Jenuh Menulis

Beruntunglah teman-teman blogger yang dapat menulis dan posting goresan pena di blog setiap harinya. Karena tidak semua orang dapat punya stamina ibarat itu. Kadang-kadang niat menulis ada, tapi tidak kunjung dapat menulis dengan lancar. Kejenuhan menjadi salah satu sebabnya.

Kejenuhan dapat terjadi kepada siapa saja, dan pastinya kita yang sedang berguru menulis pun akan sering mengalaminya. Tapi hening saja, kita tidak sendiri. Ternyata, orang seorang penulis jago pun juga mengalaminya.

Anda tentu pernah mendengar nama Fira Basuki. Ia seorang penulis yang sudah menghasilkan 26 buku yang juga seorang pemimpin redaksi majalah Cosmopolitan. Seorang penulis jago sekaliber Fira Basuki pun ternyata punya pengalaman juga jenuh menulis.

Ini dapat kita lihat di Kompas, 9 Oktober 2012 hal. 33. Di rubrik Kompas Kita, rubrik yang berisi seorang tokoh yang menjawab pertanyaan dari penggemarnya.

Ini ialah salah satu pertanyaan di rubrik itu dan balasan dari Fira Basuki:
Bagaimana cara Kak Fira Basuki ketika kehilangan mood ketika sedang menulis? (Isti Isnaryati, Rawa Lumbu, Bekasi)

Saya berguru untuk me-manage mood saya, apalagi aku seorang wartawan yang harus mengikuti deadline. Namun, ketika mood kurang dapat diajak kerjasama, misalnya, aku menghentikan sejenak menulis dan banyak membaca, menonton televisi, film, serta jalan-jalan, relaksasi. Setelah itu biasanya aku sudah segar sekali. Malah jikalau tidak mood untuk meneruskan satu novel, misalnya, tidak jarang aku ganti tema atau justru menulis buku lain.

Pernah aku menulis dua buku secara bersamaan bergantian, yaitu Rojak dan serial Miss B.

Nah, jikalau Fira Basuki saja mengalami kejenuhan, tentu para blogger pemula ibarat aku niscaya mengalaminya. Tinggal mempelajari bagaimana me-manage mood semoga dapat segar dan semangat lagi menulis. Fira mencontohkan jikalau lagi tidak mood, beliau berhenti sejenak menulis dan mengalihkan dengan acara lain. Mungkin anda ada cara lain yang cocok dengan anda semoga kembali semangat menulis. Karena setiap orang mungkin saja punya cara yang berbeda dan yang lebih cocok dengan dirinya.

Apakah anda mengalami hal yang sama? Bagaimana cara anda me-manage mood anda semoga segar dan semangat lagi menulis? Komentar anda akan sangat berkhasiat buat aku dan buat sobat lain yang mengalami hal yang sama.
Sumber http://akamali.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenuh Menulis"

Posting Komentar