Bapak/Ibu Guru, Lakukan 9 Taktik Ini Biar Kelas Jadi Lebih Hidup!

Jadi kelas yang ideal ialah idaman semua guru sebagai fasilitator. Dengan demikian, siswa akan bahagia mencar ilmu di dalamnya. Guru yang ada di kelas akan menjadi pola bagi siswanya. Pada kenyataannya, hal ini masih menjadi PR besar bagi Ibu/Bapak Guru.  Nah, Ruangguru akan membagikan beberapa kiat semoga kelas jadi lebih hidup.

kelas jadi lebih hidup (Sumber: ehouse411.com)

#1. Bapak/Ibu harus berperan sebagai orang sampaumur yang matang. Dalam arti, bisa menyesuaikan tugas dan cara pengajaran yang sesuai dengan tingkatan usia siswa yang diajar. Bapak/Ibu wajib tahu kapan harus menjadi orangtua, rekan yang kritis, dan siswa yang mengayomi rasa ingin tahu mereka.

#2. Perhatikan kata-kata yang diucapkan dalam kelas. Selalu gunakan kata positif, termasuk saat menegur siswa yang perbuatannya tidak benar. Fokuskan pada perbuatan apa yang Bapak/Ibu ingin semoga dilakukan siswa dan jadilah pola bagi mereka.

#3. Lakukan pengamatan, mana siswa yang bertipe introvert, ambivert, serta extrovert. Selain itu, perhatikan juga cara mencar ilmu masing-masing siswa. Visual, kinestetik, auditori, dan logis. Intinya, kenalilah siswa secara personal.

kelas jadi lebih hidup (Sumber: mundobrink.com)

#4. Atur siswa bekerja secara berkelompok. Cara ini memancing siswa semoga mau menyebarkan dan bertukar ide. Dengan demikian, siswa sanggup mencar ilmu aktif dan bekerja sama dalam tim. Hal ini tentunya bisa jadi bekal di masa depan. Belajar kelompok juga akan menciptakan siswa saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Beberapa taktik yang bisa Bapak/Ibu lakukan di antaranya siswa menilik hasil pekerjaan sekaligus mengajari temannya, bekerja dengan siswa yang lebih senior, dan sebagainya. Tentu tetap dalam pengawasan ya. Selain itu, Bapak/Ibu juga bisa melibatkan kelas yang lebih besar atau kecil untuk melaksanakan acara bersama. Di sini, Bapak/Ibu juga harus tahu kapan harus mengelompokkan siswa, kapan harus membiarkan siswa bekerja secara individu.

kelas jadi lebih hidup Foto: education.com

#5. Coba biasakan diri untuk selalu bersikap positif pada setiap reaksi yang diberikan siswa. Tidak ada pertanyaan dan pendapat bodoh. Bapak/Ibu harus menanamkan konsep "pikir dulu, gres bicara". Kalau siswa terbiasa berbicara serta mendengar, maka rasa percaya diri akan tumbuh. Dengan demikian, siswa akan lebih bahagia menyebarkan ilmu ke siapa saja.

#6. Setelah memberikan materi, biasakan tanya apakah siswa sudah mengerti atau belum. Setelah Bapak/Ibu melemparkan pertanyaan, diamlah sejenak. Berikan waktu pada siswa untuk berpikir dan mencerna pertanyaan. Mintalah siswa untuk berdiskusi sejenak dengan rekan di sekitarnya sebelum menjawab pertanyaan. Hal yang harus dipahami, banyak siswa yang menentukan membisu bukan alasannya tidak tahu, tapi ia kurang pede untuk menyebarkan pikiran. Nah, di sinilah Bapak/Ibu punya tugas besar.

kelas jadi lebih hidup Foto: nationofchange.org

#7. Buatlah janji bersama. Jelaskan peraturan yang berlaku serta konsekuensinya. Bapak/Ibu harus menerapkan tanpa pandang bulu. Jika siswa bisa mengikuti peraturan dengan tertib, jangan lupa berikan pujian.

#8. Terapkan pendekatan saintifik di kelas dalam konteks pembelajaran. Pakai alat peraga semoga lebih menarik minat siswa. Tidak perlu lama-lama, contohnya 45 menit. Coba praktikkan taktik ini 4-5 minggu. Kelas akan lebih hidup dengan keaktifan siswa.

#9. Hindari hanya bangkit di satu titik. Rajinlah berpindah-pindah semoga seluruh siswa sanggup terfokus.

Demikianlah 9 taktik untuk Bapak/Ibu semoga suasana kelas menjadi lebih hidup. Tidak hanya diaplikasikan di sekolah, kiat-kiat di atas bisa di gunakan saat menjadi guru privat di Ruangguru. Ayo rekomendasikan ruangles kepada siswa anda, alasannya dengan ruangles #BelajarJadiHebat. Happy teaching! (TN)

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bapak/Ibu Guru, Lakukan 9 Taktik Ini Biar Kelas Jadi Lebih Hidup!"

Posting Komentar