ping dari salah satu alamat IP, contohnya aku ingin server aku yang beralamat di 192.168.0.254 tidak sanggup di ping dari alamat 192.168.0.1 maka aku tinggal menjalankan perintah:

 sudo iptables -A INPUT -s 192.168.0.1 -p icmp -j DROP

klarifikasi dari perintah di atas ialah sebagai berikut:

-A INPUT dipakai untuk menambah perintah di tabel INPUT
-s 192.168.0.1 dipakai untuk menyatakan sumber komunikasi
-p ICMP -j DROP menyatakan bahwa komunikasi dari sumber 192.168.0.1 yang memakai protocol ICMP akan di jatuhkan/dibuang.

untuk melihat hasil sebelum dan setelah menjalankan perintah tersebut adalah:

 ping 192.168.0.254

hasilnya:


dari gambar di atas, aku masih sanggup melaksanakan ping ke server 192.168.0.254, lalu aku jalankan perintah:

 sudo iptables -A INPUT -s 192.168.0.1 -p icmp -j DROP

maka dikala aku melaksanakan ping lagi, maka hasilnya:


maka dari hasil di atas terlihat bahwa server 192.168.0.254 sudah tidak sanggup di ping dari alamat 192.168.0.1. Praktis bukan melaksanakan konfigurasi firewall untuk mengeblok trafik ping. Selamat mencoba ya
Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Blok Ping Dari Alamat Ip Dengan Iptables Di Ubuntu Server"

Posting Komentar