Tingkat dan pencepatan perubahan organisasi pada masa yang akan tiba tidak menurun, tetapi akan berlangsung secara cepat dan kompleks sebagai akhir globbalisasi maka struktur,sistem,strategi,kemampuan staf aparat, perilaku dan gaya administrasi dan budaya organisasi serta aplikasinya akan menjadi pecahan dari bahaya dan peluang yang harus diatasi secara efektif. Masa depan selalu penuh resiko, maka perlu dilakukan analisis persoalan yang dihadapi terutama wacana aplikasinya.
1. Memelihara kesadaran tinggi akan urgensi
Kesadaran tinggi akan tingkat urgensi yaitu memahami hal-hal yang mendesak dan menempatkannya sebagai prioritas untuk deihadapinya akan sangat membantu proses mengatasi persoalan dan perubahan-perubahan besar.
2. Pengembangan organisasi instansi pemerintah
Misi dan tujuan organisasi sektor publik yaitu berupaya menawarkan kepuasan kepada pihak yang berkepentingan melalui pelayanan publik yang baik (yang prima) dan mempertahankan dogma publik.
1. Memelihara kesadaran tinggi akan urgensi
Kesadaran tinggi akan tingkat urgensi yaitu memahami hal-hal yang mendesak dan menempatkannya sebagai prioritas untuk deihadapinya akan sangat membantu proses mengatasi persoalan dan perubahan-perubahan besar.
2. Pengembangan organisasi instansi pemerintah
Misi dan tujuan organisasi sektor publik yaitu berupaya menawarkan kepuasan kepada pihak yang berkepentingan melalui pelayanan publik yang baik (yang prima) dan mempertahankan dogma publik.
Perubahan kondisi pasar, tekhnologi, sistem sosial, regulasi, kepemerintahan yang baik, institusi pemerintah tempat sanggup mempengaruhi pengembangan organisasi serta biaya proses langkah-langkah perubahan. Perlu dilakukan analisis manfaat dan biaya pribadi dan tidak langsung, terutama efek pelayanan publik prima dan pelestarian dogma publik terhadap organisasi melalui perubahan yang strategik dan kultural, penilaian dan pengukuran kinerja isu dan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah.dengan demikian, pengembangan organisasi meliputi tiga unsur sebagai determinan utama terhadap keberhasilan dan gagalnya organisasi sebagai berikut:
a. Sistem penetapan wewenang, kiprah pokok dan fungsi serta langkah tanggung jawab.
b. Sistem balas jasa yang sepadan.
c. Sistem penilaian indikator / pengukuran kinerja untuk individu dan unit organisasi.
3. Perbandingan organisasi masa ke-20 dan masa ke-21
Perkembangan dan kemajuan ekonomi dan sosial telah kuat terhadap organisasi, yang meliputi struktur, sistem, dan budaya organisasi. Berikut ini akan ditampilkan perbandingan organisasi pada masa ke-20 dengan masa ke-21.
Abad 20 Abad 21
Struktur Struktur
• Birokratik
• Multilevel
• Disorganisasi dengan cita-cita administrasi mengatur
• Kebijakan, jadwal dan mekanisme yang saling ketergantungan internal yang ruwet • Non-birokratik, lebih sedikit aturan
• Lebih sedikit level
• Manajemen yang memimpin
• Kebijakan, jadwal dan mekanisme yang membuat ketergantungan internal yang minimal yang dperlukan para pihak yang berkepentingan
Sistem Sistem
• Tergantung pada beberapa sistem isu kinerja
• Distribusi isu terbatas pada para eksekutif
• Memberikan pembinaan administrasi dan sistem pertolongan hanya pada karyawan senior
• Tergantung pada sistem isu kinerja dan isu penyebab kinerja
• Distribusi isu yang luas dalam dan luar organisasi
• Memberikan pembinaan administrasi dan sistem dokumen pada karyawan
Budaya organisasi - Budaya organisasi
• Orientasi kedalam
• Tersentralisasi
• Lambat mengambil keputusan
• Realitas ideologi
• Kurang berani mengambil risiko • Orientasi keluar
• Memberdayakan
• Kecepatan dalam mengambil keputusan
• Terbuka dan beriontegrasi
• Lebih berani mengambil risiko
DANDY-386 Kanae Ruka https://oload.win/f/7yWS9r0iZcM
Perubahan yang mendasar yang terjadi dalam organisasi pada masa ke-21 yaitu:
1. Kesadaran yang tinggi akan urgensi
2. Kerjasama tim dalam tataran administrasi puncak
3. Dapat membuat visi yang efektif
4. Pemberdayaan besar-besaran baik individu, organisasi dan masyarakat.
5. Pendelegasian yang sangat baik kepada administrasi bawah untuk kinerja jangka pendek
6. Tidak ada ketersalinggantungan yang tidak perlu
7. Budaya organisasi yang adaptif dan penggunaan analisis kinerja (performance gap driven).
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Organisasi Kala Depan"
Posting Komentar