Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula

Hai, selamat malam semua sahabat Bizril di seluruh dunia, apa kabar kau di awal tahun 2019 ? Semoga awal tahun ini mengakibatkan kau lebih termotivasi untuk terus maju dan sukses ! Aamiin YRA

Artikel ini sangat cocok untuk para pemula yang gres akan mulai mencar ilmu bahasa pemrograman web, bahasa pemrograman apa yang harus lebih dahulu dipelajari ? HTML dulu atau PHP dulu atau CSS dulu atau Java dulu ?
Pertanyaan ini sering muncul dan sangat membingungkan, khususnya bagi para pemula yang gres mau atau tahap awal mencar ilmu pemrograman web, pikiran itu sama menyerupai Bizril dikala mau mencar ilmu pemrograman web beberapa tahun lalu.

Teknis pemrograman web memang sangat berbeda dengan pemrograman desktop, sebab biasanya tidak mempunyai editor aplikasi khusus menyerupai Delphi atau Visual Basic yang mempunyai editor khusus, kalau ada hanya berupa editor pembantu bukan interpreter (penterjemah) bahasa pemrograman secara langsung, menyerupai Dreamweaver.
Kode pemrograman web sanggup dibentuk memakai editor text sederhana menyerupai notepad, sebab memang pemrograman web intinya berupa text yaitu HTML (Hyper Text Markup Language) yang sanggup diterjemahkan oleh aplikasi browser menyerupai Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome atau aplikasi browser lainnya.
Saya pribadi lebih banyak memakai notepad++ sebagai editor dan Google Chrome untuk aplikasi browser.




Untuk mempelajari pemrograman web sangat banyak caranya, sanggup melalui sekolah resmi atau mencar ilmu sendiri (otodidak), aku mencar ilmu belajar sendiri melalui sumbangan Google. Sebagai rujukan untuk pemula sangat banyak sumbernya, sanggup dari buku pemrograman web atau dari situs-situs yang menyediakan seri mencar ilmu pemrograman web menyerupai w3school.com yang sering aku gunakan dan ada juga yang pribadi dari website si pembuat bahasa pemrograman tersebut, tergantung dari sumber rujukan mana yang nyaman untuk digunakan.
Sebagai klu yang sangat gampang membantu untuk mempelajari pemrograman web ialah penguasaan bahasa Inggris, sebab hampir semua bahasa pemrograman web memakai bahasa Inggris, demikian juga sumber rujukan banyak yang memakai bahasa Inggris.

Selain rujukan ada juga aneka macam situs di internet yang menyediakan sumbangan kalau ada hambatan dalam mencar ilmu pemrograman web, contohnya stackoverflow.com yang menyediakan banyak sekali sumbangan permasalahan yang sumber pembantunya dari para programmer itu sendiri, baik yang sifatnya untuk pemula bahkan untuk para programmer senior, aku pribadi masih sering memakai situs sumbangan kalau mengalami kebuntuan atau kesalahan dalam menciptakan jadwal web.
Kemudian banyak juga situs-situs yang menyediakan aba-aba / souce jadwal yang sanggup digunakan sebagai pustaka untuk membantu pekerjaan jadwal yang sedang kita buat semoga lebih mudah, tanpa harus menciptakan aba-aba sendiri hanya tinggal memakai pustaka yang sudah ada, rujukan pustaka yang sering aku gunakan ialah github.com

Kembali ke permasalahan tadi di atas, harus dari mana aku mulai ? bahasa pemrograman web apa yang pertama harus dipelajari ?
Karena banyaknya bahasa pemrograman web menyerupai HTML, CSS, PHP, Java, Pearl, SQL dsb. Saya menyarankan untuk para pemula yang gres mau mempelajari pemrograman web semoga memulai tahap mencar ilmu dari yang paling dasar yaitu bahasa HTML, mengapa? Karena bahasa HTML merupakan bahasa pemrograman web yang paling dasar dan akan sering ditemukan hampir di semua aplikasi yang akan dibentuk / dikembangkan, dengan HTML paling tidak sanggup menciptakan aplikasi paling sederhana dan banyak bahasa pemrograman web lain yang akan tetap harus memakai bahasa HTML.

