Technologue.id, Jakarta – Telkomsel juga menjadi salah satu operator yang mencatatkan kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Idulfitri tahun ini menjadi 19,30 Petabyte atau meningkat 12.3% kalau dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal.
Jika dibandingkan dengan periode Idulfitri tahun lalu, trafik layanan ini mengalami kenaikan sekitar 49,8%. Rata-rata lonjakan tertinggi terjadi di antara pukul 00:00 sampai 06:00, atau pada dikala sahur.
Baca Juga:
7.000 Pelanggan Telkomsel Nikmati Mudik Gratis
Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi ialah Jawa Tengah dengan peningkatan 44,0% dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Jawa Barat (sebesar 31,2%) dan Jawa Timur (sebesar 26,9%).
Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang beraktivitas di media social mencapai 30,4 %. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan donasi sebesar 28,7%. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan bunyi dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memperlihatkan andil sekitar 15,7 % terhadap penggunaan layanan data.
Untuk layanan bunyi dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan bunyi mengalami penurunan sebesar -14,9% menjadi 1.05 miliar menit, hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami penurunan sebesar -3,7% menjadi 531 juta SMS.
Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan bunyi masing-masing mencapai 99,69%, 99,70%, dan 98,52% yang berarti secara umum pelanggan sanggup menikmati layanan komunikasi dengan lancar.
Untuk mengantisipasi tingginya peggunaan layanan komunikasi pada periode bulan mulia dan Idul Fitri 2019, semenjak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar aneka macam persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan.
Telkomsel telah melaksanakan ekspansi cakupan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan, terutama di 557 titik strategis di jalur pulang kampung dan lokasi wisata utama (point of interest), yang mencakup Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal.
Baca Juga:
Telkomsel MAXstream Sajikan Informasi Lalu-lintas Mudik
Beberapa acara kesiapan infrastruktur yang dilakukan Telkomsel antara lain membangun 10.000 BTS multiband LTE, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15% dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.
Seluruh terusan pelayanan Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 425 GraPARI Telkomsel Siaga, 493 Mobile GraPARI yang terdiri dari 324 armada kendaraan beroda empat dan 169 armada motor, 111 unit layanan digital self-service MyGraPARI, 831 kantor pelayanan kawan distributor, dan 3.779 Outlet Siaga.
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, “Kami bersyukur sanggup melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal bulan mulia sampai puncak Lebaran. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami menyadari tingginya minat pelanggan untuk memanfaatkan jaringan Telkomsel sehingga kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan sampai berakhirnya masa libur Idulfitri dan seterusnya sehingga pelanggan sanggup selalu berkomunikasi dengan nyaman.”
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Trafik Layanan Data Telkomsel Meningkat Selama Lebaran 2019"
Posting Komentar