sejarah penemuan virus

 oke kali ini saya akan membahas tentang sejarah penemuan virus hiiiii virus 


 
         Virus sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti racun, virus ditemukan pertama kali oleh ilmuwan Jerman, Adolf Mayer pada tahun 1883 ketika ia sedang meneliti penyakit mosaik pada tanaman tembakau.
     Penyakit mosaik itu membuat tumbuhan tembakau memiliki bercak-bercak pada daun,sehingga menghambat pertumbuhanya.
Melalui pengamatan di mikroskop Mayer tidak dapat melihat apa bakteri yang menyerang tanaman itu, Mayer menduga ada bakteri yang lebih kecil dari biasanya.
  Satu dasawarsa kemudian sekitar tahun 1892, seorang ilmuwan rusia bernama Dimitri Ivanowsky melakukan percobaan untuk menyaring bakteri,hasil saringan tersebut di tularkan ke tanaman yang sehat,hasilnya tanaman itu terkena penyakit,sama seperti Mayer, Dimitri tidak mampu melihat penyakit apa yang menginfeksi tanaman tersebut, Dimitri menduga itu disebabkan oleh bakteri patogenik.
   Pada tahun 1897, seorang ahli botani belanda bernama Martinus Beijerinck melakukan eksperimen yang membuktikan agen penginfeksi yang terdapat di dalam getah tembakau dapat berkembang biak. Setelah tanaman itu mati getahnya di gunakan untuk menyemprotkan ke tanaman lain. Ternyata kemampuan patogen tidak berkurang sama sekali,dari beberapa perpindahan. Berbeda dengan bakteri, agen penginfeksi tersebut tidak dapat dikembangbiakan dalam medium nutrisi di dalam cawan petri dan tidak dapat dinonaktifkan dengan alkohol, Beijerinck memperkirakan agen penginfeksi tersebut lebih sederhana dan lebih kecil daripada bakteri, ia menyebutnya sebagai virus lolos saring
 Pada tahun 1935, seorang ilmuwan amerika, Wendell Stanley, berhasil mengkristalkan partikel penginfeksi tanaman terebut, yang kemudian dikenal dengan tabacco mosaic virus (TMV). Penemuan wendell bahwa virus dapat dikristalkan menjadi betina yang sangat menarik, sekaligus membingungkan.
 Sekitar tahun 1930 an mulai lah pengamatan menggunakan sayatan ultra tipis menggunakan mikrotom dan menggunakan mikroskop elektron yang mencapai perbesaran beratus hingga berjuta kali pembesaran.

Bentuk Virus dilihat dari mikroskop elektron

Bentuk Alat Mikrotom dan Mikroskop Elektron

 Mikrotom
Mikroskop Elektron

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "sejarah penemuan virus"

Posting Komentar