Manajemen Sumber Daya Manusia

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
( MSDM )


     1.      APA ITU MANAJEMEN ?
Manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri atas fungsi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian acara sumber daya insan dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Manajemen sanggup didefinisikan juga sebagai sebuah proses yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengen dalian alasannya yakni apa yang direncanakan harus dilaksanakan dalam pelaksanaan paling tidak ada acara untuk menyesuaikan planning dengan struktur organisasi dan gaya kepemimpinan dan apa yang dilaksanakan perlu dikendalikan untuk menjamin supaya pelaksanaan sesuai dengan rencana.

2.      FUNGSI FUNGSI MANAJEMEN
a.       Perencanaan merupakan salah satu fungsi administrasi yang berkaitan dengan penentuan planning yang akan membantu tercapaianya target yang telah ditentukan.
b.      Pengorganisasian merupakan fungsi administrasi yang berkaitan dengan pembagian kerja

3.      FUNGSI FUNGSI OPERASIONAL SDM
Secara umum, fungsi fungsi operasional SDM meliputi pengadaan, pengembangan, perencanaan dan pengembangan karier, evaluasi prestasi, kompensasi (gaji, insentif dan kesejahteraan), keselamatan dan kesehatan kerja dan pemutusan korelasi kerja.
a.      Pengadaan Tenaga Kerja
Yang terdiri dari
-          Analisis Pekerjaan
Merupakan Suatu proses penyelidikan yang sistematis untuk memahami kiprah tugas, keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan dalam sebuah organisasi
-          Perencanaan Tenaga Kerja
Merupakan Suatu proses penyediaan tenaga kerja dalam kuantitas dan kualitas yang diharapkan oleh sebuah organisasi pada waktu yang sempurna supaya tujuannya sanggup dicapai.
-          Penarikan Tenaga Kerja
Merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk memperoleh sejumlah calon karyawan yang memenuhi persyaratan berkualitas
-          Seleksi
Tujuan seleksi untuk mendapat tenaga kerja yang memenuhi syarat atau memiliki kualifikasi sebagaimana tercantum dalam spesifikasi pekerjaan untuk mendapat karyawan yang sanggup membantu tercapainya tujuan perusahaan.
b.      Pengembangan Karyawan
Pengembangan karyawan sanggup dilakukan melalui orientasi, training dan pendidikan.
-          Orientasi
Orientasi sanggup hanya berupa pengenalan sederhana dengan karyawan usang atau proteksi info mengenai kebijakan kebijakan di kawasan kerja
-          Pelatihan
Suatu perjuangan untuk meningkatkan keterampilan karyawan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu, diberikan kepada karyawan gres yang diterima guna memperkenalkan kiprah yang akan dikerjakan.
-          Pendidikan
Suatu perjuangan untuk meningkatkan pengetahuan / pemahaman wacana suatu pekerjaan.
c.       Perencanaan dan Pengembangan Karier
Karier merupakan suatu rangkaian aktifitas kerja yang terpisah, tetapi bekerjasama dan menunjukkan kesinambungan, keteraturan, dan arti kehidupan bagi seseorang. Perencanaan karir yakni suatu proses yang memungkinkan seseorang menentukan tujuan karir dan mengenali cara atau jalur mencapai tujuan tersebut
d.      Penilaian Prestasi Kerja
Merupakan sebuah proses yang ditujukan untuk memperoleh info wacana kinerja karyawan. Digunakan sebagai input dalam melaksanakan hamper semua aktifitas MSDM lainya yaitu promosi, kenaikan gaji, pengembangan dan pemutusan korelasi kerja.
e.       Kompensasi
Merupakan segala bentuk penghargaan (outcomes) yang diberikan oleh organisasi kepada karyawan atas bantuan (inputs) yang diberikan kepada organisasi
f.       Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Merupaka proteksi karyawan dari kecelakaan di kawasan kerja, sedangkan kesehatan merujuk kepada kebebasan karyawan dari penyakit secara fisik maupun mental.
g.      Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
PHK merupakan sebagai pengakhiran korelasi kerja antara pekerja dan pengusaha sehingga berakhir pula dan kewajiban di antara mereka.

Sumber http://indonugraha.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Sumber Daya Manusia"

Posting Komentar