√ Cara Ampuh Menciptakan Puisi Bahasa Inggris Keren

                Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris? Berikut ini 11 Cara ampuh dan simpel sebagai ilham untuk menghasilkan sebuah karya yang melegenda. Menulis puisi dalam Bahasa Inggris itu mudah banget. Asalkan kau punya kemauan yang tinggi, segala rintangan niscaya sanggup ditaklukkan. Apalagi hanya merangkai kata-kata mirip seorang pujangga. Pakai bahasa Inggris lagi. Ah, gampang!
Siapa yang oke dengan pendapat itu???
Bagi yang merasa bahasa Inggris itu mudah, mungkin akan oke dengan komentar di atas. Namun bagi yang terlanjur membenci pelajaran bahasa Inggris, nggak bakal deh ngacungin jempol dengan komentar tersebut.
Di pihak manapun kau berada, yang terperinci aktivitas membuat puisi bahasa Inggris bisa jadi salah satu cara ampuh menguasai bahasa Inggris. Mengapa? Ya sebab kau berguru merangkai kosakata bahasa Inggris menjadi penuh makna. Apalagi kalau kau tahu cara-cara mudah menghasilakn sebuah puisi, ini akan sangat membantu.
Sebelum kita menuju ke cara ampuh tersebut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu puisi. Walaupun sudah banyak yang telah mengetahuinya, ayo kita intip makna poem atau poetry dalam Bahasa Inggris.
Menurut poetry.org, Poetry berasal dari Bahasa Yunani Kuno (Ancient Greek) yaitu “Poieo” yang mempunyai makna I create alias “Saya Menciptakan”. Sehingga sanggup dikatakan bahwa puisi ialah karya yang diciptakan oleh seseorang, bukan hasil kopas alias copy paste.
Sebelum membuat sebuah karya yang disebut puisi, ayo kita liat makna kata “poem” berikut ini.
A piece of writing in which the words are arranged in seperate lines, often ending in rhyme, and are chosen for their sound and for the images and ideas. (Sumber: dictionary.cambridge.org)
Kira-kira artinya mirip ini: Sebuah karya bertuliskan kata-kata yang diatur dalam beberapa baris, seringkali diakhiri dalam rima yang dipilih sedemikian rupa untuk menyuarakan hati, gambar dan ide mereka.
Jadi, puisi ialah letupan perasaan dalam baris kata-kata yang mempunyai rima sehingga indah dibaca. Biar lebih afdol, kita intip sekilas wacana puisi dalam bahasa Indonesia. Ada 2 jenis yaitu: Puisi Lama dan Puisi Baru.

Puisi Lama

Puisi Lama terikat dengan aturan-aturan mirip jumlah kata dalam 1 baris, jumlah baris dalam 1 bait, rima atau persajakan, irama dan banyaknya suku kata tiap baris.
Pengen tahun jenis-jenis puisi lama? Kita lihat daftarnya berikut ini yuk.
  1. Mantra, yaitu ucapan yang (dianggap) mempunyai kekuatan gaib,
  2. Pantun, bersajak abab, yang ada sampiran dan isi,
  3. Karmina atau pantun pendek,
  4. Seloka atau pantun berkait,
  5. Gurindam atau nasehat,
  6. Syair (bersumber dari Arab),
  7. Talibun atau pantun genap.

Puisi Baru

Puisi Baru tidak terlalu terikat dengan aturan-aturan mirip puisi lama, sifatnya lebih bebas tidak terikat dengan jumlah suku kata, kata, dan baris. Nah, jenis-jenis puisi gres adalah:
  1. Balada, yang berisi cerita,
  2. Himme adalah untuk pujaan Tuhan, tanah air dan pahlawan,
  3. Ode ialah sanjungan untuk orang berjasa,
  4. Epigram, yang berisi tuntunan dan pemikiran hidup,
  5. Romans yaitu dari ungkapan perasaan,
  6. Elegi ialah jenis yang menuangkan kesedihan,
  7. Satire ialah jenis yang dipakai untuk menyindir sebab berisi sindiran,
Setelah mengetahui makna puisi dan jenis-jenisnya, apakah kau sudah siap untuk membuat sebuah puisi dalam Bahasa Inggris?
Eits, sebelum nulis, kau wajib baca 11 tips berikut sehingga menemukan cara mudah membuat puisi Bahasa Inggris keren.

