Rekan Kerja, pernahkah selama bekerja Anda niscaya akan menemukan orang-orang yang tidak terlalu cocok dengan kepribadian atau cara berpikir Anda? Awalnya, mungkin hanya perasaan tidak suka saja. Namun, lama-lama bisa saja muncul perdebatan yang kemudian menghambat kinerja Anda di kantor. Musuh, saingan, rival, atau apapun itu terkadang sanggup menciptakan kita tidak nyaman bekerja bersama mereka, bukankah begitu, Rekan Kerja? Namun, bagaimana hasilnya kalau Anda harus bekerja sama dalam satu tim bersama dengan orang yang tidak Anda sukai dalam satu proyek yang sama?
Dinginkan kepala Anda sejenak dan mulai berpikir jernih. Hal ini penting untuk diperhatikan alasannya yaitu membangun hubungan baik di kantor akan mempermudah Anda dalam bekerja. Anda juga harus memperlihatkan perilaku sebagai team player meskipun sedang berhadapan dengan orang yang kurang Anda sukai. Lakukanlah trik berikut untuk menghadapi rekan kerja yang kurang Anda sukai dengan lebih cukup umur dan profesional!
1. Mengenal secara personal
Mengenal lebih bersahabat (Sumber: gulsstudio.com)
Tahukah Anda, secara psikologis seseorang akan lebih menyukai orang-orang yang mempunyai ketertarikan yang sama ibarat dirinya sendiri. Nah, kalau Anda merasa mempunyai banyak kesamaan dengan kolega kerja Anda, maka akan lebih gampang bagi Anda untuk menyukai orang tersebut.
Selain itu, cobalah untuk memuji kolega kerja yang kurang Anda sukai. Menurut Eric Hoffer, spesialis filsafat, mencari-cari kesalahan dari orang yang kita benci akan semakin mengobarkan kebencian dalam diri Anda. Sebaliknya, kalau kita memperlakukannya dengan murah hati maka akan memadamkan kebencian kita. Jadi, lebih baik memuji orang yang Anda tidak suka, walaupun harus sedikit berbohong perihal kebanggaan tersebut.
2. Jangan gampang menyimpulkan seseorang
Jangan gampang terkecoh dengan penampilan dari kolega kerja Anda yang tampaknya terlihat tidak menyenangkan atau mengganggu. Agar Anda bisa bekerja dengan baik bersama setiap kolega kerja, maka Anda harus bisa memahami apa yang Anda sukai dan kurang sukai, kemudian mencoba untuk menerimanya. Tidak semua orang mempunyai kepribadian yang sama dengan Anda. Selain itu, Anda sebaiknya tidak gampang menyimpulkan sesuatu yang sifatnya lebih personal. Apalagi kalau Anda mengambil kesimpulan dari perkataan orang lain yang belum tentu benar. Intinya, bijaklah dalam menilai seseorang ya, Rekan Kerja.
3. Minta saran atau pesan yang tersirat padanya
Meminta saran (Sumber: abcenglish.nl)
Mungkin cara yang satu ini tidak masuk nalar berdasarkan Anda. Untuk apa meminta saran atau pesan yang tersirat dari orang yang tidak Anda sukai? Namun, tidak ada salahnya meminta saran mengenai pekerjaan kepada orang tersebut, lho. Misalnya, Anda melihat ia anggun dalam hal memimpin tim atau dalam hal menuntaskan masalah, Anda sanggup menanyakan kepadanya bagaimana caranya memonitor performa tim atau tips kepemimpinan yang baik.
Walaupun akan sedikit canggung di awal, dengarkanlah sarannya dan benar-benar lakukan hal yang memang berdasarkan Anda baik. Setelah itu, datangi ia lagi dan ucapkan terima kasih alasannya yaitu sarannya ampuh. Lakukan itu beberapa kali dan mungkin saja ia akan meminta saran balik sehingga hubungan kalian menjadi lebih baik ya, Rekan Kerja.
4. Bersikaplah profesional
Be professional (Sumber: letsintern.com)
Walaupun ada seseorang yang mengganggu kenyamanan Anda di daerah kerja, tetap lakukan kiprah dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda secara profesional ya, Rekan Kerja. Janganlah bersikap kekanak-kanakan, ibarat menolak bekerja dalam tim yang sama dengannya. Berusahalah tetap bersikap biasa dan jangan tunjukkan kalau Anda tidak suka bekerja dengannya. Jika ia meminta bantuan, berilah sesuai dengan kapasitas dan kemampuan Anda.
5. Tetaplah bersikap baik dan jangan menjelek-jelekan
Be nice (Sumber: medium.com)
Meskipun Anda kesal dan tidak suka dengan kolega kerja Anda, jangan sekali-kali menjelek-jelekkan dirinya atau mengadukan kejelekannya pada kolega kerja lain atau bahkan pada bos Anda. Namun bila bos Anda menanyakan problem tersebut secara pribadi, Anda sanggup menjelaskannya dengan terus terang. Yang terpenting yaitu Anda tidak memulai untuk menawarkan isu perihal kolega kerja Anda tersebut.
Seperti apa yang filsuf Philo katakan, berbaik hatilah pada musuhmu, alasannya yaitu semua orang berjuang keras untuk hidupnya. Mungkin saja kolega yang tidak Anda sukai itu pernah mengalami hal-hal sulit yang membentuk kepribadianya sekarang.
Tetap bersikap damai dan elegan ketika menghadapi kolega kerja yang tidak Anda sukai di daerah kerja akan mengambarkan pada semua orang bahwa Anda yaitu pekerja yang profesional dan bertanggung jawab. Percayalah di mana saja Anda bekerja, niscaya selalu ada masalah. Jika Anda terus-menerus merasa bermasalah, mungkin Anda harus refleksi diri apakah ternyata selama ini masalahnya ada pada diri Anda sendiri. Tetap semangat dan jangan berhenti berusaha!
Jangan lupa untuk bekali diri Anda dengan aneka macam pengetahuan yang sanggup menyebarkan karier Anda. Caranya dengan mengunduh aplikasi ruangkerja lewat gambar di bawah ini.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "5 Trik Menghadapi Rekan Kerja Yang Tidak Anda Sukai"
Posting Komentar