Handphone Android Anda Bermasalah, Bawalah Ke Service Center



Kemarin pas ada waktu luang sehabis memperpanjang STNK, saya menyempatkan diri mampir ke Samsung Center Bekasi. Sebenarnya sudah usang mau berkunjung kesini untuk memeriksakan handphone android saya. Saya pakai Samsung Galaxy 5. Ada sedikit dilema menyerupai yang pernah saya tulis disini [link] dan satu lagi kalau ditaruh di kantong celana sering mati. Kadang kadang restart sendiri. Mumpung masih garansi tidak ada salahnya diperiksakan. Tapi lantaran sering tidak punya waktu luang, dan perasaan malas, takut antri, menciptakan keinginan kesana tidak terlaksana. Padahal lokasi gedungnya sangat strategis dan gampang dicapai lantaran berada di bersahabat gerbang tol Bekasi Barat.

Saat masuk cuma ada satu pelanggan yang sedang dilayani. Lumayan pikir saya. Lalu saya eksklusif mengambil nomor antrian. Belum juga usang duduk di kawasan menunggu sudah dipanggil oleh salah seorang customer representativenya. Saya ceritakan masalahnya. Yaitu handphone sering mati ketika di taruh di kantong celana. Apalagi contohnya kalau celananya yang tebal model jins, lebih sering insiden tiba-tiba handphone mati. Sempat terfikir kalau ini disebabkan lantaran batrei nya sudah tidak bagus. Android juga populer boros batrei. Juga kemungkinan batterai longgar dapat saja juga jadi penyebab.

Saya minta untuk diperiksa dan diupdate softwarenya. Mungkin saja ketidaknormalan itu disebabkan lantaran softwarenya tidak terinstall tepat atau ada belahan tertentu yang corrupt. Sukur-sukur kalau dapat diupgrade ke firmware yang lebih tinggi, Froyo atau android versi 2.2. Standarnya Samsung Galaxy 5 terinstall android versi 2.1 atau sering disebut dengan Eclair. Tapi untuk update ke Froyo belum tersedia untuk Samsung Galaxy 5. Padahal banyak varian yang keluar sesudah Galaxy 5 sudah eksklusif keluar dengan Froyo. Apalagi dengan harga yang lebih murah dari Galaxy 5. Apakah lantaran peluncuran varian gres ini yang menjadikan tidak dikembangkannya update ke Froyo untuk pengguna Galaxy 5? Atau juga ini seni administrasi dari Samsung biar varian barunya menjadi lebih laku? Wah saya tidak dapat menebak-nebak lebih jauh lagi. Yang penting saya berharap biar segera ada update ke Froyo menyerupai yang dijanjikan ketika Galaxy 5 gres launching. Buktinya ada pada leaflet dan box dengan goresan pena dapat diupgrade ke Froyo kalau sudah tersedia.

Akhirnya diinstal ulang Eclair nya. Sebenarnya saya berharap sudah ada Eclair versi update, tapi ternyata Eclair yang diinstall yaitu sama persis dengan bawaan handphone. Saya pikir tidak apa-apa. Dengan impian ada perubahan dan dilema terselesaikan dengan diinstall ulang ini. Walau saya harus mengorbankan koleksi software yang sudah terinstall dan arsip sms yang tidak mengecewakan banyak. Sebenarnya masih dapat dilakukan backup tapi lantaran saya tanpa persiapan ke Service Center sehingga tidak melaksanakan backup.

Saya diminta menunggu beberapa ketika sementara proses install ulang software berlangsung. Estimasi proses antara 20-30 menit. Dan memang benar tidak hingga 30 menit menunggu saya sudah dipanggil lagi oleh customer servicenya. Proses sudah berhasil. Lalu dilanjutkan dengan restore kembali phonebook yang sukurnya juga dapat berhasil lancar. Sekitar 570-an kontak berhasil kembali semua. Tapi sms yang tidak mengecewakan banyak dan program-program yang diinstall harus direlakan lenyap.

Kini sudah hampir seminggu handphone digunakan dan juga dikantongi menyerupai biasa, tapi tidak pernah mati lagi. Terasa menunya pun lebih cepat dibanding ketika masih pakai Eclair bawaan handphone. Dan yang lebih menyenangkan lagi, ternyata problem yang pernah saya tulis juga sudah teratasi alias tidak terjadi lagi.

Sekarang tinggal menginstall lagi program-program yang terhapus akhir update firmware. Sukurlah semuanya sudah selesai dengan lancar.

Kesan saya dengan layanan Samsung Center Bekasi, pelayanan ramah, cepat dan dilema terselesaikan. Mungkin lantaran kerusakan di handphone saya tidak parah sehingga gampang penyelesaiannya. Dan yang lebih penting lagi tidak dikenakan biaya alias gratis, lantaran masih dalam masa garansi. O ya hampir ketinggalan, Samsung rupanya bakir menentukan orang untuk yang berada di frontline service centernya. Ada 3 orang customer representative yang bening-bening dan tentu saja ramah. Bahkan dari ketiga orang itu seolah-olah wajahnya mirip. Sungguh menambah segarnya mata akhir teriknya panas dan udara bekasi akhir-akhir ini.

Saran saya kalau handphone anda ada masalah, sedikit apa pun kalau masih dalam masa garansi jangan sungkan-sungkan untuk tiba ke service center. Kadang-kadang dilema itu dapat teratasi, khususnya untuk smartphone dengan upgrade firmware yang lebih tinggi dan reinstall dengan versi yang sama.
Sumber http://akamali.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Handphone Android Anda Bermasalah, Bawalah Ke Service Center"

Posting Komentar