1. Tentukan tema yang sesuai dengan perasaan dan pengetahuanmu. Jangan ikut-ikutan teman.

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Kamu pengen bikin puisi wacana apa? Itu pertanyaan pertama yang harus nongol di kepala sebelum bikin puisi dalam bahasa Inggris.
Bingung pilih tema apa??? Ah, gampang. Pilih ajah yang kau suka dan hal yang paling bersahabat denganmu. Misalnya tema keluarga, pendidikan, kepahlawanan, lingkungan, tanaman, hewan, alam semesta, sains, teknologi, ekonomi, sosial, budaya dan politik.
Jika kau harus menentukan salah satu tema yang telah tersedia, carilah tema yang bersahabat denganmu, dalam artian kau mempunyai pengetahuan wacana tema tersebut. Sekali pilih, kau harus komit. Jangan hingga gonta-ganti tema ya. Dengan kata lain, kau mesti setia pada satu tema.
Yang paling menyenangkan ialah ketika kau diberikan kebebasan untuk menentukan tema yang kau suka. Yap, menyenangkan, tapi seringkali bikin kau kebingungan untuk menentukan tema yang terbaik.
Sebenarnya, semua tema ialah tema terbaik, yang penting kau menguasai tema tersebut atau mempunyai pengetahuan yang cukup wacana tema tersebut. Misalnya tema keluarga, kau bisa membuat puisi wacana ayah, ibu, kakek, nenek, saudara wanita atau saudara laki-laki. Intinya, pilihlah tema yang bersahabat denganmu.
Keluarga juga bisa menjadi tema dalam membuat sebuah pola descriptive text. Kamu bisa melihat contohnya dalam artikel ini: 6 Contoh Descriptive Text wacana Seseorang Tercinta dalam Keluarga

2. Sebelum membuat puisi bahasa Inggris, cari kawasan yang menginspirasi sehingga kata-kata indah mengalir mirip air.

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Tempat yang menginspirasi ialah kriteria kawasan yang paling sempurna untuk meluapkan perasaan dalam bentuk kata-kata indah nan bermakna. Tempat yang menginspirasi tidak selalu kawasan yang tenang, jauh dari keramaian (namun bukan di kuburan ya…hehehe).
Misalnya kau ingin menulis puisi wacana pasar. Tempat yang menginspirasi tentu saja ialah pasar, ketika pasar sedang ramai. Dengan melihat kemudian lalang orang-orang, aktivitas jual beli, bawah umur yang juga ikut berjualan di pasar, semua itu sanggup menginspirasimu untuk menuangkan goresan pena yang berbentuk puisi.
Atau dikala membuat puisi Bahasa Inggris wacana cinta, carilah kawasan romantis yang bisa menginspirasi contohnya kawasan pertama kali bertemu pacar. Jadi, carilah kawasan menginspirasi yang sesuai dengan tema puisi yang telah kau tentukan sebelumnya.

3. Selalu ada cara kalau kau mencarinya. Ciptakan suasana sesuai dengan tema puisi bahasa Inggris yang kau pilih.

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Pengen nulis puisi wacana Yogyakarta, masak harus ke Jogja dulu??? Nggak juga koq. Kamu bisa mengakalinya dengan membuat suasana yang menginspirasi.
Misalnya kau ingin menulis puisi dalam Bahasa Inggris wacana kampung halamanmu di Bali. Namun, kau nggak bisa bepergian dalam waktu dekat. Apa yang harus dilakukan? Membayangkan saja tentu nggak cukup.
Nah, kau sanggup menyetel musik-musik Bali yang akan membawa pikiranmu melayang ke pulau tersebut. Kamu juga bisa menonton video youtube yang membahas wacana Bali dan budayanya.
Dengan membuat suasana yang sesuai dengan kawasan yang hendak kau tulis, itu akan membantu kata-kata mengalir bagai air. So, ciptakan suasana yang mendukung tema puisi yang kau ambil.

