Sebutkan 5 Macam Jenis Abrasi ?

Air yang mengalir di sungai sanggup mengakibatkan runtuhnyadinding-dinding sungai. Proses runtuhnya dinding sungai didahului dengan pengikisan oleh anutan air. Proses pengikisan ini disebut sebagai erosi. Erosi tidak hanya terjadi akhir tenaga air, tetapi juga angin, gelombang laut, dan es. Erosi didefinisikan sebagai proses terjadinya pengikisan pada bagian-bagian tertentu di muka bumi. Materi dari pecahan yang mengalami pengikisan tersebut sanggup mengalami perpindahan dari tempat asalnya. Proses perpindahan bahan tersebut dinamakan transportasi. Berdasarkan penyebabnya, pengikisan sanggup dibedakan menjadi lima jenis sebagai berikut.

a. Ablasi
Ablasi, yaitu pengikisan yang terjadi alasannya yaitu anutan air yang mengikis batuan atau permukaan bumi. Saat terjadi hujan di gunung, batuan dan tanah yang ada di permukaan gunung terkikis  oleh air hujan yang mengalir dari puncak ke kaki gunung.
 
b. Deflasi 
Deflasi terjadi alasannya yaitu adanya hembusan angin yang mengikis permukaan bumi. Contohnya, angin bahari yang berhembus dari bahari ke daratan sanggup mengikis batuan dan pasir yang ada di tempat pantai.

c. Korosi
Korosi terjadi alasannya yaitu hembusan angin yang membawa butiran pasir. Angin yang meniupkan butiran pasir menerpa pecahan batuan tertentu sehingga batuan tersebut melapuk dan terkikis.
 
d. Abrasi
Abrasi terjadi di pantai alasannya yaitu gelombang air bahari mengikis tepian pantai. Contohnya, pasir pantai dan karang yang tergerus oleh gelombang bahari yang surut.
 
e. Eksarasi
Eksarasi merupakan pengikisan yang terjadi alasannya yaitu gerakan es yang mencair atau gletser. Air dari es yang mencair di puncak gunung salju mengikis permukaan gunung di sepanjang jalur yang dilalui.



Sumber http://ruangsekolahku.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebutkan 5 Macam Jenis Abrasi ?"

Posting Komentar