RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 |
Satuan Pendidikan : SDN 1 Srati
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : KeberagamanBudayaBangsaku
Pembelajaran : 4
Waktu : Senin 23 Juli 2018
Alokasi Waktu : 1 Hari
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca.
4.1.1 Menyusun gagasan pokok dan gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan.
PPKn
1. Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
1.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.2 Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
4.4.2 Menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1. Setelah membaca teks, siswa bisa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.
2. Setelah membaca teks, siswa bisa menyusun gagasan pokok dan gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi kerangka goresan pena dengan sistematis.
3. Setelah melaksanakan demontrasi, siswa bisa menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.
4. Setelah berdiskusi, siswa bisa menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan dengan benar.
v Karakter siswa yang diperlukan :
Ø Bahasa Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | § Guru memperlihatkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing.Religius § Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan menilik kerapihan pakaian, posisi dan daerah duduk diadaptasi dengan aktivitas pembelajaran. § Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu perihal ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas § Guru memberikan tahapan aktivitas yang mencakup aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Guru membawa kain-kain tradisional yang memiliki pola segi banyak. Jika tidak ada, guru bisa membawa gambar-gambar kain tradisional. Guru memberikan bahwa Indonesia kaya akan budaya termasuk kain-kain tradisional. Kekayaan budaya tersebut yakni identitas bangsa.Setiap warga negara harus besar hati dengan keberagaman yang ada. Sebagai generasi penerus, siswa harus meneruskan budaya yang ada.Communication § Siswa mengamati gambar kain tradisional yang ada di buku siswa. Siswa mengidentifikasi bentuk segi banyak yang ada di buku siswa. Siswa menuliskan kesannya di kolom yang disediakan di buku siswa. (Mengamati) § Siswa membaca teks Tari Kipas Pakarena yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks tersebut dengan membaca senyap. (Mengamati)Literasi § Setelah membaca siswa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks. Guru memperlihatkan bimbingan kepada siswa untuk membaca teks dengan berlahan. Guru bisamemberikan pertanyaan-pertanyaan berikut utuk membantu membimbing siswa. (Menanya) - Apa yang dibicarakan di paragraf 1? - Apa inti dari paragraf 1? § Siswa mengisi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari diagram yangada di buku siswa.Mandiri § Setelah selesai, siswa saling menukarjawaban dengan temannya. § Salah satu siswa maju ke depan untukmenjawab gagasan pokok dan gagasan pendung tiap paragraf. § Setelah siswa selesai, guru membahas dan memastikan bahwa setiapsiswa paham. § Siswa membaca teks dan melaksanakan simulasi perihal makna persatuan dan kesatuan pada buku siswa. (Mengamati)Literasi § Guru membawa sapu lidi ke dalam kelas untuk membantu siswa memahami konsep makna bersatu dengan mengacu pada buku siswa.Communication § Guru meminta siswa mengamati apa yang terjadi.Selanjutnya, guru meminta siswa menyapu sampah kertas tersebut memakai sapu lidi, kemudian bertanya kepada siswa, apa perbedaan yang kalian lihat?(Mengamati) § Guru memandu siswa untuk menyimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memberi manfaat sebagai berikut. (Mengkomunikasikan) § Bersatu menciptakan sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi kuat. § Bersatu dan bekerja sama sanggup memudahkan dan mempercepat pekerjaan. § Secara individu siswa mengidentifikasi sikap-sikap yang memperlihatkan persatuan dan kesatuan. Siswa menuliskan kesannya pada tabel.Integritas | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Sapu lidi.
Mengetahui Kepala SDN 1 Srati | Srati, 23 Juli 2018 Guru Kelas IV |
F. MATERI
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks
§ Mendemostrasikan pentingnya persatuan dan kesatuan
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
BAHASA INDONESIA
Tari Kipas Pakarena
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dariGowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalanganmasyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negerikhayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon,sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepadapenghuni Lino cara menjalani hidup, menyerupai bercocok tanam, beternak,dan berburu.
Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari KipasPakarena, menyerupai gerakan berputar searah jarum jam, melambangkansiklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan rodakehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Caramenari yang lembut mencerminkan abjad wanita Gowa yangsopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari inimengungkapkan rasa syukur.
PKN
Diskusikan hasilmu dengan dengan temanmu.
Seperti yang telah kau ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengankeberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Disekolah, kau memiliki teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu
mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yangada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabiladilandasi oleh persatuan dan kesatuan.
Apa bahu-membahu makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan aktivitas berikut.
•• Ambil sebuah sapu lidi.
•• Cabut sebuah lidi dari sapu tersebut dan patahkan.
•• Ambil seluruh lidi pada sapu tersebut danpatahkan
pada ketika bersamaan
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | JUNIASTI EKA P | ||||||||||||
2 | M. SANI JAUFA LAILAN | ||||||||||||
3 | MUHAMMAD ABDUL F | ||||||||||||
4 | YAHYA TSANI | ||||||||||||
5 | AGRA SOLEH S | ||||||||||||
6 | AHMAD IRFAN KH | ||||||||||||
7 | ATIQOH UMMU S | ||||||||||||
8 | KHOERUL MANKHOFA | ||||||||||||
9 | LATIFATUM MARDIANA | ||||||||||||
10 | MINDIA APRILIANI | ||||||||||||
11 | NAUFAL AHNAF ZAKI | ||||||||||||
12 | NUR DEWI PUTRI ANDINI | ||||||||||||
13 | SFA KHANIFATUN N | ||||||||||||
14 | TEFA ARLIZA | ||||||||||||
15 | YOGI FERDIANSYAH |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. Bahasa Indonesia: Gagasan Pokok
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mengidentifi kasi gagasan pokok | Mengidentifikasi gagasan pokok dari 4 paragraf dengan benar. | Mengidentifikasi gagasan pokok dari 3 paragraf dengan benar. | Mengidentifikasi gagasan pokok dari 2 paragraf dengan benar. | Mengidentifikasi gagasan pokok dari 1 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi Gagasan Pendukung | Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar. | Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar. | Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar. | Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar. |
Mengkomuni kasikan | Menuliskan secara sistematis, mudah dipahami, dan menggunakan bahasa baku. | Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. | Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. | Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
2. PPKn
Kriteria | ya | tidak |
Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. | ||
Menemukan 3 pola sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan. |
3. Diskusi: Pada ketika diskusi persatuan dan kesatuan
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, dan perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 4"
Posting Komentar