4. Bawa buku sakti yaitu kamus bahasa Inggris untuk menyelamatkanmu dari kegundahan arti sebuah kata.

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Yap, kau perlu membawa buku sakti ini, kamus bahasa Inggris dikala membuat puisi bahasa Inggris. Duh, koq ribet ya??? Bagi kau yang punya gadget canggih, kau bisa manfaatkan teknologi dengan instal aplikasi kamus bahasa Inggris di gadgetmu.
Dengan aplikasi itu, kau nggak perlu repot bawa kamus bahasa Inggris yang tebal dan berat. Semua mudah dengan tejknologi. Tapi ingat, kau harus membatasi diri bermedia sosial dikala fokus menulis puisi. Jangan hingga tergiur buat status, upload foto atau komentar di media sosial. Jika enggak, puisi bahasa Inggrismu hanya tertulis di kepala saja.
Tapi kemampuan bahasa Inggrisku udah OKE, jadi nggak perlu kamus bahasa Inggris. Ah, niscaya ada gunanya deh bawa kamus, entah dalam bentuk fisik ataupun digital.
Ada saatnya nanti kau akan berterimakasih dirimu dikarenakan telah membawa kamus bahasa Inggris. Saat kau membutuhkan arti sebuah kata atau ketika hendak menerjemahkan sebuah kata indah, kamus Bahasa Inggris tersebut akan menjadi penolong dan alat yang ampuh untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu.

5. Baca beberapa puisi bahasa Inggris setema karya orang lain. Inspirasi bisa tiba dari mana saja.

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Duh, nggak ada ide nih mau mulai nulis dari mana…
Di dikala kehabisan ide kayak gini, kau perlu mencoba satu taktik yang dijamin ampuh untuk mengalirkan ide. Ambil gadgetmu dan browsing puisi bahasa Inggris yang sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.
Membaca puisi karya orang lain akan mengaktifkan otakmu untuk mencari ide kata-kata yang indah. Dengan membaca karya yang senada dengan temamu akan membuatmu terinspirasi untuk menulis karya sejenis, namun bukan hasil copy paste atau jiplakan. Ingat asal kata “poem” yang berarti “I create” atau Saya Menciptakan.
Jika kau menjiplak karya orang atau bukan kau yang menciptakan, kau telah mengingkari hakikat atau makna dari sebuah puisi atau “poem”. Selain itu, hasil jiplakan tentu saja hanya memperlihatkan beban, bukan kebanggaan, sebab kau harus mempertanggungjawabkannya. Jadi, baca beberapa puisi dalam Bahasa Inggris terkait hanya untuk mencari inspirasi.

6. Saat membuat puisi bahasa Inggris, ada baiknya mengadopsi beberapa kata-kata indah dari penulis lain. Tapi jangan salin semuanya ya!

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Untuk kata adopsi, janganlah memaknainya dengan kata copy-paste. Copy-paste artinya kau menjiplak semua kata yang ada di dalam sebuah puisi Bahasa Inggris. Adopsi di sini berarti mengambil beberapa kata saja (tidak lebih dari 3 kata) yang indah dalam sebuah puisi.
Catatlah kata-kata indah yang kau temukan dari beberapa puisi dalam bahasa Inggris beserta maknanya. Jika kau telah membaca lebih dari 10 karya orang lain dan telah mencatat kata-kata yang menurutmu puitis beserta maknanya, nah catatan itu sanggup membantumu nanti ketika merangkai kata untuk menghasilkan puisi Bahasa Inggris yang keren.
Dari semua kata yang kau catat, tentu nggak semua kata bisa kau gunakan untuk membuat sebuah puisi bahasa Inggris. Gunakan hanya kata yang sesuai dan kau pahami betul maknanya, sebab dalam Bahasa Inggris banyak kata yang mempunyai makna lebih dari satu, tergantung dari konteks kalimatnya.

7. Kata-kata yang indah tapi nggak kau pahami, percuma saja. Ketika membuat puisi bahasa Inggris, gunakan kata-kata yang kau pahami saja.

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Nah, ini ia tips yang selanjutnya, yaitu kau harus memakai kata-kata yang kau pahami saja. Jika membuat puisi bahasa Inggris ialah kiprah sekolah atau kiprah kuliah, jangan sekali-sekali “bunuh diri” dengan memakai kata-kata nggak kau pahami.
Hal ini akan membuatmu kelimpungan apabila ditanya makna kata yang kau gunakan dalam buah karyamu. Menggunakan kata-kata yang kau pahami akan membuatmu lebih mudah untuk membuat sebuah puisi dalam Bahasa Inggris.
Itu berarti nggak boleh pakai kosakata baru??? Oh, nggak juga. Kamu bebas memakai kosakata gres yang telah kau pahami maknanya. Ingat, asalkan kau tahu makna kata gres tersebut, kau bisa menggunakannya.
Saat membaca puisi karya orang lain, tentu ada beberapa kata gres yang kau pelajari. Nah, kau bisa memakai beberapa kata gres tersebut. Yang penting kau tahu arti kata gres itu.
Menulis sebuah puisi juga memerlukan kosakata yang cukup, contohnya kata sifat dalam bahasa Inggris. Yuk tambah pengetahuan vocabulary terutama adjective dengan artikel ini: Kata Sifat dalam Bahasa Inggris yaitu Contoh Adjective dari A hingga Z

