Memperbanyak Shalawat Iman Bertambah Segala Urusan Jadi Mudah

*Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.*
*Semangat dhuha :*

🌸 MEMPERBANYAK SHALAWAT IMAN BERTAMBAH, URUSAN MENJADI MUDAH

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Memperbanyak shalawat Iman bertambah segala urusan jadi mudah
sumber photo rijalmaulana.com

📖 Allah Ta'ala berfirman (artinya): “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”
(al-Ahzab: 56)

🗯 Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin mengatakan, “… Oleh lantaran itulah, perbanyaklah memanjatkan shalawat dan salam atas Nabi, wahai saudaraku! Agar imanmu bertambah dan urusanmu akan mudah.” (Syarh Riyadhush Shalihin)

🍃 Kebaikan yang ia lakukan pasti akan membuahkan kebaikan pula. Memanjatkan shalawat atas Nabi Muhammad ialah ibadah. Setiap muslim dihentikan mengabaikan amalan ini lantaran Allah telah memerintahkannya dalam surat al-Ahzab ayat 56 di atas.

🗯 Menurut al-Imam Ibnu Katsir, maksud ayat ini ialah bahwa Allah mengabarkan kepada para hamba-Nya wacana kedudukan seorang hamba dan nabi-Nya (nabi Muhammad) di hadapan para malaikat. Di mana Allah memuji ia di hadapan para malaikat yang didekatkan, dan para malaikat juga memanjatkan shalawat atas beliau.

🗯 Kemudian Allah memerintahkan insan di muka bumi ini untuk bershalawat dan mengucapkan salam kepada beliau, biar kebanggaan serta sanjungan kepada Nabi tersebut terkumpul dan berasal dari penduduk langit dan bumi semuanya. (Tafsir Ibnu Katsir)

📇 Keutamaan dan Kedudukan Shalawat

🍃Pertama: Allah akan bershalawat sebanyak sepuluh kali untuk siapa saja yang memanjatkan shalawat sekali. Sebagaimana sabda Rasulullah (artinya), *“Barangsiapa yang memanjatkan shalawat kepadaku satu kali, pasti Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.”*
(HR. Muslim, no. 616)

🍃Kedua: Diangkat derajatnya, dituliskan untuknya sepuluh kebaikan dan dihapuskan darinya sepuluh kejelekan. Sebagaimana sabda Nabi (artinya) ,

*“Barangsiapa di antara umatku yang memanjatkan satu kali shalawat atasku dengan tulus dari hatinya, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali, Allah akan mengangkat derajatnya sepuluh derajat, Allah tuliskan untuknya sepuluh kebaikan, dan Allah akan hapus sepuluh kejelekan darinya.”*
(HR. an-Nasai, no. 9808)

🍃Ketiga: Menjadi orang yang paling bersahabat dan paling berhak mendapat syafaat Nabi. Sebagaimana sabda Nabi,

*“Orang yang paling berhak terhadap diriku pada hari final zaman ialah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku.”*
(HR. at-Tirmidzi, no. 446)

🗯 Maknanya ialah orang yang paling bersahabat dengan Nabi dan yang paling berhak mendapat syafaat ia ialah orang yang paling banyak memanjatkan shalawat kepada Nabi. (Tuhfatul Ahwadzi, 2/496)

🍃Bershalawat juga merupakan salah satu alasannya ialah dikabulkannya doa. Rasulullah bersabda (artinya),
*“Jika ada salah seorang di antara kalian yang sholat (dan hendak berdoa), maka mulailah dengan memuji Rabbnya, kemudian bershalawat kepada Nabi, kemudian sehabis itu berdoalah sesuai kehendaknya.”*
(HR. Abu Dawud, no. 1481)

Mari sholat dhuha lanjut do'akan ortu dan keluarga, do'akan sesama muslim.

*Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.*
Sumber grup wa
Sumber http://p-anisa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memperbanyak Shalawat Iman Bertambah Segala Urusan Jadi Mudah"

Posting Komentar