Setelah menguasai bahasa HTML terus bahasa pemrograman web apa ?
Untuk ini ada jawabannya bervariasi.. tergantung ke arah mana kau akan melanjutkan pembelajaran, apakah akan mempelajari duduk kasus tampilan atau akan mempelajari basis data ?

Jika ingin mempelajari tampilan kau sanggup lanjut ke mencar ilmu bahasa CSS (Cascading Style Sheet), sebab bahasa ini secara khusus mengurus untuk duduk kasus tampilan, menyerupai posisi, jarak, warna dasar, warna tulisan, rata kiri, tengah atau kanan, jenis dan ukuran huruf, lebar, tinggi, tebal, tipis dan sebagainya terkait dengan duduk kasus tampilan.




Jika ingin mempelajari basis data kau sanggup lanjut ke mencar ilmu bahasa PHP (Hypertext Preprocessor). PHP sangat berbeda dengan bahasa pemrograman web lainnya, biasanya PHP lebih banyak bekerja di belakang sistem yaitu di sisi (server side) sebagai pendukung daripada bekerja di depan untuk menampilkan hasil, PHP sangat banyak digunakan untuk mengurus data di sisi server, mulai dari mengurus koneksi basis data, menyimpan, mengambil dan menghapus data dari database, koneksi / hubungan antar tabel, menyaring data dan sebagainya yang berurusan dengan data lebih banyak dikerjakan oleh PHP.

Untuk mempelajari PHP sedikitnya harus memahami dulu dasar bahasa SQL sebab pengelolaan basis data melibatkan bahasa SQL. Berbagai macam bahasa SQL terkenal sering digunakan dalam pemrograman web, mulai dari yang gratisan menyerupai MySQL hingga yang berbayar menyerupai SQL Server, Oracle, dsb. Untuk pemula sanggup memakai MySQL sebagai kemudahan untuk mulai mencar ilmu bahasa pemrograman web yang sifatnya gratis.

Untuk mempelajari PHP harus sedikit menguasai bahasa Javascript, sebab sangat ribet kalau memakai bahasa HTML secara keseluruhan. Selanjutnya bahasa Javascript yang lebih banyak dipergunakan untuk menjembatani interaksi antara pengguna aplikasi dan aplikasi itu sendiri, kegiatan-kegiatan pengguna dengan aplikasi web secara gampang dijembatani oleh Javascript, misal pengguna melaksanakan klik, double klik, buka aplikasi, dan sebagainya. Kegiatan pengguna aplikasi yang ditangani oleh Javascript selanjutnya sanggup ditangani oleh bahasa lain menyerupai HTML, CSS, PHP atau oleh Javascript itu lagi sesuai kebutuhan.

Selain itu Javascript juga sanggup mengurus fungsi tertentu sesuai kebutuhan serta mempercantik tampilan tapi berbeda dengan CSS. Javascript juga handal dalam mengurus animasi dan efek-efek lainnya menyerupai yang sering digunakan pada aplikasi games.
Perkembangan Javascript sangat terkenal dan banyak dikembangkan ke aneka macam pustaka dengan keperluan yang berbeda, misal Ajax, Jquery, Json, dsb. yang dasarnya memakai bahasa Javscript.

Untuk pemula mungkin uraian di atas dianggap cukup dan sanggup mulai mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman tersebut, semoga cepat menguasai bahasa pemrograman web harus sering berlatih dan mencar ilmu menciptakan aplikasi untuk kebutuhan tertentu. Setelah lancar sanggup ditingkatkan lagi dengan mempelajari bahasa pemrograman web yang lebih modern, walaupun intinya merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman web yang ada menyerupai tadi Javascript yang terus berkembang sesuai kemajuan jaman.

Tidak ada kata terlamabat untuk belajar. Selamat mencar ilmu dan semoga sukses !
Sumber http://bizril.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula"

Posting Komentar