8. Bentangkan imajinasi seluas-luasnya. Bayangkan seolah kau ada dalam puisi itu.

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Merangkai kata-kata yang indah dengan bahasa yang padat memerlukan imajinasi yang kuat. Selain sebab suasana yang kau ciptakan sendiri, imajinasimu akan terangsang dari keinginamu yang berpengaruh untuk bisa membuat sebuah karya yang sesuai seleramu dan tujuanmu.
Buatlah dirimu relax dan damai dikala membuat puisi bahasa Inggris. Ketenangan dalam diri akan membantu otakmu bekerja lebih baik lagi sehingga ide-ide yang fresh akan bermunculan. So, be calm and keep writing!

9. Membayangkan saja ternyata nggak cukup. Jika ingin punya karya, mulailah mencipta.

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Ini ia tips yang ketiga dari yang terakhir yaitu mulailah berkarya atau mulailah membuat sebuah puisi Bahasa Inggris. Jika kau telah melaksanakan cara-cara di atas namun belum juga berkarya, sangat dipastikan kau tidak akan berhasil membuat sebuah puisi bahasa Inggris.
Setelah selesai membaca tips ini hingga akhir, mulailah menulis. Jangan menunda lagi, mulailah berkarya. Tulis apa saja yang ada di pikiranmu, sebab sesudah selesai kau sanggup mengedit puisi Bahasa Inggrismu.
Ini yang sering dilakukan pemula: mencari kata-kata terbaik di awal. No! Jangan mencari kata-kata yang indah di awal, sebab hal ini hanya akan membuatmu merasa terbebani. Just write the words and edit them at the end!

10. Jangan tergiur untuk mengambil kiprah sebagai orang lain. Jadilah diri sendiri.

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Membaca banyak karya orang lain terkadang membuatmu kehilangan ciri khas. Jangan hingga itu terjadi. Ada aneka macam gaya dalam menulis. Janganlah hanya menjiplak gaya orang lain tapi jadilah diri sendiri ketika merangkai kata-kata menjadi sebuah puisi.
Terkadang ketika kita menentukan tema, banyak dari kita yang menentukan tema mirip pilihan sobat baik kita. Ini bukanlah hal yang pas sebab kalau tema itu tidak kau kuasai, kau akan mengalami kesulitan dalam proses pembuatan puisi Bahasa Inggris.
Pilihlah tema sesuai selera dan menulislah sesuai dengan gaya bahasamu. Be yourself!

11. Siapa lagi yang puas dengan karyamu kalau bukan diri sendiri? Jadi, banggalah dengan karyamu sesudah membuat puisi bahasa Inggris!

 Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris √  Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
Jika kau telah menulis, kemudian mengedit karyamu sendiri juga berusaha dengan keras untuk menyelesaikannya, berbanggalah. Jangan merasa minder dengan buah karyamu. Kamu akan semakin jago dalam menulis puisi kalau kau semakin sering berlatih.
Menyelesaikan sebuah puisi bukan kasus mudah. Banyak orang yang mengalah dan mengeluh dulu sebelum mencobanya. Banyak alasan yang dikemukakan: nggak ngerti bahasa Inggris lah, nggak punya banyak kosakata lah, nggak ada inspirasilah, alasan inilah, alasan itulah.
Nah, kalau kau sudah selesai membuat satu puisi dalam bahasa Inggris, berbanggalah dengan hasil karyamu. Be confident!
Merasa bosen berguru bahasa Inggris? Ingin berguru bahasa Inggris menjadi aktivitas seru dan fun kayak traveling? Bisa! Baca alasannya dalam artikel ini: Belajar Bahasa Inggris itu Ibarat Traveling : Ini 7 Alasan Unik
***
Membuat puisi Bahasa Inggris ialah sebuah proses. Ibarat traveling atau sebuah perjalanan ke negara impian. Jika kau nggak mengambil langkah kecil, kapan bisa sampai? Jadi, ambil pena dan berkaryalah. Bentangkan imajinasi dan hasilkan karya yang menginspirasi. Selamat berkreasi!


Sumber http://penulissnazzily.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Cara Ampuh Menciptakan Puisi Bahasa Inggris Keren"

Posting Komentar