Pembelajaran Kemampuan Berbahasa Di Taman Kanak-Kanak

Bahan Skripsi
Pembelajaran Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak 

Untuk melakukan pembelajaran kemampuan berbahasa guru perlu mengindentifikasi kemampuan yang dibutuhkan di capai dalam kurikulum Taman Kanak-Kanak 2004 yang relevan, kemampuan-kemampuan tersebut dipilih dan dikelompokkan biar memudahkan guru yang identifikasi banyak sekali bentuk kemampuan yang mendasari perkembangan membaca dalam aktivitas berguru mengajar. 

Kemampuan dalam Kurikulum Taman Kanak-Kanak 2004 sanggup disusun dan dikelompokkan dalam permainan membaca sebagai berikut : 

1. Kemampuan mendengar 
Kemampuan mendengar merupakan kemampuan anak untuk sanggup menghayati alam dan mendengar pendapat orang lain dengan indera pendengaran. Kemampuan ini berkaitan dengan kesanggupan bawah umur mengangkap isi pesan dari orang lain secara benar 

2. Kemampuan melihat dan memahami 
Kemampuan melihat merupakan kemampuan untuk sanggup menghayati dan mengamati atau dengan memakai indera penglihatan. Kemampuan ini berkaitan dengan bentuk kesanggupan anak melihat sesuatu benda atau kejadian serta membahami hal-hal yang berkaitan dengan sesuatu tersebut. 
3. Kamampuan berbicara Kemampuan berbicara merupakan kemampuan anak berkomunikasi secara verbal dengan orang lain. Kemampuan ini memperlihatkan citra wacana kesanggupan anak menyusun banyak sekali kosa kata yang telah dikuasai menjadi sesuatu rangkaian pembicaraan secara berstruktur.
4. Membaca gambar
Kemampuan ini mengungkapkan kesanggupan anak membaca sesuatu memakai gambar. Kemampuan ini sebagai tahap awat dalam membaca permulaan, indikator yang termasuk dalam kemampuan ini adalah.

  • Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan / goresan pena yang sudah berbentuk abjad atau kata. (Bhs. 11) 
  • Bercerita wacana gambar yang disediakan atau dibentuk sendiri dengan urut dan berbahasa yang jelas. (Bhs. 13) 
  • Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4 – 6 gambar). (Bhs. 14) 
  • Membaca buku untuk bergambar yang mempunyai kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan memperlihatkan beberapa kata yang dikenalnya. 
  • Menghubungkan dan menyebutkan goresan pena sederhana dengan simbol yang melambangkannya. (Bhs. 16) 
Materi permainan disusun dan dikembangkan menurut kemampuan yang akan dicapai. Disamping pengembangan bahan harus diterapkan permainan yang cocok dengan kegiatan. Media dan sarana serta proses permainan sangat memilih keberhasilan pembelajaran kemampuan berbahasa di Taman Kanak-Kanak. (DepDikNas, 2000 : 31)

Sumber http://mail-chaozkhakycostikcomunity.blogspot.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembelajaran Kemampuan Berbahasa Di Taman Kanak-Kanak"

Posting Komentar